TMCBLOG.com – Akhir pekan ini kita akan kembali melihat gelaran MotoGP seri ke lima di Sirkuit Algarve – Portimao, Portugal yang merupakan gelaran pertama dari rangkaian seri Eropa 2022. Sampai jelang seri ke lima ini sudah hadir 10 pembalap dari total 12 seat podium pada 4 balapan sebelumnya yang berlangsung di dua benua, Asia dan Amerika. Selain itu berikut ini adalah catatan catatan statistik pasca seri ke 4 di CoTA, Austin yang membersamai MotoGP.

Di GP Amerika, Enea Bastianini meraih kemenangan keduanya di MotoGP setelah sebelumnya di Qatar pada awal musim ini. Bastianini menjadi pembalap Ducati ke-delapan yang menang lebih dari sekali di kelas primer. Dia sekarang bergandengan dengan Danilo Petucci dan Jack Miller di tempat keenam dalam daftar pembalap Ducati dengan kemenangan kelas utama terbanyak.

Ini merupakan kemenangan kedua bagi Ducati di tanah Amerika setelah era Casey Stoner di Laguna Seca pada 2007 silam. Selain itu, ini merupakan kemenangan ke-60 bagi pabrikan Bologna di kelas premier.

Kemenangan Bastianini di CoTA adalah kemenangan ke-255 pembalap asal Italia di kelas utama balap GP. Italia adalah negara paling sukses diikuti pembalap asal Spanyol, yang sejauh ini memiliki 180 kemenangan.

Kemenangan Bastianini di CoTA merupakan kemenangan yang ketiga bagi pembalap Ducati yang tergabung dalam tim independen di MotoGP. Dua yang lain adalah catatan kemenangan Bestia di Qatar tahun ini dan kemenangan Jorge Martin tahun lalu di Styria.

Bastianini kini memimpin kejuaraan dunia MotoGP dengan 61 poin yang merupakan skor terendah bagi seorang pembalap yang memimpin kejuaraan di kelas utama pada empat balapan pembuka sejak sistem poin saat ini diperkenalkan pada 1993.

Dengan kemenangan Ducati di Algarve dan Valencia tahun lalu serta di Qatar dan Amerika musim ini, KTM di Indonesia dan Aprilia di Argentina, ini adalah pertama kalinya motor Eropa menang dalam enam balapan kelas primer secara berturut-turut sejak 1973-1974 (delapan balapan) dengan König dan MV Agusta.

4 seri awal MotoGP 2022 adalah pertama kalinya brand sepeda motor dari pabrikan Eropa memenangkan empat balapan pembuka musim kelas utama sejak 1972 dengan MV Agusta (Giacomo Agostini). Tahun itu, MV Agusta memenangkan 12 balapan pembuka sebelum final di Spanyol dimenangkan oleh Chas Mortimer dengan Yamaha.

Ini juga pertama kalinya tiga motor brand Eropa yang berbeda memenangkan empat balapan pembuka musim kelas utama sejak 1952 dengan AJS (Jack Brett), Norton (Reg Armstrong) dan Gilera (Umberto Masetti, dua kali). Sebagai catatan, tahun itu 1952 hanya motor Eropa yang menang di kelas tersebut.

Dengan podium Enea Bastianini dan Jack Miller di CoTA, ini adalah balapan MotoGP ke-10 berturut-turut dengan setidaknya ada satu pembalap Ducati selalu berada di podium (urutan yang dimulai di Aragon 2021). Ini adalah pertama kalinya bagi Ducati sejak rekor 2007 (Turki) – 2008 (Qatar) di mana ada 17 balapan berturut-turut Ducati selalu hadir di podium.

 

25 COMMENTS

  1. Sengaja dilemahkan,biar ga lo lagi lo lagi

    Cuma caranya lebih terselubung dibanding WSBK yg lebih terang terangan dgn pemotongan rpm dan mengganti starting grid yg menang di race selanjutnya

  2. Kalo emang ini gegara peraturan unified software untuk menguntungkan pabrikan non-japs, lama amat pengaruhnya dari 2016.

  3. Perbandingan nya kan 14 motor Eropa dan 10 motor Jepang
    Probabel nya memang menang motor Eropa
    Ini cuma hitungan di atas kertas

      • Kalau dilihat WSBK itu komposisi ya nomer 1 dari GBR no 2 Itali.. Spain di sana hanya beberapa biji saja ya.. Beda sama motogp yang sebagian besar malah spain

      • Kalo dari sisi pabrikan, dia bisa dibilang bener. Ducati, Ferrari, MV Agusta, dst klo jumlah titel digabung jauh diatas Inggris. Kapan pabrikan Inggris terakhir jurdun?

    • Plus info tambahan buat ente,,di F1 paling sukses jg geng Britania yg terakhir 7juara dunia lewat Lewis hamilton

      • @Junojack emang selain lewis pembalap inggris yang legend siapa lagi gan, kayaknya yang paling sukses di F1 tu jerman bukan inggris, schumacher 7 jurdun tambah vettel 4 jurdun itu aja udah 11 dibanding lewis cuman 7

        • Dari jaman baheula nya F1 total paling banyak juara itu Britania raya atau Inggris dkk,,,situ kurang data kayanya,,Lewis Sama Schumacher ya sama jumlah jurdunnya,,klo ditotal negara pengahasil jurdun F1 ya Britania raya gak tersaingi 20x jurdun,jauh lah Jerman cuma 12x,,pembalap legend Inggris ya banyak era terakhir ya Jenson button,era sblmnya ada Damon hill,Nigel Mansell,,,yg paling banyak ya hamilton

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.