TMCBLOG.com – TVS Motor Indonesia telah merilis secara resmi TVS NTORQ 125 XP Race kemarin dengan banderol harga promosi khusus PRJ 2022 sebesar 19,9 juta Rupiah OTR Jakarta. Skuter ini menarik karena secara umum dengan mesin 125 yang ber-bore dan stroke yang sama namun dengan power yang lebih besar dari pada N-Torq 125 standar, dan tentunya ada banyak sekali fitur-fitur pembeda yang membuat skuter ini selain memiliki performa tinggi, namun tingkat utilitas nya juga tinggi. Simak Vlognya di atas dan tentunya foto-foto berikut ini sob.

TVS NTORQ 125, kini telah hadir dengan fitur terbarunya yang mengusung terknologi canggih yang menggabungkan 3 unsur unik: sistem komunikasi terintegrasi atau sistem terkoneksi (conectivity), tenaga yang mumpuni (power) dan tampilan modis (style), khususnya di kelas skutik atau skuter matik di Indonesia.

Menurut TVS, desainnya terinspirasi oleh desain pesawat siluman, TVS NTORQ 125 merefleksikan gaya agresif dan tajam dengan lampu depan khas dan lampu rem atau stoplamp LED.

Menurut TVS, TVS NTORQ 125 menghasilkan akselerasi terbaik di kelasnya, yakni 0-60 Km/h ditempuh dalam waktu 8,6 detik. TVS NTORQ 125 Race XP memiliki tenaga mesin sebesar 10,06 Bhp dan kecepatan maksimal di atas 98 km/jam dalam mode berkendara Race Mode.

Yes betul sob, skuter ini menyediakan mode balap (racing) bagi pengendara yang menyukai kecepatan/performa mesin, dengan tenaga tambahan. Pelanggan juga dapat menggunakan ‘Street Mode’ untuk berkendara sehari-hari dalam kondisi berkendara yang normal dan wajar seperti ketika sedang berkendara komuter dalam kota, sehingga memungkinkan penggunaan bahan bakar yang lebih efisien dan sempurna.

Dalam pengoperasiannya, mode berkendara dapat diubah menggunakan perintah suara melalui aplikasi dan menggunakan fungsi tombol sakelar di panel indikator atau dashboard yang sudah full LCD digital hanya saja, mode berkendara ini bisa diubah jika kita berkendara pada kecepatan kurang dari 5 km/jam yang mana ini dilandasi atas alasan keamanan pengguna NTorq 125 Race XP.

Sementara pada panel saklar di setangnya cukup standar, tapi bisa dibilang paket lengkap untuk ukuran skutik 125 cc. Beberapa saklar yang cukup menarik perhatian antara lain adalah adanya Engine Kill Switch dan juga dibekali dengan Pass Beam. Ehhh ada saklar headlamp juga tuh, berarti motor ini belum AHO yah.

Kunci kontak NTorq 125 Race XP ini memang masih standar, belum ada pengaman tambahan seperti dalam bentuk penutup magnetik ataupun sentralisasi dalam pengoperasian membuka bagasi jok dan juga untuk membuka tutup tangki bahan bakar.

Sektor kaki-kaki, ban depan belakang ukuran cukup gendut dengan profil donat dengan ring 12 inci di kedua roda, di mana untuk ban depan dibekali ukuran 100/80-12 danĀ  ban belakang 110/80-12 jadi nggak terlalu kelihatan kecil dibandingkan pemakaian di mayoritas skuter skuter India yang kadang pakai ban 11 inci atau bahkan 10 inci. Pilihan lingkar roda 12 inci sudah cukup pas nih untuk dimensi matik seperti NTorq 125 ini.

Pengereman depan dikawal oleh rem cakram tunggal dengna kaliper 1 piston yang diameternya cukup besar, sedangkan pada sektor pengereman di belakang masih tromol tapi sudah tersingkronisasi. TVS sebut ini SBT (Sincronize Braking Technology).

Suspensi depan masih teleskopik, suspensi belakang monoshock dengan penempatan di sisi samping kiri. Namun seperti layaknya motor motor TVS, fluida di dalam suspensi belakang sudah gas nitrogen.

Bagasi cukup luas. Walaupun belum yang termasuk super lega seperti matik besar Jepang, namun kapasitas bagasinya yang diklaim TVS dengan volume 20 liter ini akan muat satu helm, dan bakal masuk sempurna sih bro.

Ada lampunya untuk menerangi kalau sobat sekalian membuka bagasi pada malam hari yang gelap jadi tidak ‘tersesat’ atau meraba-raba di kegelapan ketika mencari barang bawaan kalian yang disimpan di bagasi. Ada juga port USB power, bisa buat nge-charge handphone nih.

Selain itu, di bawah jok nya ada soket OBD-nya. OBD adalah singkatan dari On-Board Diagnostics, dan ini adalah istilah otomotif yang mengacu pada kemampuan diagnostik dan pelaporan keadaan kendaraan yang bisa dilakukan sendiri. Port OBD seperti layaknya ‘steker’ yang memungkinkan perangkat diagnostik dimasukkan ke dalam kendaraan untuk memantau aktivitas kendaraan dan mendiagnosis masalah. Wahh canggih juga nih.

Fuel cap fillernya atau lubang pengisi bahan bakar ada di buritan dari NTORQ 125 Race XP. Ini menyebabkan kita nggak perlu buka jok kalau cuma untuk mengisi bensin doang.

Oh iya, untuk rem belakangnya bisa dikunci dari handle rem depan dan membuatnya jadi punya fungsi brake-lock atau Parking-Lock.

Secara umum spesifikasi dan tampilan TVS N-Torq 125 Race XP ini cukup menjanjikan sob, dan harganya pun termasuk yang kompetitif di segmen skutik 125 cc terutama jika TVS terus mempertahankan harga promosinya yang secara angka belum menyentuh angka psikologis 20 juta Rupiah. Silahkan dikunyah-kunyah deh sobat sekalian.

Taufik of BuitenZorg | @tmcblog

 

15 COMMENTS

  1. Lengkap ya: saklar2nya passbeam, engine kill, non-Aho
    Lampu bagasi dan OBD kyanya pioneer di kelasnya di mari,

    Btw, ini air-cooled atau water-cooled wakkaji?

    • Di India sdh sangat terbukti, itu salah satu alasan orang India pilih produk lokal, tahan banting sedikit lebih murah

  2. Pilihan warnanya apa aja Wak Haji?
    Kalo ada warna yang ngejreng bagus nih..
    TVS warna corporatenya apa yah?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.