TMCBLOG.com – Sesuai janji Yamaha, walaupun secara umum tak lagi memperoleh slot seat untuk ikut balap MotoGP di 2023 bersama Yamaha, juara dunia FIM World Superbike 2021 –Toprak Razgatlioglu- memperoleh kesempatan ‘mencicipi’ Yamaha YZR-M1 berwarna hitam selama tes privat satu hari MotoGP di sirkuit Motorland Aragón pada hari Selasa kemarin. Toprak beralih dari Yamaha R1 ke YZR-M1 dan menikmati sebanyak total 40 lap dari 5,078 km sirkuit MotorLand Aragon dalam kondisi panas terik. Tidak ada data empiris berupa laptime maupun foto aksi Toprak di trek secara ini mungkin adalah bagian dari test super duper rahasia yang dilakukan secara privat oleh Yamaha.

Pembalap berusia 25 tahun itu memulai hari dengan ‘proses adaptasi’ selama 12 lap untuk membangun pemahaman tentang motor dan ban Michelin. Ia melakukan beberapa run test yang lebih pendek setelahnya dibantu oleh tim uji Yamaha MotoGP yang diketuai Silvano Galbusera membuat penyesuaian setup pada motor berdasarkan gaya balap, feedback dan analisis data Toprak.

Untuk membantu Razgatlioglu mendapatkan kepercayaan diri dan kecepatan di Yamaha YZR-M1, adalah test rider Yamaha MotoGP Cal Crutchlow hadir sebagai patokan selama tes. Sayangnya, tes tersebut terhenti karena hujan deras menjelang sesi sore hari sehingga tidak memberikan kesempatan kepada Razgatlıoğlu untuk lebih meningkatkan performa.

Toprak Razgatlıoglu “Ini adalah hari pertama saya di motor Yamaha M1 MotoGP dan rasanya sangat berbeda dengan R1 saya. Lebih banyak horse power, elektronik berbeda, girbok seamless, semuanya benar-benar baru bagi saya. Dengan setiap lap saya belajar lebih banyak, karena setelah dunia superbike, tidak mudah beradaptasi dengan mesin MotoGP.”

“Untungnya, saya memiliki Cal Crutchlow untuk memberikan saran dan dia dapat banyak membantu saya. Motornya terasa enak, terutama di lintasan lurus yang sangat cepat, dan menarik untuk merasakan rem karbon. Kondisinya benar-benar panas hari ini, jadi kami terjebak hanya bisa melakukan lima atau enam putaran setelah putraan awal sebanyak 12 lap untuk mendapatkan perasaan pertama untuk motornya.”

“Ketika saya menonton motor MotoGP di televisi di Aragon, anda bisa melihatnya agak bergelombang, dan saya bisa merasakannya di sini hari ini. Tidak terlalu buruk, anda harus menjaga gas tetap terbuka untuk melewati gundukan, karena jika anda menutup gas maka motor menjadi lebih tidak stabil.”

“Secara keseluruhan, tes yang sangat positif, bahkan jika itu dipersingkat oleh hujan sore ini, yang berarti saya tidak mendapatkan lap sebanyak yang saya inginkan. Saya sangat menikmati mengendarai motor MotoGP, terima kasih banyak kepada Yamaha karena telah memberikan saya kesempatan ini.” | Based on Yamaha Racing Info

57 COMMENTS

  1. Dari kemarin ngubek berita ketoprak naik M1 memang nihil wak. Bahkan di portal berita yang biasanya banyak bocoran halus, juga nihil.

  2. penasaran apakah dia bisa bawa M1 se”harsh” dia bawa R1,, kalo bisa ini bisa jadi data yg sgt berharga buat Yamaha,

  3. Dalam hati pasti nyesel taon lalu nolak RNF dgn kontrak langsung Yamaha, kok enak bener ini motor motogp. Padahal klo dia ga tolak, minimal semusim penuh dia bercumbu ama M1, kemudian 2023 balik kucing ke wsbk. Kondisi Yanaha yg tanpa satelit bisa jadi alasan cantik balik wsbk yg padahal bisa aja balik wsbk krn di motogp cuma selevel Darryn Binder.

    • Safouglu!!! Kau buat tidur ku gak nyenyak 😂😂😂

      Penyesalan datangnya terakhir, kalo di awal namanya pendaftaran

  4. Kata Meregalli, test toprak ini menyesuaikan dengan kalendernya Crutchlow, berarti yg dipake adalah M1 spek terbaru dong ya?

  5. M1 bikin stoprak gk bisa tidur..kebayang balapan di motogp.semoga taun depan bisa gabung Yamaha motogp liat gaya ugal2n nya dgn ban michellin apa bisa klop seperti pirelli

    • Thun depan ke ymha MotoGP? Hanya ada dua motor ymha Thun depan dan kedua ny sudah punya pawangnya masing2, memutus kontrak morbidelli d tengah jlan demi toprak sama dengan memutus hubungan dgn vr46 academy dan dan vr46 itu sendiri,. Klau memutus kontrak morbidelli demi vietti mungkin masih bisa d terima

  6. Agak awkward liat Toprak baru nyobain 40 lap pake M1 sementara Darryn Binder make itu motor dan bahkan Garett Gerloff udah nyicipin 1x race weekend.
    Di level kasta sepeda motor, semua motor yg ada di grid Motogp adalah spek dewa yg hampir pasti diimpikan semua biker. Toprak sampai nahan ludah tuh pasti dan ga mau balik

  7. “Dalam kepalaku” toprak ini ada di barisan tengah, dengan diasah bisa naik ke barisan depan motogp.
    Tahun depan dapat kesempatan menjadi pembalap pengganti.

    • Jangan under estimate Toprak, pd ngatain musim ini aj gak bisa ngimbangin Bau & Rea ngimpi mau ke MotoGP, tp th kmrn sudah terbukti dia Juara Dunia WSBK ngalahin 20 pembalap lainnya jadi tinggal pembuktian aj to di MotoGP, siapa tau ky Aleix kmrn2 di bully tp dia jg yg ngasih podium buat Aprilia, setidaknya Aleix sudah membuktikan

        • Sebenernya papan atas jg sih, cuma masuk ke gp agak telat jadi agak ketuaan naek motogp ditambah Suzuki kabur dan nama dia udh tenggelam ama bintang Spanyol laen jadi cuma ngendon di satelit ampe tua.

  8. Tunggu 2024. Kayak ny kontrak morbidelli g di perpanjang atau mungkin 2024 Yamaha ada team satelite lagi?.

    Wait and see saja. Nunggu gebrakan mesin M1 2023 racikan mantan crew F1 🙂

      • Masih inline4 CP tapi ada pembaharuan di ukuran piston nya. Yg bisa saya tangkep kalau mau powerband lebih ganas di rpm tinggi. Tapi g perlu ngehilangin engine natural ny inline 4 yg galak di corner speed. Itu yg bakalan di pikirkan Oleh enginer baru Yamaha

  9. Tes privat tanpa publikasi mungkin karena kepentok sponsor Yamaha vs Toprak … Monster vs Redbull …

  10. Kalau menurut saya, toprak masih biasa. bagi saya lebih nggigit dan fenomenal BEN SPIES, di WSBK betapa ngerinya dia (bar Bar)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.