TMCBLOG.com – Sirkuit Kymiring di Finlandia akan menjadi tuan rumah baru seri MotoGP. Sirkuit ini akan jadi host seri ke 12 dan akan menjadi seri pembuka paruh kedua musim MotoGP 2022 ini. Test pertama akan berlangsung pada 13-14 Juni 2022 dan akan dilakukan hanya oleh test rider resmi pabrikan. Yes artinya sebentar lagi, namun suara suara skeptis terus bermunculan mengenai karakter dari sirkuit sepanjang 4,6 km yang menurut beberapa profesional rider berpotensi akan membosankan buat MotoGP.

Dua di antara para test rider resmi tim pabrikan yang terpantau mengkritik sirkuit ini setelah pernah mencobanya di Agustus 2019 adalah Stefan Bradl dan Mika Kallio. Keduanya sama sama sependapat bahwa sirkuit ini berpotensi memberikan tontonan yang ngebosenin dan mengajukan opini bahwa layoutnya harus diubah. Namun sampai saat ini, layout dari sirkuit yang dikembangkan oleh Direktur Sirkuit KymiRing -Timo Pohjola- bersama dengan perusahaan Inggris APEX Circuit Design tidak mengalami perubahan layout sedikit pun.

“Dari tikungan 5 ke tikungan selanjutnya, Anda selalu membalap di suatu sudut (kemiringan), Anda terus berbelok ke tikungan, tidak ada garis lurus di antara kurva ini. Ada garis lurus sepanjang 1 km di sektor pertama dan lurus panjang itu baik-baik saja. Tapi setelah itu seluruh trek terlalu lambat untuk MotoGP. Kami juga dapat membuktikan kesan ini dengan catatan data kami. Jadi Anda tidak hanya harus bergantung pada perasaan pembalap.”

Kallio juga khawatir balapan di KymiRing bisa berpotensi sangat membosankan karena hampir tidak ada peluang untuk menyalip. “Jika Anda tidak membuat garis lurus di antara sudut tikungan, tidak ada kemungkinan sedikit pun untuk memilih racing line yang berbeda, hanya ada satu racing line yang ideal.”

“Dalam semua perubahan arah ini, hanya ada satu racing line. Pembalap di belakang Anda tidak memiliki kesempatan untuk mengambil jalur lain karena jarak antara tikungan terlalu pendek, ia tidak akan punya waktu. Ini membuat trek menjadi rumit dan sulit. Saya tidak tahu di mana Anda bisa menyalip dalam balapan.”

Taufik of BuitenZorg | @tmcblog

 

41 COMMENTS

    • Skrg ada kategori baru yaitu sirkuit murni skill dan sirkuit membosankan… Besok usul ke dorna bikin sirkuit kusus trek lurus aja sepanjang 10 kilometer (bisa di tol cirebon), balapan nya cuma satu arah aja.. (mirip drag)

  1. sirkuitnya flowing kyknya makanan empuk inline nih asalkan ga ada traffic didepannya, kalo emg ini sirkuit sulit utk overtake, eh tapi straight nya lumayan panjang ya,

  2. cek netizen finland . . . .
    oh syukurlah mereka tidak termasuk dalam kategori netizen paling tidak ramah,

  3. trlalu kelok2, knp gk dibuat lurus ja tuh trus belokan tajam dijamin seru bnyak hard braking, hampir motor gk pernah tegak kecuali dibagian straight ja..

  4. Track baru jaman now itu dirancang buat time attack daripada balapan, mungkin hasil olah komputer modern guna mencari titik optimal makanya jadi begitu semua.

    • Justru ini sirkuit masuknya kategori teknikal, yg dapet line rapi bakal kenceng, ga ada alternatif line laen. Makanya diprediksi membosankan krn kesempatan nyalip cuma nunggu pembalap depannya ada kesalahan, bukan murni adu teknik eh adu skill.

  5. Maap saya ga paham maksdnya tidak ada garis lurus dan di tikungan semua sudut miring….. Miring itu mksdnya kyk sirkuit Nascar kahh?

    Semoga opini pembalap lainnya akan berbeda… Terutama rider2 alien

  6. Ni sircuit keliatannya panjang banyak tikungan..tp ternyata beda tipis dg mandalika yg punya panjang 4,3 km.
    Klu soal sircuit yg gk bosenin & bnyak drama salip menyalip gw sih vote pilip island australia.

  7. Bayangin klo negara Kallio isinya yutuber overproud, netizen maha benar dgn segala umpatannya, media online yg berebut click bait, bahkan netizen bayaran yg suka bikin malu itu. Abis udah itu Kallio, bisa kena mental ampe tutup akun social media pribadinya.

    Untung Finlandia orangnya woles2, mau ngekritik kaya gimana ya biasa aja klopun ada yg panas ya paling pihak yg bersangkutan. Yg tinggal dipelosok apalagi ga ada sangkutpautnya ama pemilik sirkuit mana peduli wkwkwk

      • Juga pembalap paling ga disukai di negara asalnya jadi superhero dimari, cuma modal upload foto bonceng bertiga ama giveaway pada bangga bgt.

  8. Ducati be like : biasa saza lagh. Itu kan ada trek lurus panjang, makanan kami buat nyalip 😂😂

  9. Dilihat dari layout nya, banyak tikungan yang “terinsipirasi” dari trek lain seperti Suzuka & Sakhir.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.