TMCBLOG.com – Lorenzo Baldasari Ke WSBK 2023 dengan GMT94 Yamaha. Juara Dunia FIM Endurance tiga kali dan Juara Dunia FIM Supersport GMT94 Yamaha akan melangkah ke Kejuaraan Dunia FIM Superbike pada tahun 2023, menurunkan Yamaha R1 spesifikasi terbaru untuk Lorenzo Baldassarri untuk membentuk Tim GMT94 Yamaha WorldSBK.

Melangkah ke WorldSBK bersama Yamaha, Baldassarri telah menunjukkan kecepatan dan konsistensi yang luar biasa pada tahun 2022, memenangkan empat balapan termasuk pada debutnya di Aragón, dan 14 podium sementara ini. Pembalap Italia ini sekarang duduk di urutan kedua dalam klasemen, dan dengan tiga putaran tersisa sedang dalam perburuan gelar dengan Dominique Aegerter.

Lorenzo Baldassarri “Saya sangat senang, karena saya memulai proyek ini dengan Yamaha di WorldSSP dari Moto2, dan tujuan saya selalu berada di WorldSBK. Tahun ini, kami menjalani musim yang sangat bagus, kami tumbuh bersama dan saya selalu berkembang. Saya siap untuk langkah ini ke kejuaraan WorldSBK dengan Yamaha dan Tim GMT94 Yamaha WorldSBK, jadi terima kasih kepada mereka karena memberi saya kesempatan ini; Saya tidak sabar untuk memulai tantangan baru ini.”

Sebelum musim WSSP ini, Baldassarri sudah mapan di dalam paddock Grand Prix. Setelah melakukan debutnya di musim Moto3 2013, bakatnya yang tidak perlu dipertanyakan lagi membuatnya mendapatkan promosi ke Kejuaraan Dunia Moto2 pada tahun 2014.

Di sana, ia segera menjadi finisher 10 besar reguler, dan merayakan podium perdananya di putaran Australia 2015 Phillip Island. Musim berikutnya ia menambahkan dua Podium lagi ke statistiknya, termasuk kemenangan di GP San Marino, mengalahkan pembalap yang sekarang membalap di MotoGP seperti Franco Morbidelli, Alex Rins, Takaaki Nakagami dan Johann Zarco.

Pada 2018, Baldassarri meraih kemenangan lagi, kali ini di GP Spanyol di Jerez, dan finis kelima di klasemen Moto2. Tahun berikutnya, pembalap bernomor start #7 memulai musim dengan tiga kemenangan dari empat balapan, akhirnya mengakhiri tahun ketujuh di klasemen. ‘Balda’ meninggalkan paddock GP pada tahun 2021 dan mulai memasuki kejuaraan WorldSSP

Perjalanan GMT94 :

Didirikan pada tahun 1991, tim GMT94 memiliki sejarah panjang dan sukses dalam balap Road race, merayakan gelar pertamanya di Kejuaraan Superbike Prancis 1998, yang dimenangkan oleh pendiri tim Christophe Guyot. Hanya dalam musim EWC kedua mereka, tim secara resmi mengumumkan dirinya di panggung dunia, memenangkan 24 Jam Oschersleben pada tahun 2000, dan menempati posisi kedua di klasemen akhir.

Pada tahun 2001, tim mengambil satu dari tiga kemenangan 24 Hours of Le Mans, dan setelah nyaris kehilangan kesuksesan gelar sepanjang lima musim pertamanya, GMT94, sekarang menjalankan mesin Yamaha, dinobatkan sebagai juara EWC 2004. Pada saat tersingkir dari balap ketahanan pada 2018, tim GMT94 Yamaha telah mengumpulkan tiga gelar dunia (menambahkan 2014 dan 2016-17 ke kejuaraan 2004), 17 kemenangan, termasuk dua kemenangan Bol D’or, dan 36 podium.

Kemudian memulai kejuaraan WorldSSP pada tahun 2018, dan meraih tujuh kemenangan bersama Jules Cluzel, serta 24 podium, yang terbaru datang dalam balapan kandang tim di Magny-Cours tahun ini.

16 COMMENTS

  1. lupa, sering kebolak balik aja gara2 satu perguruan,bulega ya yg di ducati

    semoga aja gak cuma jadi tim penggembira

  2. Pembalap yang pernah kena hujat sama pasukan penggemar d academy, karena keluar. Dan dia membuktikan kalo dia belum habis

  3. knp ya gmt94 gak sekalian menduet kan brandly Smith dan baldasari di WSBK 2023, gmt94 mlah menempatkan brandly Smith d wss600 pdhal dia alumni MotoGP dan pernah nunggang ymha dan KTM plus test rider Aprilia. segudang pengalaman yg blum pernah d rasakan baldasari itu hanya d Ganjar kontrak main d wss600??

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.