TMCBLOG.com – Untuk mengikuti Protokol Kesehatan, acara Media riding Experience Yamaha Fazzio Hybrid diadakan dua hari 3 dan 4 februari 2022 ditampat yang sama, Rute City Ride yang sama serta jenis Kegiatan yang sama persis dan tmcblog kali ini kebagian di Kesempatan hari kedua 4 fabruari. Start Sekitar Jam 9 pagi dari Cafe Bucketlist diJalan tegalLega Bogor Yamaha Fazzio digeber berkeliling memasuki Jalan pajajaran, Jalan Jalak-Harupat, Jalan Juanda, Jalan kapten Muslihat, Jalan Sumeru, jalan Abd Bin Nuh lanjut Jalan Soleh Iskandar, ketemu Jalan Pajajaran dan Balik Lagi ke BucketList dengan Jarak mendekati 20 km atau tepatnya 19,9 km secara total.

Karakter Jalur perjalanannya Boleh dibilang sangat beragam, Mulai dari Jalan Sempit, Jalan Padat seperti di daerah Kapten Muslihat – jembatan Merah sampai Jalan utama yang besar seperti jalan Pajajaran atau Soleh Iskandar yang memungkinkan untuk menggali besaran aspek aspek performa dari Fazzio Hybrid ini

Jadi Memang fitur Power Assist yang menjadi andalan Hybrid Paralel dari Fazzio ini terasa banget hadir saat tmcblog mencoba bejek Throttle dari keadaan berhenti seperti dari keadaan lampu merah misalnya. Rasanya Cukup berbeda dengan bejekan bejekan hrottle lainnya yang tmcblog juga ikut kepoin, misalnya ngebejek dari speed 20 km/jam misalnya . . bejekan akselerasi yang ketambahan Power Assist terasa ada kayak ketambahan tenaga, akselerasi jadi Tambah Ngacir selama 3 detik-an.

Oh Ya Power assist ini bisa hadir dengan beberapa Ketentuan Yakni Baterai/ aki lebih dari 12 Volt, ada tulisan Power assistnya di Dashboard, Mesin sudah panas 55Β° C dan Dilakukan dari diam selama 3 detik saja

IRIT BADAYYY !

Selama perjalanan 20 km, tmcblog cukup sering melakukan Percobaan percobaan Stop and Go baik dari keadaan diam ataupun dari kecepatan rendah ( non-0 km/jam). Boleh dibilang agak melupakan gaya berkendara natural tmcblog Yang eco riding. Namun segini seruntulannya tercatat untuk 20 km masih bisa tercatat konsumsi bahan Bakar 56-an km/liter sob . . . Irit Pol ! . . namun pagi ini tmcblog dapat informasi dari YIMM setelah diukur dengan empirik melalui metoda Top-Up diperoleh Konsumsi bahan bakar 94,76 km/liter !!! Irit badayy ini Hybrid technology !!!!

ini Amazing sih . . . kenapa Sruntulan masih bisa irit? Power Assist lah yang tmcblog perkirakan ambil peranan, sehingga nggak butuh pembakaran bbm yang banyak untuk bisa ngacir berakselerasi karena ada tambahan tenaga dari Energi Listrik yang ditranformasikan menjadi gerakan Oleh SMG di sistem Hybrid dari Fazzio.

Secara umum rekor Konsumsi bahan bakar terbaik di hari kedua adalaah 82,3 km/liter yang dilakukan Oleh Mbak Shania. Oh ya segala Nilai konsumsi bahan bakar ini tidak tmcblog ketahui dari Dashboard fazzio secara fazzio belum memiliki Point MID yang menunjukan Konsumsi bahan bakar.

TMCBlog tahu dari hasil yang tertera pada Aplikasi Yamaha Y-Connect yang sebelumnya di-pairing ke Motornya via Bluetooth dengan Mudah menggunakan Scan Barcode yang ada di dekat Fuel Cap Filler balik Jok . . . bahkan Trek perjalanannnya pun terekam jelas . . whuaaah Canggih nih.

Oke Fitur Hybrid dan Coneccted Sudah,Bagaimana mengenai handlingnya sendiri ? Naik Fazzio Hybrid ini tidak sama feel bantingan dan Handlingnya dengan Yamaha Fino . . Ini lebih lincah, enteng ditekuk, Feel handling mirip Freego walaupun memang bantingan agak keras yang akhirnnya bisa diredam sesampainya di handle bar yang tmcblog tengarai karena karakter Khas settingan dari suspensi teleskopik Buatan KYB di depan.

Handling Lincah dan enteng ini saat ketemu jalanan Mulus walaupun macet dan padat akan menghasilkan Riding yangΒ  fun. Overall, Motor ini bisa jadi taerget-List atau Wish-List Sobat sekalian yang karakter ridingnya Komuter namun ingin terlihat berkelas dan Punya Life-style retro Modern yang kuat . . Fiturnya Lengkap dan padat, Lagi lagi Nilai 8 dari total 10 tmcblog bisa berikan ke Fazzio ini Untu skutik di kelasnya

Taufik of BuitenZorg | @tmcblog

107 COMMENTS

  1. Coba test copot accu, masih bisa nyala ga mesinnya kalo di sela. Mudah2an kelistrikan yamha udah move on, beda dengan mio series yang ga bisa nyala kalo accu nya lemah.

      • Si bambang mata nya gk melek bray..motor fazzio gk ada kick stater lagi,sama ky pcx,vario,nmax,dll.. sisa beat am mio m3 yg ada selahan.. kt wak haji jg jgn nge bc ,konsumen justru diuntungkan..selera masing2

    • hah gak nyala?. mio istri umur 3thn baru 2900km jarang pake. aki seminggu gak dipake modar tapi bisa di nyala cukup 1x stater kaki.

    • Maaf nih, bukan bc juga bukan membela, motor mio j tetangga saya dah brtahun” aki soak tetep masih nyala sampe sekarang. Maklum motor gadean gak ditebus jadinya gak diurus, buat nganter2 sembako.

    • mio series kalo aki lemah masih bisa nyala dgn diengkol. kalo aki tiba2 mate kena stroke, semua motor injeksi juga ga akan nyala biar diengkol sampe kaki salah urat.

    • Ini pengalaman pribadi, bukan BC. ada 2 orang berteman, 1 pake mio, 1 pake beat. Mio ga bisa nyala karena accu lemah, coba di sela, tetap ga bisa nyala. Coba pake accu beat, akhirnya bisa nyala. Beat tanpa accu, di sela tetap bisa nyala.
      Btw. Penting untuk kritis terhadap produsen, biar produk makin bermutu yang ujungnya, konsumen yang diuntungkan.

      • Siapa tong yg sales ? ….. Klw gitu bikin tandingan pembuktian cari pihak netral , ngk percaya beli dan buktikan bohongnya …..

    • Ntar ah*m bikin scopy hybrid dgn aki 24v 5A, wah… Selepas lampu merah bisa jadi ajang drag race dadakan sama fazzio

  2. Udah move on semenjak Mio M3 keluar udah bisa nyala tanpa aki walaupun effort untuk start engkolnya agak lumayan tapi bisa hidup tanpa aki

  3. waduh, masa sgitunya yak iritnya, 80 km/ltr, 4 jmpol dah, pngukurannya pake konversi dari top up wak??
    kl dpake sehari2 sm konsumen dpt 50km/ltr mah udah jos bnget ukuran metik 125.. vario 125 aj paling dapetnya 1:40-an..

  4. MasyaAllah.. kalau pertalite emang mau dihapus sih kyanya ini motor bisa dipertimbangkan.. boleh juga sih..
    Soal karakter shock depan sih aku prefer ganti ban yg lbh soft, syukur bisa naik 90

    • Sbnrnya bs d kurangi sdkt oli shocknya, bbrp mili aja, jgn banyakΒ², takutnya byk merubah sensasi nantinya..
      Atau di ganti per depannya.
      Dl sering otak atik bagian itu, jd tahu.
      Namun klo mengurangi oli hny bbrp mili aja, klo ganti per dilihat dr bentuk ulirnya

  5. MID ndepok, cba pake alat ukur yg akurat kang. Oia cek tu yutupnya ridwan hanif, dia abis beli fazio, langsung d tes vs scoopy mamang ojol.

    • Cocok nih buat ane kerja dari bekasi-karawang PP 64 km,10 rb bisa untuk 2 hari.ane bw motor maksimal 80 km/jam.Sering lihat di truck fazzio keluar dari pabrik YMMWJ.

    • Aduh ketahuan gak baca artikel nya nih orang. Wong d mid g ada konsumsi bahan bakar nya kok. Ngitung nya kan full to full

  6. Apakah memungkinkan next update mesin yamaha 155VVA bakal ketambahan teknologi mild hybrid ini pak tmcblog?
    ( Hanya pakai 1 accu ) ?

  7. Edan kalo segitu sih iritnya bukan main. SupraX125 FI saya aja rekornya “cuma” 69km/liter. Yg masih jadi pertanyaan usia pakai akinya nih. Apakah tetep awet atau umurnya pendek. Mestinya sih kalo sistem pengisiannya bagus tetep awet.

  8. Sebagai orang Bogor dan paham bgt rute test ride, angkat topi setinggi-tingginya lah buat capaian ini. Hybrid emg bedes!

    Buat yg masih sulit percaya klaim 94,76km/l, ini namanya kemajuan teknologi teman-teman πŸ™‚

    • Tetep saja otak saya masih sulit untuk menerima, bukan masalah mengidolakan salah satu pabrikan, tapi sebagai pengguna motor jadul rasanya masih belum bisa percaya

      Edan edan kalo beneran
      Oh ya ini hasilnya d lihat via aplika Y Connect ya? Coba wak bandingin seberapa akurat pembacaan aplikasinya
      Kalo bisa cuma beda tipis dengan realnya patut d acungi jempol

  9. Ini sih dahsyat, kayaknya bukan rekor nasional lagi, dunia kali ya? Atau ada yang lebih irit? Cari google aahh..
    Ada duit tumbas… enak banget bisa menuju 100km/liter, ga perlu mampir SPBU dalam waktu 22 harian hiihihi.. bye bye SPBU

  10. Sbgai penggemar yamaha, jelas rodo kepingin pazzio… tp ya kepiye maneh… bersyukur ae dah punya NJMX, mio, vario 125 n kYamaha L2G 1979… n katanya si kaleng avnza2013

    Nuruti motor baru gak ada habisnya broww…

  11. masih dalam proses metode full to full ziyo di rumah.. saat ini masih mode eco riding ala bapak-bapak dan emak-emak momong muter ndeso.. nanti kalo sudah servis lertama, boleh deh mode barbar khas dolanotomotif seperti tes sebelum-sebelumnya.. 🀣

  12. dari jaman how low can you go..ampe mesin bener2 kehabisan bengsin juga dah pernah dijabanin wak haji…
    kalo di blog mari mah..anak2 A1 alias fisika jaman SMA dulu monggo buku pelajaran fisikianya dibuka lagi itupun kalo masih ada..

  13. Bikin pinisirin nih.
    Rikues wak, kaya yg di atas, metode uji how long can you go with 1 liter petrol (pertamax or premium).
    Jadi yg nge BC melek jg matanya. Biar calon konsumen diuntungkan dgn fakta uji, bukan sekedar ngomong sana sini tidak punya hujjah.
    Nuhun wak.

  14. MID ngawur itu sudah sejak jaman XiPandir nongol. Angka di MID hampir dua kali angka pengukuran riil. Masok akal po ra mobil 1500cc bisa dapat 1:16 dengan cruising mode di 60kpj,gigi-4, rpm 2200. Yang lain ikutan. Ipah bensin masih okelah MID 1:9 dalam kota, meski aslinya 1:8 atau 1:7. atau paling pol 1:12 cruising di tol. Ini tembus hampir 1:100 ???

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.