TMCBLOG.com – Sepekan sebelum GP Mandalika, Honda secara global telah merilis satu foto Honda Super Cub C110 yang untuk tahun 2022 ini memperoleh beberapa upgrade termasuk rem cakram depan dengan ABS yang dikendalikan oleh IMU. Bisa bayangin sebuah Super Cub pakai Inertial Measurement Unit yang biasa dipakai di motor superbike!

Dan pada artikel ini sobat bisa sama-sama melihat warna warna menarik apa saja yang bisa dipilih di New Super Cub C110 ini. Ada warna kuning, putih gading, krem, biru dan juga hijau gelap.

Mengenai dapur pacu, maish mengandalkan mesin satu silinder selonjoran berpendingin udara secara detail jeroan telah diubah ke model baru. Perpindahan mesin berkubikasi 109cc ini pun sama seperti model sebelumnya, tetapi yang cukup mencolok bahwa mesin terdahulu memiliki bore 50,0 x stroke 55,6mm, akan tetapi pada model baru memiliki bore 47,0 x stroke 63,1mm atau lebih long stoke/over-stroke.

Mesin baru ini memiliki output maksimum yang sama yaitu 8 PS seperti mesin generasi sebelumnya, tetapi torsi maksimum telah meningkat dari 0.87 kgf/m menjadi 0.90 kgf/m. Selain itu, nilai konsumsi bahan bakarnya tetap sama dengan model sebelumnya. Update lainnya adalah pada dashboard, Honda telah menambahkan fungsi display dari beberapa parameter pengukuran seperti posisi gear, penunjuk waktu (jam), dan juga konsumsi bahan bakar rata-rata.

Yang jadi pertanyaan, adalah akankah kedepannya Astra Honda Motor bisa melihat sosok Super Cub C110 ini sebagai salah satu solusi untuk memeriahkan kembali segmen pasar bebek (mid level) yang terus menerus lesu digerus skutik dalam kurun beberapa tahun terakhir ini?

Taufik of BuitenZorg | @tmcblog

 

11 COMMENTS

  1. ngga akan Wak ngAHaeM melakukan itu..moment nya udah telat…butuh efort besar dan itu buang tenaga n finansial secara dr metic jg udah setle pemasukan AHM

    gimana ga trus menerus tergerus si cub wong jaman masih jaya aja males bener melakukan diferensiasi model…jaman ayago…diem aja…pas moment dah lewat reborn ayago…harus nya pas momen retro mulai menggeliat dan cub semakin modern dan metik belom trlalu mndominasi mutlak adalah waktun yg tepat..tp yo diem aja..malah metik nya yg dkasih model clasic retro padal waktu itu selera retro masih kecil pas scopy awal muncul
    angel wis angelllll….

  2. harusnya AHM masukin supercub dalam line produksinya, bukan dalam bentuk CBU
    Mesin yang 110/125cc common parts dg Revo/Supra ,bisa menekan harga jual

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.