TMCBLOG.com – Yamaha berpotensi tanpa tim satelit di MotoGP sampai dengan akhir musim 2024. Pindahnya RNF Racing tahun 2023 ke pabrikan Aprilia dengan kontrak dua tahun, dan dengan keputusan Dorna Sport yang hanya memperbolehkan tim pabrikan yang dapat menggantikan posisi Suzuki Ecstar di musim 2023 membuat Yamaha akan hadir tanpa tim independent/pelanggan/satelit di 2023 yang akan datang.

Bila berbicara soal Yamaha, tentu nama Valentino Rossi dan brand VR46 akan hadir secara Vale ini bisa dibilang merupakan brand ambassador merk berlambang garpu tala ini. Namun secara umum tim VR46 yang ada di kelas MotoGP masih memiliki kontrak dengan Ducati sampai akhir musim 2024.

Secara umum Yamaha memiliki sejarah yang panjang soal memiliki tim satelit di balapan Grand Prix sepeda motor. Ceritanya bisa dibentangkan mulai empat puluhan tahun yang lalu, lebih tepatnya dari tahun 1977 dimana hadir tim Yamaha Kanada di kelas GP500 dengan pembalap Steve Baker. Semenjak itu, Yamaha telah berulang kali memasok tim satelit di kelas utama sampai 44 tahun berikutnya yakni tahun 2022 ini dengan RNF Yamaha.

Yes catatan panjang 45 tahun tim satelit Yamaha harus terhenti sementara tahun depan. Bukan hanya potensi mendapatkan lebih sedikit data, ketidak-siapan pembalap pelapis karena secara umum pembalap di tim Moto2 Yamaha Master Camp Moto2 belum terlihat siap naik ke kelas para raja ini. Dan satu lagi yang cukup krusial, tanpa tim satelit, hibah Dorna sekitar 2 juta Euro per tahun yang disiapkan untuk tim satelit untuk menyewa mesin ke pabrikan pun ikut menguap. – Taufik of BuitenZorg | @tmcblog

32 COMMENTS

  1. Gw mulai percaya ama pendapat beberapa orang Itali di suatu forum klo R1 WSBK pake fairing depan M1 lama yg sedikit dicustom. Itu M1 Zarco dari dpn mirip bgt ama R1 Toprac skrg.

  2. Kembalikan dulu kepercayaan rider kedua biar trus podium baru mungkin team lain mau jadi team satelit

  3. Saat ini peraturannya lebih menguntungkan pabrikan ngeropah.
    Winglet, ecu, tim satelit dll.
    Suzuki mundur, yamaha tidak punya satelit, honda amburadul.
    Lama-lama mundur semua

    • Kalo yamama gak punya tim satelit mah salahin pabrikannya lah, inget kasus harga sewa oci dan petronas ? seancur ancurnya hodna aja punya tim satelit.

        • Dorna juga ikut andil. Kan udah dibilang dorna maunya tim pabrikan doang yang hrus gantiin suzuki. Kalau dorna bebasin yang gantiin. Yamaha tetep.bisa punya tim satelite..
          Ada benarnya peraturan lebih menguntungkan tim eropa.

          Kalaupun bmw atau lainnya masuk diprediksi juga 2024. Kan bisa 2023 dibuat team independen dulu. Baru kalau ada pabrikan masuk. Ngambil slot satelit ducti yang udah kebnyakan.

    • Kalo dorno konsisten, satu manufaktur+ satu tim satelit.
      Sekarang mah lebih ke one make race, dari star race pertama di losail sudah ketahuan juara konstruktornya.

  4. Yg mana juga berarti membuat tim (plant) Yamaha Jepang lebih fokus kepada hanya satu tim utama. Bisa jadi malah lebih efektif mengingat toh saat ini Yamaha udah serasa “ga punya” tim satelit sejak 2021 lalu. Dua tim udah jalan sendiri2. Fabio melenggang tanpa partner.

    Walaupun punya banyak tim satelit, kalo tak berguna apa guunanyaaaa a a a a a

      • Dikira bikin mesin berapa puluh biji, spare part, chassis, arm, fairing, dan segala tetek bengek lainnya ga pake biaya apa. Belum termasuk bayar gaji karyawan pabriknya sana. Gatau deh bis nuker voucher free ongkir kagak.

        • Dalam konteks tim pabrikan, sejak kapan balapan mikirin profit? ajegileee.
          Kalopun ada sisa revenue itu kembali dipake buat riset.

  5. Dan…
    Ducati penerima dana hibah dorna paling banyak wkwk..

    Dulu dibilang Sultan bisa punya banyak motor, sanggup bla bla bla..

    Padahal mah, disubsidi dorna gua bilang, ehh kaga Terima 😂😂😂

  6. Cara keberpihakan dorna ke pabrikan ya lewat tim satelit, secara tidak langsung dorna membiayai ducati

  7. Ga cm 2jt euro, kan harga sewa diatas 2jt euro,
    Tapi yamahe jg ga prlu siapin motor satelit, ga kluar cost jg…

  8. Kenapa gk nurunin 3 motor aja Yahama, kek Hon-da jaman DoviFu-Daped disini-kang mancing

    Itung itung rider ke3 buat bantu bantu input data :v

    Apakah regulasi tidak memungkinkannya?

    • Semoga Dovifu tahun depan balik ke Indo, udah ga dapet seat jugaan kan. Kasian yang motornya masih mangkrak di bengkel wkwkwk

  9. Yamaha tech3 sih paling berjasa buat yamaha motoGP.
    Walopun yang sukses diterbitin quartararo dari petronas srt

  10. Yamaha mah selow aja gada satelit musim depan… Toh juga lagi nunggu VR|46 team free kontrak dr Ducati. Jadi tim satelit Yamaha

  11. Dorna mumet dah meres otak salto jungkir balik bikin regulasi ono ini yg diarepin menang ujungn2nya cuma bisa menghirup aromanya doang. Bisa2 harapan pindah ke pabrikan Euro yg lain. yg skrg lg hot2nya bangkit dari papan bawah. kl kejadian bisa gempar jagat perGPan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.