TMCBLG.com – Team Manager Repsol Honda -Alberto Puig- pasca race MotoGP Assen  berkenan diwawancarai untuk membicarakan hal-hal di luar Honda, RHT, HRC dan Marc Marquez. Kali ini Alberto Puig berbicara mengenai Aleix Espargaro walaupun pembalap Aprilia ini finish di luar zona podium dan bahkan di belakang rekan satu timnya, Maverick Vinales.

“Aleix menjalani balapan yang fantastis. Itu adalah balapan terbaik yang pernah saya lihat, karena dia jauh lebih unggul dari yang lain. Ya benar adalah bahwa mereka telah mencapai motor yang fantastis juga, karena cara dia mengerem dan mengendalikan motor, serta rasa aman yang terlihat padanya benar-benar tidak normal.”

“Pemahaman yang ia miliki tentang motornya sangat tinggi dan itu memungkinkan dia untuk melakukan sesuatu dan mencapai limit dengan keyakinan tinggi bahwa dia bisa melakukannya.” begitu Alberto secara umum menilai Aleix Espargaro di GP Assen 2022.

Dan Puig pun kembali melanjutkan: “Ada beberapa balapan seperti ini di masa lalu, Marc Marquez dan orang lain yang sangat baik seperti Doohan, yang maju perlahan dari belakang ke depan dengan tekad, dan apa yang telah dilakukan Aleix adalah sesuatu yang brutal. Hasil yang lebih baik seharusnya diperoleh jika ada beberapa putaran lagi dan (ia bisa) naik podium, tetapi dia, sebagai pembalap, akan sangat menikmatinya di dalam untuk waktu yang lama.”

Ketika berkomentar atas pertanyaan jurnalis Mela Chércoles bahwa Aleix menggunakan gaya Marc Marquez di GP Belanda, Alberto menjawab: “Saya tidak tahu apakah dia membalap seperti Marc Márquez, tapi acungan jempol untuknya. Anda pasti sangat puas.”

Dan ketika Alberto ditanya apakah Pak Carik Andorra alias Kapten Aprilia ini berpeluang meraih gelar juara dunia MotoGP hingga akhir tahun 2022 ini, Alberto menyatakan: “Tentu saja. Dua tahun lalu saya tidak akan percaya, tapi motornya (Aprilia RS-GP) telah berkembang sangat cepat dalam waktu yang sangat singkat dan Aleix telah mengambil langkah penting di level pengendara. Dalam balapan, hal-hal tidak terjadi secara kebetulan.”

Taufik of BuitenZorg | @tmcblog

59 COMMENTS

  1. Sebenarnya semua orang yg tidak memiliki sifat iri dengki pasti bisa melihat dan mengakui betapa hebatnya Aleix Espargaro itu..kehebatan,kegigihan dan kesabaran yg dimilikinya tlah membuahkan hasil yg nyata, sehingga membuat dia dan timnya menjadi kandidat terkuat juwara motoGP musim ini dan musim-musim selanjutnya

        • Biasa, komentar sesumbar berbau ngetek krn gapunya lagi jagoan di motogp. Ntar giliran konsesi lepas terus Espargaro balik ke papan bawah ngilang ato cari ketek laen.

        • @Rotarry
          Jangan samakan Aprillia dgn KTM nak..dalam ajang balapan aspal,Aprillia itu jauh lebih kompeten dibandingkan KTM

          @Si Akang
          Jangan suka berburuk sangka nak,,berburuk sangka itu bisa menghitamkan jiwamu

        • Yaudah klo gitu gw tunggu komen serupa klo Quartararo ato Bangjono menang🤭🤭🤭🤭🤭🤭

  2. Klopun jurdun ga akan bs nyelamatin tim dgn aturan spt skrg ini, dorna oh dorna, bos F1 aj udh sadar koq km blm

    • Mau di buat drama seperti apapun tak kan merubh fakta kalo moto gp sekarang banyak di tinggal penonton.. Mau juaranya di setting gonta ganti., mau di buat banyak kontroversi, mau di buat aturan ini itu nyatanya motogp sekarang sudah gak menarik lagi.

    • minimal dari sisi mentalitas, di termasuk top notch. Super loyal kepada pabrikan yang terseok2 di awal. Dua tahun lalu dia udah mau retire, tapi keluarganya mendukung. Ditambah progres aprilia yang menjanjikan, bisa pangkas secara terukur gap dari P1 di tiap tahun. Dari 30 detik, 15 detik, 5 detik. Sampai podum 3 pertama.

      • wkwkwk Aleix royal katanya.. wong jelas Aleix pun kalau gada April, bukan top of mind pabrikan manapun kalau disuru ngestok line up.

        April tetep ngontrak gegara ya April juga bukan pilihan, sampe rider moto 2 aja mending ga naik pangkat dah dibanding ke motogp tapi aprilia

  3. FQ vs AE mgkn bakal jadi pertarungan juara dunia motogp ter-adem (kalo gak ada bumbu2 pedas dan panas dari third party aja)

  4. emg ga ada yg menyangka 2 tahun lalu kalo Aleix dan Aprilia bisa sehebat ini, bahkan Vinales udh dapat podium pertamanya di sirkuit yg tepat di tahun sebelumnya dia naik motor yg berbeda,

    • persis bro….. ga nyangka secepet itu. kayaknya official aprilia baru prediksi mav bisa podium di tahun depan. mungkin didukung dengan assen yg meliuk2 juga, mav bisa di sirkuit model itu. Tapi ya berarti mav jago juga pakai V4 bisa dansa di tikungan.

  5. Aset kyt paling berharga, apakah tahun depan kyt masih dengan aleix?? Sebuah misteri mengingat jagoan yng dlu kyt mesti lepas di next season setelah season sebelumnya cemerlang

  6. Jangan jangan nanti pas di silverstone gantian dlosor ke gravel pasti berubah lg penilaian. ( tdk bermaksud doa yg jelek utk Aleix )…..ya utk saat ini Dia Spektakuler di Assen.

  7. Waduhh puig mengesampingkan mbah vr46 dan lord hohe yg prnh dari barisan blkg ke depan wkwk..gpp lh selama aleix masih pake Kyt didukung, walau aprilia kebantu status konsesi ditambah isu akan pake mesin 3.0 ganas disisa 5 race terakhir bumbu2 ditambahin darno plus gas 3kg biar tmbh hott..
    Yg pasti taun depan Yamaha honda duet jepang bkln lbh menggila gk bkln ksh ampun ke pbrikan eropa lg

  8. Dalam hati Puig, “mau compare sama adeknya tapi nanti yg di omongin motor gw dan tim gw.. ga jadi deh.. puji2 kakaknya aja, lumayan jd gak bahas krisis di tim gw hehe”

  9. Gile juga nih puig nama rossi ga di sebut pembalap yang bisa nusuk dari barisan belakang. Dasar penggemar motogp karbitan. Hehe

    • woaalaahhh,,ada yang marah si oci gak disebut,,,si pembalap yang jago karena lawannya aja yang pada lemahh,,,atau di lemahkannn. pebalap yang kelakuannya paling gua benci.

      • Lemah? Daped, Lorenzo, Stoner, biaggi, gibernau dll itu lemah?
        Mm masuk doi masih kompetitif sampe 2017

        • itu aja uda disebut paling dia benci, gimana mau komentar pikiran jernih. kelakuan fansboy karbitan ya gini

        • wkwkwkk,,,banyak yang kepancing,,padahal gua ngelihat pembalap itu bukan cuman prestasinya,,tapi juga kelakuannya!. gak mungkin gua gak nganggap Daped pebalap hebat,,doi itu idola gua.

  10. mesin aprilia 3.0 sudah bisa dipakai ya? enak buat laboratorium berjalan di paruh kedua musim. bisa buat persiapan 2023.

  11. aleix & aprilia benar2 harus ngotot jurdun tahun ini,
    selain faktor umur, musim ini sepertinya aprilia yg paling maksimal progres motornya dan pabrikan lain progresnya kecil, stagnan atau bahkan mundur
    musim depan, bisa jadi kebalikannya

  12. Saya pikir kedepannya Puig akan merayu Aleix espargaro untuk cicip dan development RC213V 😃🏁

    Kobalarasu antara Puig dan Aleix espargaro sepertinya lebih jozz dibandingkan Dengan Pol Espargaro, karena sejatinya Pol espargaro lebih cocok dengan Yamaha “Gas Pol” 🤪

  13. Paragraf terakhir katanya perkembangannya pesat, padahal udh taon ke 7 di motogp dan jadi satu2nya pabrikan yg masih konsesi. Ah bisa aja nih baek2in calon kantor baru jaga2 klo ditendang wkwkwk

    • “Tentu saja. Dua tahun lalu saya tidak akan percaya, tapi motornya (Aprilia RS-GP) telah berkembang sangat cepat dalam waktu yang sangat singkat dan Aleix telah mengambil langkah penting di level pengendara. Dalam balapan, hal-hal tidak terjadi secara kebetulan.”

      Konteksnya sejak 2 tahun yang lalu, ajigile dah lau

      • Berarti Puig malah secara tersirat mengakui arah pengembangan yg diminta Iannone beri perkembangan pesat ke Aprilia dong? Padahal Aleix Espargaro udh ada di Aprilia jauh sebelon 2020. Aprilia rsgp 2020 dibikin atas spek yg diminta Iannone di 2019.Ajegile hebat juga Iannone baru masuk belon ada setaon udh bisa ngasih feedback yg bikin Aprilia ngarti cara bikin motor motogp beneran.

  14. Pertanyaan; seandainya dulu jaman msh numpang di kandang Gressini si April uda lepas konsensi…trus ketika pisah dan jadi pabrikan utuh apakah dpt konsensi lagi atau lanjut progress non-konsensinya wkt di Gressini?

  15. Tahun depan Aprilia sdh non konsesi, basic mesin sdh ada, jangan rubah yg aneh aneh lah untuk jeroannya, takutnya nanti seperti Suzuki & ktm, langsung ambrol di musim pertama lepas konsesi

  16. “memungkinkan dia untuk melakukan sesuatu dan mencapai limit dengan keyakinan tinggi bahwa dia bisa melakukannya”
    setiap pembalap harusnya berani melewati limitnya. jangan terpaku liat laptime.

    • Mungkin lebih tepatnya “meningkatkan limit” karena kalau melewati limit = melewati batas kemampuan (motor/rider) = crash alias zonk. Beda dgn meningkatkan limit atau batas kemampuan, yg semula mestinya crash tapi bisa survive, yg semula zonk sekarang bisa mungkin 10 besar atau podium.

  17. Motor OK, rider fit kaau mental lom dapat ya hasilnya akan biasa – biasa saja, tapi yang terjadi di aprilia ini sepertinya dah kmplit 100% sebagai penantang gelar juara dunia. dari hasil race asen kemarin Mentalnya Aleix dah full charger 100%.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.