TMCBLOG.com – Kawasaki pada tanggal 25 September 2022 secara resmi meluncurkan W175 Fi. Hah?! Fi??! Ya bener sob, Fi alias fuel injection atau sistem pengkabutan bahan bakarnya sudah injeksi. Meninggalkan sistem old school karburator, kini Kawasaki W175 terbaru sedikit lebih modern pada bagian fiturnya. Dan ada satu fitur paling penting yang selama ini diimpikan para penggemar W175 di Indonesia. Simak terus. .

Tapi . . . Ini di India, bukan di negara +62. Dikutip dari Autocar India, Kawasaki India resmi menjual W175 dengan masih mempertahankan garis desain dari saudara tuanya – W800. Lampu depan bundar, tangki bahan bakar berbentuk tear drop, dan panel samping berbentuk kotak mengingatkan pada W800. Demikian juga motor ini memiliki spatbor melengkung di bagian belakang, dengan lampu belakang dan indikator terpasang padanya.

Ergonomis sepeda motor tampak menawarkan posisi yang santai dan tegak, sedangkan kursi single-piece tandem berdimensi 790mm dengan desain lawas dan juga memiliki spesifikasi busa yang empuk. Kawasaki W175 Fi memiliki speedometer analog bulat sederhana dan enam lampu penanda – Posisi gear netral, high beam, indikator lampu belok, indikator ABS, check engine dan kondisi aki/baterai.

Pada panelmeter yang terdapat satu layar digital kecil di bagian bawah tersebut berisi beragam informasi (Multi Information Display), salah satunya adalah indikator bensin di tangki atau fuelmeter yang selama ini tidak hadir di Kawasaki W175 di Indonesia. Selain itu, MID pada W175 Fi ini juga menunjukkan waktu, penunjuk jarak perjalanan Trip A dan Trip B serta odometer digital.

Sepeda motor klasik ini akan ditawarkan dalam dua model: tipe Standar (warna hitam saja) seharga Rs 1,47 Lakh atau sekitar Rp. 30.180.000 [1 Lakh = Rp 20.535.000] dan tipe Special Edition (warna merah saja) seharga Rs 1,49 Lakh atau seharga Rp. 30.600.000.

Kawasaki W175 ditenagai oleh mesin satu silinder berpendingin udara dengan besaran tenaga yang dihasilkan sebesar 13hp dan torsi sebesar 13,2Nm dan kubikasi silinder sebesar 177cc. Bedanya dengan versi yang ada di Indonesia adalah sistem injeksi bahan bakar untuk memenuhi standar BS6 di negara asal inspektur Ladu Singh tersebut. Pada bagian gearbox dipasangkan dengan gearbox 5-percepatan. Angka tenaga dan torsi yang masih sederhana, tetapi satu yang mungkin akan membantu performa dari W175 adalah bobotnya yang 135 kg. Seperti kita tahu bahwa di India kini pabrikan sepeda motornya sedang gemar menjual motor sport retro klasik, tak hanya soal model tapi pilihan yang ditawarkan pun menyangkut soal kapasitas mesin yang muaranya juga pada performa motor tersebut.

Sementara itu pada sektor sasis Kawasaki W175 Fi ini masih sama dan juga sederhana. Menggunakan rangka dengan model semi double-cradle berbentuk tabung yang dipasangkan garpu depan teleskopik dan shockbreaker ganda di bagian belakang. Tidak lupa besi Sari Guard terpasang pada bagian kiri motor sebagai standarisasi sepeda motor yang beredar di India sana.

Bagian pengereman ditangani oleh satu cakram di bagian depan dan rem drum/tromol di bagian belakang. Untuk W175 Fi tipe Special Edition dibekali fitur Anti-lock Brake System atau ABS di bagian depan, sementara di rem belakang yang tromol pakai ABS alami aja. Canda . . Kawasaki W175 Fi dikabarkan sudah membuka keran pemesanan pada Senin hari ini dan pengiriman dijadwalkan akan dimulai pada Desember 2022. Tapi itu kondisi penjualan Kawasaki di India loh ya. Kalau begitu, kira-kira kapan kah PT. Kawasaki Motor Indonesia melakukan update yang bisa dibilang buanyaaakk seperti ini pada model W175 di Indonesia ya? –Nugi

26 COMMENTS

  1. ntah kenapa seri ini aksinya kyk kurang ga kyk sebelum2nya, Rea banyak nahan diri, Toprak juga struggling, Bau malah ngacir kedepan,

      • betul, pnah punya dagangan W175 2x, yg satu tocker, yg satu nyusahin utk starter, didorong malah lebih gampang idup, tapi lama2 gear one way starternya bisa rontok klo gitu terus, serba salah

  2. wew, tumben india harga nya mahal bgt smpe 30jt,, biasa nya indo punya kan lbh mahal lagi nih…
    makin overprice dah ini motor…. imho

  3. yang pasti ini ukuran cakram depannya lebih proporsional daripada yang disini.
    mosok 177cc cakramnya kayak lebih kecil dari tanker 125

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.