TMCBLOG.com – Sebelumnya Suzuki pernah memilih opsi menarik diri dari MotoGP era 4 tak pada akhir musim 2011 karena alasan kesulitan keuangan meski dengan hanya satu pembalap -Alvaro Bautista- bersama senjata GSV-R nya saat itu. Tetapi mereka sanggup melakukan debut kembali di kelas premier ini pada tahun 2015 dengan mesin anyar berkonfigurasi inline-4 dan dengan line-up dua pembalap factory. Dan yang lebih keren lagi mereka sanggup meraih kemenangan pertamanya setelah kembali ke MotoGP lewat Maverick Vinales di GP Silverstone 2016 atau satu tahun berselang setelah kembali bergabung di MotoGP, kemudian Joan Mir melengkapi epic comeback team Hamamatsu ini dengan koleksi gelar juara dunia di musim 2020. Kini, berita tidak mengenakkan datang bahwa Suzuki akan kembali menarik diri dari ajang balap motor paling prestisius seantero dunia ini di akhir musim 2022 nanti.

Berita mengenai mundurnya Suzuki disampaikan oleh Hamamatsu kepada staf tim Suzuki Ecstar namun belum dipublikasikan kepada publik selama sesi test hari Senin di sirkuit Jerez, ini beneran berita jelek yang mengejutkan banget datang tiba-tiba di tengah performa team factory yang cukup kompetitif untuk perebutan gelar juara tahun ini loh. Flashback sedikit pada tahun 2011 lalu, keputusan Suzuki mundur dari MotoGP dikarenakan akibat krisis keuangan global yang mendera banyak pabrikan otomotif termasuk Suzuki, sedangkan keputusan tahun 2022 ini ada kemungkinan dipicu oleh isu finansial serupa dan masih seputar dampak dari situasi pandemi COVID di dunia.

Hal yang cukup ironis mengingat Suzuki mengumumkan pada bulan April lalu bahwa mereka telah menandatangani kontrak baru dengan Dorna untuk tetap menjadi bagian dari MotoGP world championship hingga setidaknya sampai pada musim 2026, merujuk kepada pencapaian team Hamamatsu ini pada musim 2020 yang  sukses membuat Joan Mir meraih gelar juara dunia pembalap.

Dengan keputusan yang demikian, status Joan Mir dan juga Alex Rins saat ini yang belum memegang kontrak dengan team manapun untuk MotoGP 2023 mendatang bisa menimbulkan konstelasi bursa pembalap di team pabrikan maupun satelit/independen. Joan Mir santer digadang-gadang akan menjadi sosok rider pendamping Marc Marquez di team Repsol Honda menggantikan Pol Espargaro, sedangkan Alex Rins sendiri belum terdengar rumor/gosip akan merapat ke team manakah di musim depan. Untuk berita resmi dari Suzuki Ecstar team akan hadir pada Selasa pagi hari waktu Spanyol.  | –Nugi

165 COMMENTS

    • KTP Spanyol ,rider jurdun ,motor jurdun ternyata gak bisa menyelamatkan keberlangsungan sebuah tim akan tetap bersaing di kerasnya MotoGP jika tidak ada sponsor2 besar yg ikut mendukung…
      Jadi kalo selama ini RHT lebih”prefer” dgn rider KTP Spanyol asal menjamin kucuran dana sponsor besar ya sah2 aja…gak usah di nyinyirin atau dipandang miring…karna lancarnya kas keuangan lebih utama

    • Gimana finansial ga masalah, orang produknya ga ada yang nyambung sama MotoGP bike’nya. Gimana marketing mau inline mempromosikan.
      Honda setidaknya Punya RC213V-S
      Yamaha punya R1M biarpun ga mirip tapi ada fitur-fitur yang memang serupa M1
      Ducati punya V4R
      Neng April skip dulu ya
      KTM malah motornya dijual langsung biarpun cuma 2 unit.

      • Dulu awal bangun xrh (codename sblm gsx) jadi inline padahal Suzuki sanggup bikin V4 alasannya ya biar riset sejalan ama superbike ampe dikasih nama gsxrr biar ada kedekatan emosional pengguna gsx massal. Jadi teknologi motogp bisa diaplikasi ke superbike, tapi eh tapi kayanya biarpun gsx massal pake srvvt kaya gsx motogp, kayanya ga terlalu nolong penjualan, terlebih barat skrg lagi peralihan ke elektrik dan regulasi emisi makin mencekik mesin ice.

  1. Ga kaget sih, apalagi Suzuki pernah mundur dgn alasan yg sama. Bener kata Kawasaki, duit yg dibakar di motogp ga maen2, dan Kawasaki bilang klo ga all out mending ga usah krn cuma bakar duit ga sejalan dgn hasil di penjualan, nah ini Suzuki udah jurdun aja ga bikin mereka makin laku ato minimal dapet sponsor gede. Ya seleksi alam sih, tim ato pabrikan dgn dana paling irit cepet ato lambat akan tumbang jg.

    • Rins ama Mir layak diperebutkan pabrikan top, ktp mereka jg Spanyol. Espargaro sisters dagdigdugser nih abis berita Suzuki cabut dan dua ridernya free transfer wkwkwk

    • Kira2 butuh sponsor sebesar apa?
      Kalo sebesar petronas waktu d srt cukup gak?
      Krn ini pabrikan bukan tim satelit yg sewa motor

      • Yg jelas sih minimal punya title sponsor yg nutup biaya oprasional, jd pabrikan cuma kebeban biaya riset teknis aja.

    • Emg lu kira aprilia banyak embel2 seponsor??? & Penjualan produk mereka dipasaran laku keras??? Mikkiiirrrr!!!!!!

      • Wkwkwk si lucu kaji paiman

        Aprilia segmen jualannya aja udah beda, usernya kalo motor eror tinggal telpon mekanik suruh datang ke rumah atau towing motornya. Motornya nginep berapa hari juga usernya santai aja masi banyak kendaraan lain. Atpm nya juga ga ribet kudu jorjoran buka di tiap kota promosi ampe nangis darah

        Mundur lagi, induknya aprilia backup finansialnya juga cukup kuat

        Disamain ama juki 🤣🤣🤣 yang atpm nya juga ogahogahan jualan, salesnya nangis darah kalo jualan, fanboy tajirnya juga kalo demen ya lebih bisa ngarepin IU

      • @Richard maklum dia kira Aprilia itu pabrikan dari tirai bambu kali, ga ngarti dia di JKT aja yg sekelas R15 harganya udh semahal ninja 250 4 silinder. Aprilia jarang bkn berarti ga laku, tapi mereka (kaya pabrikan Itali laen) jualan prestige. Belon lagi induk mereka yg jg kaya. Suzuki? Ibarat warkop, Aprilia ini warkop kecil tapi ownernya anak pengusaha batubara dan yg langganan artes, klo Suzuki warkop agak gedean dikit tapi ngrintis dari nol udh gitu langganannya cuma ngabers.

  2. Thanks suzuki, jgan pernah come back lagi, di balapan omr yg bertajuk prototipe, prototipe kok omr , gelar hanya gelar, satu yg saya minta , ttep pakem tuningan mu ya, dan jgan lupa jualan motor diindo yg niat, ninja aja gw beli kan gk ada dr line km suzuki, tiru kawasaki ya

    • Mangkanye produknya dibeli dong, jgn cm nulis kode produknya doang tp belinya Kawasaki. Gmn keuangannya ga sekarat klo pensboynya cuma bekoar di kolom komentar tapi ga beli produknya.

      • Ya gimana mau beli produk nya, divisi RnD nya ga jelas, konsumen minta facelift GSX kaga di kasih², suzuki bandit cuma satria yg ditinggiin, minta motor 250cc yg bisa bejaban sama kompetitor malah dikasih Gixxer , ditambah tu motor barang titipan dari suzuki prindavan, konsumen minta saluto ga di denger, katanya mau fokus ke roda empat, tp tetep ga berkutik juga di pasar mobil… Kompetitor pada ngeluncurin mobil baru, Suzuki cuma ngasih aksesoris ala² racing ke Ertiga… Sampe 3x ga tuh

        Dulu hampir beli GSX ,cuma pas liat tanggapan komunitas motor daerah, urung beli

        • Wkwkw gsx aja dikasih harus demo norak dulu. Itu juga main frame nya sama kek satria 🤣🤣🤣

          Eh sori, mirip. Iye iye cuma mirip frame nya

  3. Jgn² ini sebabnya aprilia tak kunjung kasih perpanjangan kontrak buat aleix meskipun konsisten di barisan depan. Mungkin mereka udah dengar kabar bahwa sebentar lagi duo pembalap suzuki bakal berstatus tanpa tim?

  4. Hbs ngehire om Suppo kok malah mundur🥲
    Plot twist, om Suppo ke RHT nemenin JM36 duet bareng MM93.
    Kang Puig? Jd managernya espargaro sister dong🤭

  5. eh beneran ini? sayang banget kalo bener, tim lagi on fire malah disuruh mundur, kalo kasus 2011 dulu karena gak kompetitif, ya mundur wajar aja

    apa Kawasaki and BMW mau ikutan buat jadi penggantinya?

    • Lha ini bmw yg motornya wara wiri jadi safety bike apa gak malu mumpung ada slot kosong.. Kalo kawasaki jangan di tanya. Atau mungkin pabrikan cina atau india mau ikut moto gp.. Benelli, tvs, bajaj, cf moto atau siapapun yg punya duit.

      • Triumph yang mgkn tertarik, spt nya dia punya uang juga utk riset mesin, selain di moto2, kalo pabrikan mocin ato india sementara gak pengalaman bikin motor cc besar dan silinder banyak, apalagi ini prototype, bisa protol duluan sebelum finish

    • BMW gak bakal mau gabung di motogp hanya untuk safety car terus turing keliling sirkuit doang motor BMW M 1000 RR

  6. Berharap cuma hoax, tapi kalo bener si ya sudahlah

    Mangkanya kalo jualan jangan budek yg akhirnya bikin nyungsep, produk kualitas jempolan tapi model alien

  7. Waduh.. padahal lagi bagus-bagusnya suzuki mentas di motogp. Masalah finansial ga bisa dipungkiri sih.. even Ducati aja ketolong VW group ama sponsor rokok.
    come on elon musk.. coba suntik dana segar buat pabrikan ini atau akuisisi sekalian. daripada mikir mau nyaplok perusahaan mana lagi. Ya siapa tau..selain tesla mobil ada tesla motor yang basisnya dari Suzuki.hehe..

  8. Setelah berapa dekade lamanya akhirnya pabrikan eropa mendominasi lagi di motoGP. Semoga bisa balik lagi sih Suzuki suatu hari nanti..

  9. Mau gimana lagi. Biaya balapan nggak sebanding dengan revenue. Walaupun dorna udah bikin regulasi untuk menekan biaya, tetep aja cost RnD gila-gilaan. Disisi lain divisi roda dua shizuka nggak perform. Jualan nggak laku. Boro-boro dapet cuan dari kampas rem.

  10. Divisi roda dua shizuka memang menyedihkan. Terutama divisi RnD. Mau naikin image branding dari balapan kayak gimana nggak ngaruh. Konsumen tetep beli produk sebelah.

      • Bener sih ini, padahal mereka jg punya cetak biru produk jempolan di masanya. Klo ga sanggup riset sasis baru kan bisa aja cetak ulang sasis jempolan replika gp jaman 80-90an. Tinggal bodi aja dimiripin ama gsx motogp kaya waktu KTM bikin RC8C, abis itu pasang mesin 150cc mereka yg pernah dilarang ikut balap alun2 kelas std krn speknya ketinggian. Tapi pertimbangan petinggi pabrikan pasti laen, mereka lulusan ilmu bisnis ama ekonomi jelas beda aman konsumen ato mekanik yg terjun langsung di lapangan dan berhadapan ama produk lsg. Bagi konsumen ato mekanik produk yg begini begono bakal laris ato diimpi2in, tapi bagi petinggi belon tentu.

        • Karna yg namanya mimpi, ga dihadapkan sama kwitansi pembelian

          Entar juga keluar kwitansi auto mundur itu mimpi
          Terus ngeluh

        • Itu sih kaum mendang mending, laen ama yg ngimpi tapi punya duit beneran. buktinya kolektor tetep aje beli RC8C meskipun tau itu Kramer GP2 yg bandrolnya dinaekin krn dipasangi pernak pernik replika motogp, ato R6 ama R1M yg laku bak takjil di bulan puasa waktu baru launching krn bentuknya mirip M1 lawas. Bahkan zx25rr pun laku krn impian kebanyakan org pgn suara swing swing dgn harga dan power yg kebeli oleh masyarakat umum. Mimpi bisa aja jadi duit, klo diwujudin. Tapi bukan berarti harapan konsumen jadi duit klo diwujudin jg, contoh gampang satria injeksi, fansnya ngakngekngok harusnya udh injeksi tapi begitu dibikinin beneran malah cari satria lansiran lawas, ato cbr250r harusnya 2 silinder tapi begitu dibikinin beneran masih aje kalah laku ama motor sinetron. Semua ada resikonya, nah orang ekonomi yg bagian mikirin ini wkwkwk

  11. mending suzuki gabung sama yamaha saja
    jadi team “YAMAZUKI” bakar uang karena part2 yg nempel terlalu mahal … mending aturan boleh pakai part2 terjangkau … misal Ktc,CLd,Tdr dll

  12. Makanya kalau jualan motor di indo yg niat, pdhal di moto gp cukup kompetitif loh sayang sekali

  13. Even sekelas Suppo aja ga tau kalo mereka mau dibubarin, mimpi buat tim pembibitan moto2 sirna sudah, Rins yg belum lama ini mengumumkan ingin terus bersama Shinichi Sahara dkk, menandakan kalo semua kru tim Suzuki juga ga ada yg tau atau diberi woro2 bakal dibubarin, ini gw curiga ada masalah besar di Suzuki HQ nya sana, ntah ada penggantian pengurusan atau apapun itu, yg jelas bagi kita yg orang Indonesia udah ga heran dgn keputusan Jukie jepang yg absurd dan kadang membuat kita bertanya-tanya, krn you know, ehm,,,

      • kalo mereka tau, ga mungkin Suppo punya ambisi utk buat tim moto2 Suzuki, Rins yg punya keinginan utk lanjut, ini yg ketauan di publik aja, mungkin ada banyak rencana dan keinginan yg belum diketahui publik dr tim Suzuki dan tiba2 bubar gara pengumuman ini,

    • kalo urusan dana mohon maaf, sejauh ini Suzuki berjalan dgn cukup baik dgn dana pas2an kyk gitu, kyknya mereka juga ga nuntut lebih, sponsor baru pun juga ada yg masuk meskipun bukan sponsor yg nemplok di nama tim tapi setidaknya logonya cukup besar di fairing,
      Masalahnya Suzuki dan semua pabrikan lain baru aja menandatangani kontrak 5 tahun dgn Dorna, dan sampai akhir 2022 baru berjalan satu tahun, berarti dgn cabutnya mereka nanti jelas akan ada kontrak yg dilanggar,
      Dorna harus bantu cari solusi nih buat Suzuki atau buat kedepannya minimal membantu tim utk mendapatkan pendanaan sponsor, atau membuat sirkus MotoGP lebih populer lagi setidaknya setara F1,

      • Penjelasan yang logis, biasanya petinggi perusahaan begitu, yg bawah gak langsung dikasih tau biar tetap menjaga suasana kondusif
        Sayang banget nih padahal progres lagi bagus, selalu masuk 10 besar, top end power naik
        Sepertinya penggantian petinggi akan merubah arah kebijakan perusahaan
        Biasanya begitu

  14. Prediksi ane, tahun depan kalo rnf cabut dari Y milih motor yang lebih murah, slotnya tidak akan diganti, alias tidak ada tim satelit 🤔

      • Jan salah, dia rajin baca loh. Terutama baca status social media pembalap AHM ampe belagak jadi org dalem. Cuma sejak pembalap AHM dilarang update status ttg keseharian mereka dia jadi ga bisa belagak org dalem lagi wkwkwk

  15. Orang Jepang memang saklek buat keputusan.
    Ngeri juga buat merk lain jika penjualan motornya ga sesuai harapan.
    Lagian suzuki motor ga bergerak dinamis dalam produksi motor massalnya.

  16. Ya mau gimana lagi, sampai sekarang gak punya sponsor utama, terus inovasi MotoGP yang semakin gila2an, penjualan kalah sama beat kreditan tenor 36 bulan.

  17. Sedih juga euy, secara mereka tim yg kompetitif
    Selalu ada di barisan depan,
    Nama gsx dipertaruhkan
    Makanya jgn budek,
    Terlalu manjain india sih,

  18. Penjelasan yang logis, biasanya petinggi perusahaan begitu, yg bawah gak langsung dikasih tau biar tetap menjaga suasana kondusif
    Sayang banget nih padahal progres lagi bagus, selalu masuk 10 besar, top end power naik
    Sepertinya penggantian petinggi akan merubah arah kebijakan perusahaan
    Biasanya begitu

  19. Waduh padahal lagi bagus²nya suzuki ni. Apa karena di jerez kemarin dapat hasil yg buruk ?.

    Bisa nih Joan Mir di tikung masuk team Yamaha Factory jadi tandem Quartararo atau gak Aleix Rins ke Factory Yamaha. Mir ke Yamaha Satelite Support Yamaha Factory Toprak di kasih M1 tahun 2022 biar diospek dulu. Secara Perbedaannya antara inline4 suzuki dan inline4 yamaha gak jauh² amat. Cuman front end yamaha lebih menjanjikan dari front end Suzuki

  20. Becanda ni suzuki.. alamat dorna hrs berusaha tahan.. kacaw kl bnrn juki cabut inline tgl yamaha. Dan pabrikan jepang nyisa 2 lawan eropa 3

  21. Apa iya nggak ada sponsor yg bersedia hadir bersama suzuki, melihat performa saat ini lagi istimewa

  22. ya berat sih kalo sijuki cuma ngandelin penjualan satria fu buat menyokong finansialnya, bikin produk yang keren lagi napa..

  23. Damn..terpaksa turun gunung comment.

    So sad.
    The most beautiful bike on the grid
    Perfect combination of beauty, power and durability

    Surely will miss you a lot guys.
    Still hope you hold the pain a lil bit longer, Covid will fade, war will end, world will recover.

    #SuzukiStay

  24. mungkin mau fokus bikin mesin v12 buat gsx250nya, wkwkwkwkw

    makanya juk, kali design motor masal yg bagus yak

  25. Agak aneh
    Pra musim banyak upgrade motor
    Awal musim rekrut suppo
    Bln april perpanjang kontrak dgn dorna
    Blm lagi mimpi satelit/junior
    Sekarang mutusin cabut

    Dgn perpanjangan kontrak dgn dorna,
    konsekuensi apa yg hrs diterima suzi

  26. waduh sayang bgt tim fav. saya tiba2 mundur 😭
    pdhal dgn kondisi ‘seadanya’ ini tim lumayan kompetitif..
    apa mngkin mundur buat strategi ganti dri inline ke v4 ?

  27. Mencurigakan…kontrak panjang ke dorna, bela belain ngga bikin tim satelit buat bikin tim di moto2 atau moto3 apalah itu gw ngga begitu paham..tiba tiba mau mundur seenak jidatnya sendiri.

  28. Ahhh pasti ada sponsor raksasa yang mau jadi malaikat penyelamat mengingat prestasi suzuki yang mulai bagus. semoga

  29. bikin badmood bgt ini berita..
    ya salah Suzuki juga sih, jualan motor masalnya gak jelas gak niat, apalagi diindonesia..
    itu petinggi” Suzuki indo cuman makan gaji buta,ntah apa bahasan pas meeting petinggi”nya 🤦🤦

  30. Apa ini puncak dari kegagalan mendapat title sponsor. Biaya operasional makin besar tapi saldo berkata lain

  31. Suzuki lebih baik serius garap roda dua kayak kawasakilah. Buat model yang diinginkan konsumen indo biar dealer rame. Sudah cicipin jurdun setelah comeback cukuplah…harusnya dana lebih buat riset produk dan dealer di indo. Ayo saluto,burgman,ts150, 250cc 4 silindermu suzuki. Selamat Idul Fitri buat kawan muslim semuanya.

  32. Budget memaksamu membuat keputusan cabut, selamat jalan Suzi, biar slot kosongnya di isi tim satelit apapun itu

  33. sayang sekali.
    inline tinggal seekor dong wkkwkwk akankan Y mampu bertahan?
    ga ada taro kayanya bakal terseok2 ngumpulin receh

  34. Dah lah cabut aja, biaya riset makin gede inovasi teknologi juga makin minim, beberapa tahun ini cuma wing2 holeshot apalah mulu di berita. Teknologi motogp juga makin dikit yg kepake di motor massal, ibarat kata cuma balapan cari nama bukan lagi inovasi teknologi

    Mending fokus balapan motor massal aja, jangan budek juga jualannya, indihe mulu yg di denger, sekali2 denger permintaannya orang Indonesia

  35. Ducati :

    “Hmmm bisa jadi motor ke 9 dan 10 nih”

    Marc vds mau balik lagi ? Atau ada tim mana lagi gitu ?

  36. Ya gimana, di Indo mereka jualannya agak kurang serius. Padahal kalau punya line up matic 110, 125, maxi 150+ yg ngikutin perkembangan kompetitor kayanya bisa membantu finansial. Nah sekarang? GSX dkk terbengkalai, nex gimana tuh? Suzuki masih punya tempat di masyarakat Indo, dengan penjualan rendah pun masih banyak yg minta Saluto, burgman. Tapi lagi2 ga didenger, malah bawa gixxer 250 gajelas itu. Daripada gixxer mending kasih facelift itu GSX 150 sang tulang punggung saat ini.

    • Kayanya RnD mereka dibagian matic mandeg, dipasar US sama beberapa wilayah Eropa aja satu-satunya matic yg mereka jual cuma Brugman 400, varian matic lainnya lenyap.
      Di mobil pun mereka sama aja.

    • yang parah RnD Emang…masih dipertahankan aja..parah sih..model roda dua ancur2 an budeeeggg..saluto yg bisa jdi lahan basah malah didiemin aja..kacau
      GSX tnggal rumah desain lebih kerenan..stuck aja berapa taun udah

      • Lah klo penjualan senen kemis gimana ada dana lebih buat rnd. Honda kali larisnya kaya nasi uduk bisa punya dana rnd lebih ampe Vario aja hampir tiap taon ada detil yg di improve.

    • Gak telalu kaget jika di tahun 2042 (dst), line up motogp EV premiere class, bakal diikuti brand macam: xiaomi, samsung, tesla, amazon, google, huawei, netflix, dan sudah barang tentu trisula old crack: honda-yamaha-ducati

      Honourable mention: apple, instagram, youtube

  37. Berpikir out off debok…
    Ducati 8 motor
    Susuki pusat : wah udah gak sehat ini, cabut ajah

    Bandingin dg f1, lebih rata di sana
    Ferrari 3, mercedes 4, redbul 2, renault 1

  38. lagian gimana motor roda duanya mau laku…modelnya ancuurrr gitu
    mau promosi jor2 an pake motogp juga males orang beli..
    yg digusur bukan motogpnya tapi R&D nya harusnya.

  39. Imbas jualan ngga laku akibat pandemic.
    Jualan di mari juga dengan model seperti sekarang ya ngga bakal maju (sdh dicolek sama juragan rondo jauh2 hari).
    Suara fanboy garis keras Suzi ngga didengerin.
    Spertinya akan lebih fokus ke R4 negeri Prindavan,.krn penjualannya masih moncer meski turun juga.

  40. Klo menurut saya sih jualan gk laku bukan krn pandemi, tp modelnya indihe2 gt lha gimana mau laku preeet,
    Merek sebelah pandemi gini masi moncer.
    Pasar terbesar didunia dikasi model indihe, paling laku 60 unit kyk dipameran, itupun diklaim laku keras🤣
    Salam waras…

  41. Makanya bubarin tuh managemen India, kagak liat perilaku pabrikan india yg suka cabut dari sini karena ngeyel maksain desain yg gak disuka di negeri ini….. Mereka kira laku di domestik otomatis negara lain juga suka

    Mawuttt pokoke klo orang india pegang manajemen/eksekutip perusahaan negara laen…..Ambyarrrr

    • Susah oom, penjualan Maruti Suzuki R4 di India top markotop ratusan ribu unit perbulan
      R2 lumayan,
      posisi tawar Prindavan kenceng banget, rugi bandar kalo di sini mau keluar produk baru tapi dana RnDnya dari Prindavan punya income.
      liat aja sekarangng pengembangan R4 suzuki (vitara, baleno,r3, xl6/7) dah diembat sono semua.
      masalah saluto ngga masuk di mari sih murni perhitungan bisnis yang ngga dapet, krn denger2 di Negeri Tao Ming Tse sana juga kurang moncer
      intinya sih jangan sampe Suzi cabs dari di sini..tapi time will tell alh

  42. Seru komen2nya, banyak yg peduli sama suzuki.
    Semoga informasi2 di sini sampai ke telinga orang yg tepat ya, biar ada tindak lanjut yg lebih baik

  43. Sad news, salah dua pabrikan dengan kualitas jempolan harus mengalah sama keadaan. Idealisme suzuki harus di apresiasi sekaligus ironi sih.
    Well semoga suzuki motogp doang yg bungkus, pabrikannya tetep survive.

  44. Kayaknya Suzuki udah kurang fokus di Motor Suzuki sepertinya fokus di Mobil, pasar Motor dunia terlalu di dominasi H, blm lagi motor asal Tiongkok dan India jg mulai membanjiri pasar.

  45. Motor bakar sepertinya sdh mulai The End, Mobil dan Motor Listrik sdh semakin trending saat ini, terus-terusan mempromosikan teknologi motor bakar rugi mending uangnya buat riset motor listrik, mungkin itu yg dipertimbangkan S.

  46. Mungkin S ini ingin curi Start, saat kompetitor sibuk habiskan uang untuk kembangkan teknologi motor bakar dana S dikembangkan untuk riset Motor Listrik.

      • beda mas, H dan Y itu dananya cukup terutama u/ devisi Mobil, sepertinya S tidak cukup dananya klo harus kembangkan motor bakar yg lambat laun tp pasti akan digantikan motor listrik jadi krn dana cekak lebih baik untuk riset EV. Perlu diingat S itu pernah berjaya dalam teknologi sededa motor 2 tak, tp krn terlalu terlena dengan motor 2 tak sehingga tertinggal perkembangannya di era 4 tak, H lebih jaya 4 tak krn sejak awal H sdh feeling bahwa 4 tak bakal gantikan 2 tak peranent, nah saat ini spertinya S ini tdk ingin terulang yg kedua x, dgn dana yg minim mereka mungkin akan semaksimal mungkin mampu bersaing dgn pabrikan yg berdana besar di era Motor Listrik nanti.

        • balap motor listrik tidak akan terjadi di MotoGP
          Bahkan seorang Elon Musk sesumbar akan membeli semua saham MotoGP dan mengembalikan balap 2tak disini 🤣

  47. Mundur dr Motogp di Akhir Era Motogp motor bakar dan kemungkinan akan bergabung kembali di era Motogp Motor Listrik.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.