TMCBLOG.com – Satu foto Yang dipublish oleh Crash.net dan video yang dirilis oleh MotoGP.com menunjukkan bahwa di Philip Island Honda RC213V mulai masuk ke klub motor motor prototipe MotoGP yang akan memaksimalkan penggunaan rear-winglet di bagian buritan motor. Dan kali ini kembali bentuknya mirip punuk Stegosaurus dan menempel di motor back-up Marc Marquez pada mulai sesi FP1.

Secara umum bentuknya sangat terinspirasi oleh bentuk rear-winglet Stegosaurus yang sebelumnya telah digunakan di motor Ducati Desmosedici GP22. Oke, sebelumnya penggunaan winglet di buritan seperti ini telah dinyatakan legal oleh MotoGP Technical Director Danny Aldridge yang mencoba menjawab pertanyaan ini.

”Sederhanannya, daerah seat (jok) di MotoGP tidak dikendalikan dengan cara yang sama seperti fairing maupun spatbor. Ia tidak termasuk dalam paket aero[dinamika]. Ini artinya team ataupun pabrikan mengikuti regulasi dimana tidak dikendalikan. Sehingga tidak ada pengaturan soal update maupun variasi, kita bisa katakan bahwa hal ini bebas dilakukan.”

“Limitasi yang kita miliki adalah soal lebar dan ketinggian dari daerah jok. Dengan parameter ini, pabrikan dapat melakukan apapun yang mereka mau. Dengan fairing seperti anda ketahui ada dua kali sepanjang musim yakni versi awal dan versi update. Lagi-lagi, dengan daerah jok, mereka bisa mengupdatenya 5, 6, atau 7 kali sesuka mereka.”

[VLOG] Detail Paket Aero Kedua Marc Marquez Lengkap Dengan Downwash Duct!

Selain meggunaan Rear Winglet, Marc Marquez juga menggunakan Momen Philip Island ini untuk menggunakan paket homologasi Aero body keduanya dengan bentuk Winglet depan berbeda dari sebelumnya yang dipakai Marc Semenjak Seri awal.

Taufik of BuiteZorg | @tmcblog

32 COMMENTS

  1. bentuknya plek ketiplek lagi,mungkin beda dimensi doang,kok gak sekalian disambung jadi kayak spoiler Civic type R baru, tapi nanti jadi kayak grip belakang Revo ya 😂

  2. Apakah ekor stego ini untuk membuat efek dirty air sehingga membuat pembalap dibelakang jadi sulit slipstream dan menyalip…makanya ducati sulit sekali untuk diovertake sehingga honda pun membuat hal yg sama….

  3. mungkin kalo yg pertama bikin inovasi itu H atau Y biasanya dilarang Darno.. karena yg pertama bikin duc2 ya jadi boleh2 aja.. akhirnya pabrikan lain nunggu duc2 mau bikin model apa dulu.. hahaha

    • bukannya aprilia duluan ya yg bikin aero² di buntut yg mirip aero F1 tapi gak dipake balap, malah ducati yg make cuma beda bentuk

  4. Winglet nyangkut di kolong, bikin ban sobek, ini lagi bentuknya tajem gitu.
    Apa hal seperti itu bukan termasuk sesuatu yg bahaya menurut dorna?

  5. Jungdjirman October 14, 2022 at 06:53

    gak usah “mojokin” merk lain lah mas…
    nikmati saja yg ada

    ———————-
    😌

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.