TMCBLOG.com – Pada tanggal 19 Maret 2022 kemarin, Honda memperkenalkan kepada publik sosok motor retro modern bergenre cafe racer terbarunya yang mereka namakan HAWK 11, dan untuk pertama kalinya di dunia motor ini dipamerkan pada event Osaka Motorcycle Show 2022. Persis seperti bocorannya beberapa bulan lalu, sektor dapurpacunya menggunakan common engine dengan Africa Twin 1100, dengan dua silinder paralel tipe firing order 270 derajat yang menghadirkan mesin yang bertorsi besar di putaran rendah. Berbeda seperti pendahulunya, Honda CB1000R Neo Sport Cafe, pada Hawk 11 kesan retro modernya ditampilkan dengan half fairing yang sering disebut dengan rocket cowl ala cafe racer.

Jika kita melihat wujud asli dari Honda Hawk 11 ini memang identik sekali dengan Honda NT1100 yang telah diperkenalkan Honda sebelumnya. Dimana [sudah tentu] bagian mesinnya serupa yakni paralel twin berkubikasi 1082 cc dengan firing order 270 derajat dan juga pada bagian sasis sekaligus swingarm-nya yang serupa dengan NT1100.

Meskipun sejak diperlihatkan ke publik sampai dengan saat ini belum ada spesifikasi resmi dari Honda, namun disinyalir kuat Hawk 11 akan memiliki spesifikasi yang identik dengan NT1100 dengan sama sama memiliki karakter motor sport touring. Dengan demikian bisa dibilang memang Honda sedang menyiapkan line-up motor roadster/touring dengan basis mesin ini sejak Rebel 1100 dan NT1100 yang kemudian disusul Hawk 11 nanti.

Lalu sedikit informasi pada bagian elektroniknya, Hawk 11 ini memiliki 3 riding mode, dan distribusi parameter untuk setiap mode mengemudi diinformasikan sama dengan yang ada pada Honda Rebel 1100. Selain itu, pada Hawk 11 ini juga terdapat fitur Honda Selectable Torque Control (HSTC) atau sama dengan kontrol traksi, dan juga dibekali Engine Brake Control yang bisa rider pilih untuk diatur kekuatannya.

Mengenai harga dan spesifikasi teknis lainnya belum ada sob, karena dijadwalkan motor ini akan benar-benar diluncurkan ke konsumen pada pertengahan tahun ini. Itu di Jepang loh ya, untuk Indonesia? Masih menunggu informasi dari AHM pastinya. Jadi silakan dinikmati dulu foto-foto Honda Hawk 11 yang kami ambil dari Young Machine ini. | –Nugi

19 COMMENTS

  1. buntutnya kurang harmonis, n kalo dipakein spoke wheel + knalpotnya kalo dibikin 2-2 kanan kiri lebih ngena

  2. Mesin sapu jagat
    Dipake ke banyak varian motor lain
    Africa Twin ✓
    NT1100 ✓
    Rebel 1100 ✓
    Hawk ✓

    Jangan² ntar big brother nya dari NC750X bakal pake mesin ini juga🤔

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.