TMCBLOG.com – Luca Marini dari Tim Mooney VR46 Racing Team mencuri perhatian pada hari kedua tes resmi MotoGP Mandalika setelah mencatat 1:31.289, mengalahkan juara dunia delapan kali Marc Marquez (Tim Repsol Honda) di puncak dengan perbedaan 0,192 detik. Maverick Vinales menempatkan mesin Aprilia Racing-nya ke P3 saat hujan membayangi Lombok tetapi pada akhirnya awan menjauh dan kita menyaksikan banyak aksi di jam-jam terakhir pada hari kemarin. Time attack ada di menu dan banyak pembalap mampu meningkatkan waktu mereka, terutama Marini. Kondisi trek belum sempurna pada hari ke-2, dan di luar racing line trek masih kotor, tetapi sudah cukup baik bagi tim dan pembalap untuk bisa mendapatkan beberapa pengujian yang berarti.

Kehadiran Ducati di depan semakin diperkuat di sepuluh besar, dengan Johann Zarco (Pramac Racing) di P6 di depan pembalap tercepat Sepang, Enea Bastianini (Gresini Racing MotoGP). Jorge Martin (Pramac Racing) berada di urutan kesembilan, bersama Francesco Bagnaia (Ducati Lenovo Team) di posisi 10. Fabio Di Giannantonio (Gresini Racing MotoGP) sekali lagi menjadi rookie teratas saat ia mencatatkan waktu 1:32.047 di P17, dengan selisih sepersepuluh dari rekan-rekan debutannya. Marco Bezzecchi (Mooney VR46 Racing Team) menyelesaikan hari di P22.

Ducati tampaknya menjauh dari knalpot panjang pada hari kedua test Mandalika. Jack Miller Miller mengonfirmasi hal ini. Pembalap Australia itu mengatakan bahwa knalpot panjang lebih berdampak pada mesin yang lebih tua (GP21) tetapi hal positif untuk GP22 mereka “tidak membutuhkannya”.

74 lap dan waktu tes tercepat kedua sejauh ini menandakan hari yang baik bagi Marc Marquez dan Repsol Honda. Waktu terbaik pembalap Spanyol itu ditetapkan pada putaran kedua terakhirnya hari itu, sebuah tanda positif untuk pembalap bernomor 93, karena satu hari lagi pengujian tersisa sebelum aksi nyata dimulai di Qatar. Rekan setimnya Pol Espargaro menjadikannya dua pabrikan Honda di 10 besar, nomor 44 mengakhiri aksi hari Sabtu di P8.

Pabrikan Noale, Aprilia terus bersinar di pra-musim. Vinales mampu hadir di P3 pada lap ke-66 dari total 68 lap. Top Gun mengatakan masih memiliki margin untuk ditingkatkan. Pengereman di sisi ban telah menjadi masalah di Aprilia untuk Vinales, jadi dia kehilangan waktu di sektor terakhir di Mandalika dan memiliki beberapa lap dari tiga sektor merah yang mengawali defisit di sektor terakhir.

Yamaha tercepat sekali lagi diraih oleh Fabio Quartararo yang sejauh ini menikmati waktunya di Mandalika setelah menjalani tes Sepang yang tampaknya mengecewakan. Pembalap asal Prancis itu merasa baik dengan ban bekas tetapi tidak begitu bagus pada ban soft baru. 68 lap lagi diselesaikan oleh sang juara bertahan, yang sempat duduk sebagai pebalap tercepat di trek sebelum laptimenya dikalahkan oleh Luca Marini, Marc Marquez dan Maverick Vinales. Reporter pitlane -Simon Crafar- juga mengungkapkan bahwa sang juara dunia 2021 menguji dua sasis yang berbeda pada hari kedua test Mandalika ini.

Pada hari ke-2, juara dunia MotoGP 2020 -Joan Mir- menjadi pembalap Suzuki tercepat. Pembalap Suzuki Ecstar ini menempati posisi kelima dan dengan lap tercepat yang sama persis dengan Zarco tepat di belakangnya. Mir mengatakan mereka kehilangan beberapa anggota tim karena isolasi, yang membuat hari lebih sulit, tetapi pada akhirnya mereka “menemukan jalannya”. Dia mengatakan setiap masuk trek selama pengujian terasa lebih baik dan lebih baik, dan perbedaan yang dia rasakan pada ban yang lebih lembut adalah positif – sesuatu yang bisa terbukti menarik saat kualifikasi..

Walaupun sempat lama memimpin timesheet Brad Binder menjadi pembalap KTM tercepat yang berada di posisi ke P1, Binder melakukan 53 lap. Tidak banyak perubahan dan dinamika pengujian parts di kubu KTM. Itu saja dari hari ke-2 sentuhan pertama MotoGP dengan Sirkuit Pertamina Mandalika yang telah dinyatakan sebagai sirkuit tercantik di dunia oleh MotoGP. Masih ada satu hari lagi aksi di Indonesia sebelum kita melihat GP Qatar pembuka musim, sebelum itu silahkan simak galeri fotonya sob.

Taufik of BuitenZorg | @tmcblog

15 COMMENTS

    • Wak itu rantai motor KTM lepas apa putus rantainya?..auto dorong
      Test terakhir mandalika plus liburan pada betah di lombok

  1. mm nggilani wak banyak tikungan kanannya lo ini 11 kanan : 6 kiri, oot kapan bahas irit2an flassio vs skooopi adu drag juga jos wak

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.