TMCBLOG.com – Sebagai salah satu pembalap senior di grid MotoGP 2022, Marc Marquez tentu sudah terbiasa menganalisa karakter baik itu titik kekuatan dan titik lemah dari motor lawan balapnya di MotoGP. Namun baru kali ini, pasca race MotoGP Qatar ia kebingungan sama satu motor yang namanya KTM RC16. Walaupun baru motor yang dibesut Brad Binder, belum semua pembalap, namun beberapa cerita Marc mengarah kepada sinyalmen multi karakter dari KTM RC16 2022.

Secara umum, dari semua sepeda motor di grid MotoGP, KTM RC16 adalah yang paling berbeda di mana motor ini adalah satu-satunya sepeda motor yang dibangun menggunakan rangka jenis teralis/trellis dengan bahan material baja dan disupport oleh suspensi merk lain yakni dari WP Suspension.

Setelah ngintilin Brad Binder selama beberapa lap di GP Qatar Marc memberikan impresi pertamanya dan mengatakan bahwa RC16 yang dibesut Brad Binder adalah motor yang masih belum dia pahami mengingat betapa ‘randomnya’ karakter riding dari pembalap asal Afrika Selatan sepanjang balapan kemarin. Random di sini bukan dengan arti yang negatif tentunya.

Kepada para jurnalis pada saat debrief offline RHT di Qatar, Marc berkata; “Maksud saya, ini [KTM RC16] adalah motor yang paling tidak saya pahami,” kata Marquez setelah finis kelima di Qatar. “Saya mengerti karakter Bastianini dan cara dia berkendara. Tapi Binder seperti berbeda di setiap lapnya.”

“Di satu lap dia masuk [ke tikungan] dengan sangat cepat, lap berikutnya dia masuk lebih lambat tetapi keluar dengan sangat cepat. Jadi, KTM masih belum bisa saya mengerti. Mereka memiliki mesin yang bagus, ia [Binder] seringkali menghentikan motor dengan ban belakang. Dan juga dia sangat cepat di akhir balapan.”

Bastianini & Pol Title Contender

Namun begitu, Marc selalu melihat dari sisi setengah gelas kosong yang lain dari segala kejadian di Qatar yang lalu. “Di sini, Qatar adalah trek balap yang (sebelumnya) selalu menghasilkan sesuatu yang berbeda bagi kami. Dan tahun lalu Maverick [Vinales] dan [Fabio] Quartararo sangat cepat, serta [Johann] Zarco juga sangat cepat. Namun saya yakin saya melihat dua orang hari ini, yaitu Bastianini dan Pol Espargaro di mana keduanya adalah pembalap cepat akan menjadi pesaing untuk gelar kejuaraan.”

Taufik of BuitenZorg | @tmcblog

33 COMMENTS

  1. Selepas rossi pensiun, nampaknya marc marquez yg akan sering ditanya pers ttg pembalap dan pabrikan lain wkwkwkwk

    • cuma dia satu2nya pembalap legend yg tersisa…lainnya belum pantas di level hohe apalagi levl rossi ato marq

      • Iya sih, pencapaian pembalap lain msh belum ada yg setara hohe apalagi marc dan rossi.

        Disatu sisi dominasi itu jelek, tapi disisi lain justru ini memberikan kita pengalaman sebagai penonton bahwa dari sekian puluh atau ratus pembalap grand prix di dunia yg ada selama ini, beberapa diantaranya merupakan “fenomena yg luar biasa”.

        • Gausah bicara pencapaian, yg sering menang aja auto dianggap suhu. Tengok aje Stoner jurdun cuma 2X, dibawah hohehoheho, Pedrosa apalagi, sempet dapet gelar pedrozonx. Tapi wartawan demen banget minta pendapat mereka ttg rival2nya, bahkan Stoner udah pension 10 taon lalu aja masih laku tuh disuruh cerita. Krn mereka terlalu sering menang ampe ada istilah alien, jg istilah pantastik por. Rider2 motogp skrg lebih mirip moto2, ga ada yg bener2 dominan, belon ada yg bisa bikin gap sejauh Rossi-Lorenzo-Stoner-Pedrosa thd lawan2nya di jamannya.

  2. Widih marwoto ikut menjagokan polo sebagai title contender lho.

    Mlipir dulu sambil ninggalin gas melon bocor alus 😂

    • Kayaknya lebih ke brad binder-nya, jd masih meraba-raba mapping yg pas dan sesuai karakter sirkuit. Mungkin ke depan jika sudah klop dgn rc16-nya bakalan konsisten dia

  3. tapi metalurgi nya masih tetep kekeh pake steel racikan mereka sih (kayaknya),gak ikut ikutan pake aluminium kayak yg lain

  4. “KTM masih belum bisa saya mengerti” kalo saya artiin maksudnya “motor itu mirip dengan motor saya dulu” 🤭

  5. teralis dalam artian tubular kopong ya, tapi bentuknya udah bukan silinder, tapi lebih kotak / persegi di daerah tertentu.

  6. Kalo tanya ke pakarnya sih (tukang pager), definisi teralis itu rangkaian pipa yg disambung2 jadi satu kesatuan. Selama KTM masih pake pipa mau bentuknya bulet kaya pipa ledeng ato gepeng kaya kwetiaw maka masih disebut teralis.

  7. Pendapat saya, MM melihat potensi RC16 ini luar biasa bila mendapat pembalap yang tepat dan mampu memaksimalkan motor, RC16 hanya butuh pembalap yang konsisten secara motor sudah mumpuni..

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.