TMCBLOG.com – Sobat sekalian, beberapa hari yang lalu secara terbuka, Dorna Soprt sudah merilis jadwal sementara kalender MotoGP 2023 dimana race MotoGP seri Indonesia di Mandalika akan pindah ke akhir musim tepatnya pada pertengahan bulan Oktober 2023. Gimana dengan jadwal WSBK Indonesia di 2023 nanti? Secara umum dua tahun pertama WSBK Indonesia (2021-2022) seri Mandalika dilakukan di akhir musim. Jadi berdekatan dong jika WSBK dan MotoGP Indonesia 2023 dilakukan sama-sama di akhir musim?

Dorna WSBK Organization (DWO) sendiri belum merilis jadwal resmi sementara kalender 2023 WorldSBK, namun via Speedweek kita bisa lihat bersama satu draft awal sinyalemen kalender WSBK 2023 yang menurut TMCBlog lumayan berubah dibandingkan tahun 2022 ini.

Seri pembuka WSBK 2023 akan kembali ke awal dimana Philip Island akan jadi seri pertama dan akan berlangsung pada akhir pekan 25/26 Februari 2023 di Phillip Island di Australia Selatan. Tes resmi pra musim WSBK 2023 sendiri disinyalir akan berlangsung pada hari Senin dan Selasa sebelum seri pertama dihelat di trek yang sama Philip Island.

Dari PI, rombongan WSBK akan langsung melakukan race weekend back to-back pertama menuju pulau Lombok Indonesia, di mana sirkuit Mandalika akan menjadi host gelaran seri ke dua pada akhir pekan pertama bulan Maret 2023 nanti.

Pict : Gold & Goose

Seri finale atau akhir dari kejuaraan WSBK 2023 juga sudah bisa dipastikan yakni di Portimao pada pertengahan/akhir Oktober setelah dua pekan sebelumnya race berlangsung di sirkuit San Juan Vilicium, Argentina, pada awal bulan Oktober 2023. Seri ke tiga adalah awal dari seri Eropa yang akan dimulai di sirkuit Assen, Belanda lanjut ke Catalunya dan Misano. List draft awalnya bisa sobat sekalian lihat di bawah ini.

Draft Kalender Kejuaraan Dunia Superbike 2023:

24-26 Februari: Philip Island/Australia
03-05 Maret: Mandalika/Indonesia
21-23 April: Assen/Belanda
19-21 Mei: Barcelona/Spanyol
09-11 Juni: Misano/Italia
Juli: Donington Park/Inggris
Juli: Most /Republik Ceko
Agustus ?: Imola/Italia ?
September: Magny Cours/Prancis
September: Aragon/Spanyol
Oktober: San Juan/Argentina
Oktober: Portimão/Portugal

Taufik of BuitenZorg | @tmcblog

 

15 COMMENTS

  1. Harusnya Imola balik lagi, sih. Imola udah kek Sirkuit yang WSBK banget, rasanya kek kurang kalo gak ada Imola. Tahun ini gak ada Imola rasanya kayak kurang lengkap. WSBK udah kayak harus ada sirkuit2 ini Phillip Island, Portimao, Magny Cours, Imola, Assen, Donington.

  2. serasa ada yg kurang kalo Kejuaraan Dunia Balap Motor gak menyertakan Jepang buat salah satu seri, padahal ada 3 Pabrikan yg ikut serta…
    Akhir Maret/Awal April bisa tuh misal buat Fujii Speedway/Suzuka, sembari refreshing liat2 Sakura…

    jadual yg ke Argentina kok kyk nyusahin logistik ya 😂, dari Iberia ke selatan trus balik lagi ke Iberia

  3. mudah dipahami, biar ga sepi peminat kalo jadwalnya deket motogp yg akhir taon. dgn gitu maka penonton wsbk ama motogp bakal tetep sama2 rame. padahal gw sempet berkhayal kalo aja sama2 akhir tahun dan cuma bejarak 1 minggu, sungguh nikmat karyawan gua bakal gua liburin 2 minggu semua dan gua bisa liburan sekeluarga 2 minggu ke Lombok nonton motobiji ama wesbeka bek tubek.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.