TMCBLOG.com – Piala Dunia FIM Enel MotoE akan memasuki tahun keempat kompetisinya akhir pekan ini di Circuito de Jerez-Angel Nieto yang menjadi tuan rumah pembuka musim 2022. Ada sejumlah perubahan menarik untuk dinantikan musim ini. Setiap putaran terdiri dari dua balapan, produsen tunggal Energica telah membuat beberapa perubahan pada Ego Corsa pada Tahun terakhir mereka ini, dan format kualifikasi Q1-Q2 yang baru akan memulai debutnya – menggantikan E-Pole.

Untuk Motornya sendiri, Energica Ego Corsa 2022 telah mengalami beberapa perubahan pada mesin dan juga memiliki inverter baru. Pembaruan ini menghasilkan pengurangan berat sepeda hampir 15kg, yang merupakan fokus utama dari e-mobilitas di seluruh dunia dan telah menjadi tujuan utama Energica sejak dimulainya Piala Dunia FIM Enel MotoE

Perubahan yang cukup menarik lagi adalah format kualifikasinya yang juga akan mengadopsi pola Q1-Q2. Sebelumnya MotoE mengadopsi sistem E-Pole di mana pembalap mendapatkan satu kesempatan pada putaran kualifikasi untuk mencetak Laptime terbaik mereka sendirian. Tetapi musim 2022, MotoE  akan mengadopsi Sistem Kualifikasi yang mirip dengan yang sudah berjalan di MotoGP, Moto2 dan Moto3.

Format kualifikasi ini dimungkinkan oleh pengisi daya baru yang dibawa oleh sponsor utama MotoE ; Enel. Unit Juice Pump 60 Race Edition baru yang disediakan oleh Enel X Way dipasang dalam wadah di atas roda dan dapat melakukan pengisian ulang daya listrik dengan cepat dan gesit. Juice Pump 60 Race edition Mampu memasok daya 60 kW dan memungkinkan Energica Ego Corsa 2022 mengikuti Q1 isi ulang sebagian dan kembali ke trek di Q2 segera setelahnya.

Seperti di MotoGP, laptime gabungan dari sesi Latihan Bebas akan menentukan peserta yang akan langsung ke Q2 – dalam kasus MotoE, delapan pebalap teratas sesi Latihan bebas yang lolos secara otomatis. Mereka yang diklasifikasikan kesembilan atau lebih rendah akan bergabung dengan sesi Q1, dan dua teratas di Q1 memiliki kesempatan untuk maju ke Q2 sehingga total akan ada sepuluh pembalap memperebutkan posisi terdepan di Q2.

Tidak ada batasan jumlah lap yang dapat dilakukan pengendara baik di Q1 atau Q2, dan dua pengendara yang mengikuti Q1 & Q2 akan diberikan ban belakang tambahan. Posisi grid untuk Race 1 dan Race 2 akan didasarkan pada hasil dari Q2 dan Q1. | Based on Dorna Info

9 COMMENTS

    • lah kocak lari ke drone yg punya baling², jelas bising dong. drone ngibas angin dengan rpm tinggi biar terbang. itu suara alami dari kibasan baling kena udara. coba itu baling² elektrik masuk air (contoh speed boat elektrik) paling cuma bunyi airnya doang blebeg blebeg, ga ada teriakan kyk mesin jet ski, speed boat, atau dong feng sekalipun, hhee..
      mau gimanapun tetap beda dengan mesin combustion yg memang ada ledakan lalu keluar suara dari knalpot.

      jgnkan drone lah, kipas angin aja berisik, xixixi..

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.