TMCBLOG.com – Walaupun sudah sangat menginginkan untuk meninggalkan KTM, namun Miguel Oliveira masih menyimpan asa bahwa KTM akan tampil lebih ngegas di paruh kedua musim 2022 yang terdiri dari 9 seri balapan mulai dari seri Silverstone awal bulan Agustus nanti. KTM memang telah mengungguli Suzuki dan Honda, namun mereka berada di belakang Ducati, Yamaha, dan Aprilia, KTM menghabiskan jeda musim panas MotoGP 2022 saat ini di posisi keempat klasemen konstruktor dan posisi kelima dalam klasifikasi tim sementara.

Dua pembalap tim Red Bull KTM Factory Team -Brad Binder dan Miguel Oliveira- berada di posisi top 10 klasifikasi pembalap, namun jarak keduanya sudah sangat jauh dari pimpinan klasemen sementara. Melihat posisi KTM saat ini, Oliveira sudah sangat tak sabar menunggu bulan Agustus nanti, tak sabar menunggu akankah KTM jadi membawa parts baru yang sudah ia test di Catalunya.

“Kami memiliki sesuatu yang baru direncanakan untuk pasca summer break. Kami sudah mencoba beberapa hal dalam sesi tes Barcelona, ​​tetapi hal-hal kecil masih dapat diperbaiki selama summer break.” Begitu Oliveira menjelaskan tanpa lebih detail menjelaskan jenis parts baru KTM RC-16 ini. Sementara Brad Binder hanya bisa memberikan clue umum saja “Sejauh yang saya ketahui, kami ingin memastikan kami selangkah lebih dekat ke puncak pada awal paruh kedua musim ini.”

Benar-benar bikin kepo mengenai jenis parts apa yang akan dibawa oleh KTM nanti. Namun yang pasti bukan mesin dengan setup hardware baru karena secara umum KTM sudah termasuk klub pabrikan non-konsesi yang sangat dilarang untuk mengutak-atik bagian mesin. Jika sobat sekalian masih ingat pada test Catalunya yang lalu, KTM membawa sasis baru yang sedikit berbeda di saat test tersebut.

Bentangan utama sasis twinspar berbahan baja/steel-nya sendiri sama tetapi hal yang berubah adalah poros swing arm. Detail ini sepertinya telah dikerjakan ulang sehingga mereka sekarang dapat dapat memindahkan lokasi pivot swingarm lebih jauh ke arah depan dan juga ke arah belakang serta bisa di-setup lebih ke atas atau ke bawah. Dan pada test Catalunya yang lalu memang Miguel Oliveira -lah yang paling sering mencobanya.

Taufik of BuitenZorg | @tmcblog

11 COMMENTS

  1. Masih ngeyel aja pake sasis twinspar, padahal mereka tau kelemahannya di sasis, ducati aja nyerah yg lebih dulu turun di motogp. Tambeng emang Katiem.huehuehue

    • twinspar bukannya semua motor MotoGP make ?
      mungkin yg dipermasalahkan konstruksi teralis dan pakai bahan baja nya itu, kyknya cmn itu pembeda KTM dibandingkan pabrikan lain

    • Udah ngotot, salah lagi hahahaha
      Bedain dulu mana twin spar mana tralis hahaha
      Ducati emg lebih dulu nyemplung di dunia tralis utk motogp, tapi ktm pengalaman dgn tralis lebih banyak di setiap lini motorsport. Terutama di event motor garuk tanah kelas dunia.
      Jadi ilmu nya lebih banyak ktm ketimbang ducati kalo soal sasis tralis

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here