TMCBLOG.com – CEO Dorna dan presiden IRTA Herve Poncharal sepakat bahwa Sebenarnya Schedule Jalannya race weekend MotoGP 2023 belum hadir secara resmi. Namun begitu MotoGP memberikan perkiraan atau kisi kisi official akan seperti apa Jalannya race weekend MotoGP 2023 nanti dengan kehadiran Sprint Race

Jadi secara umum akan ada dua Kali balapan khusus kelas MotoGP Per race weekend mulai tahun 2022. Sprint race di hari sabtu dan Race Penuh di hari ahad.

Sprint Race akan berlangsung pada pukul 15:00 waktu setempat pada hari Sabtu setiap Grand Prix dan kira-kira akan menempuh 50% dari jarak balapan penuh di hari ahadnya.

Sprint Race akan memiliki prosedur grid 15 menit, dan Regulasi balapanya akan sama persis dengan balapan Grand Prix full-length pada hari Ahad.

Dalam Sprint Race, poin akan diberikan sebagai berikut:
Posisi Pertama: 12
Posisi ke-2: 9
Posisi ke-3: 7
Posisi ke-4: 6
Posisi ke-5: 5
Posisi ke-6: 4
Posisi ke-7: 3
Posisi ke-8: 2
Posisi ke-9: 1

Artinya Posisi 10 dan lebih buruk pada akhir Sprint Race tidak akan memperoleh point

Sprint race tidak akan menentukan grid untuk balapan Grand Prix di hari ahad. Pembalap membalap pada hari Sabtu, tanpa perlu mempertimbangkan posisi grid hari ahad mereka.

Posisi Grid untuk Sprint Race dan balapan Penuh Grand Prix akan ditetapkan dari kualifikasi, yang akan mempertahankan format Q1-Q2.

Kelas MotoGP akan memiliki dua sesi latihan pada hari Jumat ( FP1 dan FP2) , yang akan berlangsung lebih lama. Timesheet gabungan dari dua sesi latihan ini akan menentukan pembalap mana yang akan  langsung ke Q2.

Pada Sabtu pagi, kelas MotoGP akan memiliki satu sesi Latihan Bebas 30 menit (mirip dengan FP4 saat ini 2022 ) diikuti oleh Q1 dan Q2 untuk kualifikasi.

Sprint Race akan berlangsung pada pukul 15:00 sabtu sore dengan grid start sesuai hasil Q1 dan Q2

Schedule Balapan hari Ahad akan tetap dengan dengan grid start Juga sesuai hasil Q1 dan Q2.  Targetnya akan menjadikan MotoGP sebagai balapan terakhir di setiap acara. Ini dilakukan agar seremoni podium lebih baik dan memungkinkan hadirnya invasi trek Oleh para fans di akhir semua event.

Sesi MotoGP akan menjadi yang terakhir  dan akan menstandarisasi format balapan akhir pekan dengan mempertahankan urutan yang sama di setiap acara. Moto3 akan diikuti oleh Moto2, diikuti oleh MotoGP.

Pengenalan Sprint Races memungkinkan setiap hari di akhir pekan balapan untuk menawarkan kepada penggemar dan TV pengalaman terbaik di trek dan off, dengan aksi trek pada hari Jumat, Sabtu dan Minggu difokuskan pada tontonan maksimum untuk memamerkan yang terbaik dari MotoGP .

Selain itu, format baru ini akan memberikan peningkatan peluang keterlibatan bagi penggemar, TV, dan media di seluruh acara dan meningkatkan profil kelas MotoGP tanpa mengurangi kelas Moto2 dan Moto3 .

Taufik of BuitenZorg | @tmcblog

14 COMMENTS

  1. Imho
    Fp3 mending dihapus slot nya diganti qtt
    Fp4 dipertahanin biar ada kesempatan buat set up main/feature race
    Warm up juga bisa dihapus, jd rider ada waktu ekstra buat refresh
    Biar tontonan utama gak menurun kualitasnya

  2. apaan?makin sering MotoGP ditaruh ditengah gitu, Moto2 yg ditaruh dibelakang karena alasan suhu trek,ban yg makin manja dll,atau ngalah karena bareng F1

    cuih,kelas premier motor balap kok masih ngalah,😂😂😂

  3. yah sebenernya kasian ke kru tim sama ridernya sih,, beban kerja nambah, stress nambah, resiko nambah, jam kerja nambah, tapi gaji kemungkinan ga nambah,
    tapi kalo bagi penonton ya monggo2 aja, nambah hiburan, nambah potensi diskusi dan analisa, content creator pun jadi ketambahan pembahasan, media juga sama,,

  4. Seru makin banyak acara, penonton gak tertuju hari ahad aja, tapi mulai di suguhkan sejak sabtu

    Mungkin karena sudah mengetahui hal demikian Suzuki pilih mundur dari MotoGP, karena mereka butuh SDM yang lebih kompleksitas sedangkan Suzuki pusat tidak ingin nambah anggaran dan SDM.

    • Aleix : emg racing line dsitu, dlu sblm layout dirubah racing line ada di sebelah kanan (atau kiri diliat dr onboard pembalap), tp stelah perubahan layout racing line ikut pindah
      Jarwo: dia keluar dr pit, emang jalur pit exit disitu, pit exit & racing line beriirisan, sblm layout berubah pit exit tdk beririsan dgn racing line

  5. Tuntutan zaman, doeloe nonton Motogp di Sirkuit, skrng nontonnya di TV yg layarnya bisa 100 Inch dan gratis, klo ga kreatif penonton disirkuit bisa sepi, Fp1,2,3,4 dan Kualifikasi sdh tdk masuk kategori hiburan.

  6. Kalau kyk gitu pengembangan mesin harus dan wajib di bebaskan dengan Software inhouse antar pabrikan.

    Ini macam OMR Ducati doang 🤣🤣

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here