TMCBLOG.com – Sirkuit Catalunya adalah ‘milik’ Bautista pada race weekend WSBK seri ke 8 musim 2022 kemarin. Alvaro Bautista membawa Ducati Panigale V4R tiga kali merebut podium tertinggi atau Hattrick sepanjang dua hari kemarin dan menyelamatkan 62 poin sempurna yang baru kali ini ia lakukan sepanjang musim 2022 berjalan. Dari 8 seri yang sudah dilakukan sepanjang 2022 ini, seri WSBK Catalunya 2022 adalah seri paling sempurna bagi Bautista yang sudah total 11 kali meraih podium dari total 24 kali balapan di 8 seri ini. Tidak banyak drama di Barcelona, hanya unjuk kekuatan alias show of force Bautista yang langsung ngacir kabur memimpin balapan di ketiga race. Fight dalam dua hari Catalunya malah seru pada pack kedua untuk memperebutkan dua sisa podium.

Secara total, menjelang sisa 4 seri terakhir termasuk seri Mandalika, Indonesia nanti yang memberikan total maksimum 248 poin, Alvaro Bautista memimpin klasemen dengan 394 poin. Pembalap terdekat yang masih berpotensi mengganggunya dalam 12 kali balapan ke depan adalah Toprak Razgatlioglu yang berbeda 59 poin dan Jonathan Rea dengan perbedaan 67 poin. Secara matematika dengan sisa 248 poin maksimum, posisi 8, Scott Redding pun masih punya asa untuk meraih juara dunia WSBK 2022 ini.

Secara umum di Catalunya, Bautista adalah yang paling banyak mendulang poin dengan jumlah 62 poin, disusul Rea dengan 42 poin, Toprak 39 poin dan Rinaldi 38 poin.

Sementara itu Axel Bassani kukuh sebagai pembalap independent (satelit) terbaik so-far pasca Catalunya dengan 170 poin. Bassani adalah pembalap terbanyak yang memperoleh poin terbanyak di race weekend Catalunya dengan 19 poin diikuti oleh Garrett Gerloff dan Baz/Oettl.

Kuatnya Bautista, Bassani dan Rinaldi membuat Ducati memimpin klasemen pabrikan dengan 425 poin dengan mayoritas poinnya ditorehkan oleh Alvaro Bautista karena pembalap Spanyol ini 22 kali menjadi pembalap Ducati terbaik di 24 race pertama WSBK 2022. Yamaha di posisi dua dengan jarak 49 poin ke Ducati disusul oleh Kawasaki, BMW dan Honda.

Berdasarkan hasil yang diperoleh kedua pembalap dalam satu team, pasca tiga race di Catalunya, Ducati Aruba.it memimpin klasemen team pasca seri ketiga ini dengan torehan 599 poin. PATA Yamaha di posisi kedua dengan jarak 91 poin lebih rendah disusul oleh KRT di posisi tiga dengan 488 poin atau berjarak sejauh 111 poin ke Ducati. Team HRC berada di posisi empat dengan jarak 342 poin dari Ducati Aruba.it.

Walau hanya dengan 1 pembalap, Motocorsa Racing makin kuat posisinya sebagai team independent terbaik sementara di 8 seri pertama 2022 ini dengan 170 poin. Jarak team satelit posisi dua yakni Bonovo BMW yang menggunakan dua pembalap Loris Baz dan Eugene Lavery yang berjarak 56 poin ke Motocorsa Racing.

Bautista mengambil alih posisi pimpinan Pirelli Best Lap Award dari Jonathan Rea dengan torehan 6 kali best laptime di Race 1 dan Race 2 pada 8 seri pertama WSBK 2022. Posisinya sementara di klasemen Pirelli Best Lap Award disusul oleh Rea dan Toprak dengan perbedaan masing-masing satu poin saja. – Taufik of BuitenZorg | @tmcblog

9 COMMENTS

  1. ducati membuat motor khusus cari celah ngakalin regulasi baik itu rpm, topend power,aero,berat total motor dan pembalap. klo gak jurdun kebangetan. musim depan saingan dah update part ala motogp jg.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.