TMCBLOG.com – Sesi pertama Latihan Bebas (FP1) Grand Prix seri ke-11 musim 2022 dimulai pada hari Jumat ini di Sirkuit TT Assen Belanda (nama asli: Circuit van Drenthe). Rekor laptime sirkuit ini ada di angka 1:31,814 yang ditorehkan oleh Maverick Vinales di atas Yamaha M1 tahun lalu. Sirkuit TT Belanda di Assen masih merupakan salah satu sirkuit sepeda motor terbesar di dunia. Sirkuit ini adalah trek dengan sejarah balap motor terbanyak dan ada di kalender MotoGP sejak awal. Race weekend Assen 2022 sendiri memang secara forecast akan berlangsung dengan keadaan yang berbeda-beda. Seperti misalnya Jumat ini yang full basah.

Dan benar saja, FP1 hadir dalam keadaan trek yang basah sehingga membuat pembalap harus menggunakan ban Michelin Pilot Rain dengan mayoritas kombinasi kompon soft soft. Semenjak awal Jack Miller yang memang sejak dulu terkenal adaptif balapan dalam keadaan hujan memimpin timesheet di angka 1:43 detik-an.

Dalam keadaan trek basah seperti ini Honda juga terlihat cukup menonjol performanya. Di sisa lima menit terakhir bahkan Pol Espargaro sempat memimpin timesheet walaupun akhirnya setelah 45 menit full hadir nama Jack Miller sebagai yang tercepat pada sesi Free Practice 1 MotoGP Assen 2022  dengan laptime 1:42,589 yang selanjutnya diikuti oleh Joan Mir dan Pol Espargaro di posisi dua dan tiga sesi FP1 GP Assen 2022.

Taufik of BuitenZorg | @tmcblog

 

17 COMMENTS

  1. Jack Miller ga heran,,
    Fabio dan Morbi di awal sesi bisa masuk top 4 dan kirain masalah M1 di wet udh settle, ga taunya…
    untungnya nanti FP2 diperkirakan kondisi membaik dan besok diperkirakan cerah,,

  2. Gua dukung Miller buat jurdun, biar bisa pasang nomor start 1 di KTM. Jadi KTM untung ngontrak Miller motornya auto nomor 1 wkwkwk

    Tapi diatas kertas 2022 ini masih pembalap Prancis sih, kecuali ada penurunan performa secara mendadak.

  3. Tidak perlu memaksakan diri buat FQ dan AE, utk mengejar jurdin harus meminimalkan resiko crash di kondisi seperti ini. Jangan seperti Lorenzo di 2013 cras di Assen yg basah membuat kans jurdunnya mengecil karena cedera

  4. Kalo kondisi basah dengan hujan deras kayaknya m1 masih belum oke
    Tapi kalo ga terlalu deras kayak di Mandalika kemarin yg hujan nya agak mendingan di akhir balapan bisa kencang juga

    • Tergantung konstruksi aspalnya juga kliatannya,Mandalika kemaren gripnya bagus malah pas ujan.kalo Assen sirkuit lama ya seperti biasa M1 kedodoran kalo wet,ironisnya sirkuit yg M1 kuat buat ambil poin lebih sering ujan seperti le mans,assen,Mandalika.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.