TMCBLOG.com – Di 8 Bulan pertama 2022 atau Dari Bulan Januari Sampai Agustus 2022 yang lalu Jumlah Sepeda motor yang sudah terdistribusikan secara wholesales ke Seluruh Indonesia dari 5 Produsen sepeda motor Anggota AISI adalah sebanyak 3.097.900 unit. Angka ini secara umum masih di bawah penjualan periode yang sama di tahun 2021 yang lalu dimana terdistribusi penjualan sebanyak 3.296.793 Unit Motor baru di pasar Domestik Indonesia. Namun yang bikin lega adalah Penjualan Sepeda Motor Domestik Agustus 2022 Terbaik dalam 20 Bulan terakhir.

Yes di Bulan agustus 2022 yang lalu secara wholesale telah terdistribusi penjualan sepeda motor ke pasar domestik sebanyak 524.821 Unit Motor atau merupakan rekor terbaik semenjak 20 Bulan terakhir ketika Pandemi masih berlangsung.

Hal ini tmcblog perkirakan selain Juga mungkin disebabkan oleh baiknya pasokan dari Salah satu part yang menjadi masalah beberapa Bulan terakhir Yakni Chipset Semikonduktor, juga menandakan arah kegiatan dan dinamika ekonomi yang semakin berjalan kearah Normal seiring dengan diangkatnya banyak pembatasan aktifitas dibandingkan tahun 2021 yang lalu.

Jika dilihat dari Jenis Sepeda motor yang terjual, Jenis Scooter Otomatis masih menjadi Primadona dan bahkan semakin Kuat dengan menguasai Pangsa pasar sebanyak 87,53% atau sekitar sebanyak 2,7 jutaan Unit. Sementara Jenis bebek/ Underbone menguasai ceruk 6,92% disususul Sport dengan 5,55 %

Sayangnya AISI tidak merilis data distribusi penjualan whole sale masing masing Pabrikan untuk Publik. Namun rumornya AHM Honda sudah memproduksi sebanyak 2,348-an Juta Unit atau ada di angka 75 %-an Share nasional yang angka ini tentunya masih butuh untuk dikonfirmasi ulang.

Membaiknya PasokanĀ  Chipset Semikonduktor dan juga tentunya Permintaan pasar juga cukup mengerek nilai ekspor Sepeda motor dari tanah air ke manca negara dari angka 50 ribuan di lima bulan pertama 2022 ke angka 70 ribuan Mulai Juni 2022

Sementara itu Jika dilihat dari jenis Motor yang terekspor dari Indonesia tidak setimpang penjualan Domestik. Skuter Menguasai 70,30% disusul Tipe sport sebanyak 18,96% dan Underbone sebanyak 10,74%.

Taufik of BuitenZorg | @tmcblog

 

9 COMMENTS

  1. akibat persaingan yg jomplang pake banget jadi aisi gak mau buka data perpabrikan bahkan per-unit motor, sangat beda dengan gaikindo

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.