TMCBLOG.com – Komisi Grand Prix, terdiri dari Carmelo Ezpeleta (Dorna, Ketua), Paul Duparc (FIM), Herve Poncharal (IRTA) dan Biense Bierma (MSMA), di hadapan Jorge Viegas (Presiden FIM), Carlos Ezpeleta
(Dorna), Mike Trimby (IRTA, Sekretaris rapat) dan Corrado Cecchinelli (Direktur Teknologi), dalam rapat diselenggarakan di Lusail pada tanggal 4 Maret 2022, mengambil beberapa keputusan sebagai berikut:

Dua keputusan pertama adalah Update arti dari Dua Isyarat bendera ( Baik fisik maupun elektronik ) yang berlaku di Ketiga kelas Grand Prix dan berlaku secepatnya dengan kemungkinan Besar akan diberlakukan Juga Untuk Balapan Road race lainnya termasuk Balapan nasional. Daftar Arti baru ( penambahannya yang di bold) dari dua Isyarat bendera Yang lebih mengandung Informasi ini adalah:

Bendera Bergaris Kuning dan Merah : Informasi mengenai Daya rekat ( adhesi ) pada bagian lintasan pada sektor dimana bendera dikibarkan yang  dapat dipengaruhi oleh alasan apa pun selain hujan (minyak, kerikil, rumput, atau kotoran lainnya).  Bendera ini harus ditunjukkan dikibarkan di pos petugas bendera.

Bendera Putih dengan palang diagonal merah. : Informasi mengenai hadirnya Tetesan hujan pada bagian lintasan ini (tempat Bendera berkibar) termasuk karena hujan yang mempengaruhi permukaan lintasan. Bendera ini harus dikibarkan pada pos petugas bendera.

Mario Aji, Moto3, Qatar MotoGP, 4 March 2022

Perubahan Regulasi lain berlaku Untuk kelas Moto2 dan Moto3 yakni mengenai ban : Karena ketidakmungkinan menentukan sumber dan spesifikasi ban balap yang digunakan oleh pengendara untuk pelatihan dengan mesin dengan spesifikasi non-GP disepakati bahwa tim sekarang dapat menggunakan ban yang tidak digunakan di Race weekend Balap untuk tujuan pelatihan.

Tidak ada ban yang tidak digunakan (unused-tires) yang dikembalikan ke Dunlop di akhir race weekend. Konsekuensi lebih lanjut adalah bahwa tim hanya akan menerima ban baru dalam alokasi mereka untuk acara balapan selanjutnya. Tidak ada alokasi ban yang telah dialokasikan sebelumnya (acara balapan selanjutnya) yang mungkin telah dipanaskan menggunakan Tire Heater.

Mario Aji, Moto3, Qatar MotoGP, 4 March 2022

Regulasi selanjutnya Berlaku untuk kelas Moto3 dimana Untuk memfasilitasi pengenalan sistem peringatan otomatis bagi pengendara yang mendekati lokasi kecelakaan, diperlukan untuk membuat modifikasi tertentu pada elektronik yang dipakai di Moto3 yakni IMU 6 Axix DellOrto dan modul daya BC-OUT_RL-300 dari 2D. Peralatan dan sistem yang dimodifikasi akan efektif mulai tahun 2023. Namun, pengembangan teknologi akan dilakukan dalam situasi balapan pada tahun 2022 ini | Based on Dorna Info

10 COMMENTS

  1. Mungkin ban bekasnya buat dijual lagi ditukang tambal ban dg harga miring gitu, daripada beli baru harganya selangir,
    Wkwkwk

    Soalnya beberapa kali saya nemuin ban2 bekas type slick kyk exbalap yg disuntik ulang sama tukang tambal ban pinggir jalan trus dijual lagi buat dipake harian…

    Tepok jidat 🤦‍♂️

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here