TMCBLOG.com – Seperti kita semua ketahui, Kawasaki Motor Indonesia di awal pembukaan JFK2022 merilis tiga varian motor baru buat market domestik Indonesia. Salah satunya adalah varian Supermoto Kawasaki KLX230SM. KMI merilis dua varian versi on road atau biasa disebut Supermoto (SM) yang dinamakan KLX230SM dan KLX230SM SE dengan ban on road dengan diameter lingkar roda 17 inci. Sistem pengereman motor sudah menganut model cakram petal di depan dan juga belakang.

Untuk KLX230SM, hadir velg depan dengan lebar 3 inci dan belakang lebar 3,5 inci dengan ring 17 inci menandakan velg motor ini berukuran lebih lebar. Suspensi KLX230SM juga disetting berorientasi aspal jalanan dengan pegas yang lebih kaku dan travel yang lebih pendek (depan: 204mm & belakang: 168mm) dibandingkan dengan suspensi milik KLX230S (depan: 220mm & belakang: 223mm). Pengaturan suspensi yang lebih kaku menawarkan kestabilan saat terjadi pengereman di mana bagian depan menukik lebih sedikit dibanding KLX230S.

Ada beberapa pertanyaan yang TMCBlog ajukan kepada Pak Michael C. Tanadhi, Head Sales & Promotion PT KMI pada saat event perilisannya. Yang pertama adalah apakah ini merupakan world premiere? Beliau menjawab “Ya, benar. Sebenarnya semua KLX230 Series baru ini adalah produk untuk market Amerika Serikat yang baru akan dirilis di sana pada bulan Agustus nanti. Namun karena Indonesia adalah basis produksinya, maka kita memperoleh kesempatan sebagai pasar domestik pertama yang merilisnya.”

Pertanyaan kedua yang cukup menggelitik adalah kenapa dinamakan KLX230SM dan tidak merujuk pada versi supermoto di kubikasi bawahnya 150 cc dimana dinamakan D-Tracker? Untuk hal ini kembali pak Michael menjawab “Penamaan KLX250SM lebih mengacu pada penamaan global yang diberikan untuk varian ini. Jadi kami pada dasarnya mengikuti penamaan global.”

KLX230SM dibanderol seharga Rp. 54.900.000 dan versi KLX230SM SE dijual di angka Rp. 56.900.000. KMI mengestimasi delivery unitnya mulai di bulan Juli 2022.

Taufik of BuitenZorg | @tmcblog

9 COMMENTS

  1. Mengubah paradigma kalo yg tipe Supermoto itu namanya d
    D-tracker ya wakaji … D-tracker 150 langsung lompat ke D-tracker X 250 … Yg 230 KLX-SM

  2. kedepannya mungkin kawasaki mau bikin diferensiasi klx mesin pendingin udara dtracker pendinging air “mode ngarang”

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.