TMCBLOG.com – Akhirnya di episode ke-4 dari Ducati World Premiere Series 2022, produsen sepeda motor asal Bologna – Italia ini merilis varian superbike homologasi WSBK Ducati Panigale V4 R model year 2023. Selain sebagai unit homologasi balap, Panigale V4 R yang baru berusaha untuk membawa lini teratas motor sport jalanan Ducati lebih dekat dengan motor balap pabrikan di World Superbike Championship. Ini cukup menarik, dengan fakta bahwa motor yang dibesut Alvaro Bautista adalah motor terkuat di grid WSBK, Ducati ternyata masih bisa mencari ruang untuk lebih meningkatkan performa motor yang mesinnya memang terinspirasi dari basis mesin Ducati Desmosedici MotoGP ini.

Performa naik? Yes, dalam keadaan standar pabrikan, Panigale V4 R 2023 homologasi WSBK yang berjumlah 500 unit worldwide ini akan menghasilkan 218 tenaga kuda on-crank pada kitiran mesin 15.500rpm. Red line superbike ini sendiri untuk MY2023 ditetapkan pada 16.500rpm. Penambahan knalpot racing dan bahan bakar terbaru yang dikembangkan Shell bersama Ducati akan menghasilkan tenaga maksimal 240,5 tenaga kuda yang artinya melonjak 22 hp atau lebih dari 10% dari power standar awal.

Kunci lain untuk tenaga tambahan adalah penggunaan gun-drilled titanium con-rod dan piston yang menggunakan DLC (Diamond-Like Carbon) dimana menurut Ducati adalah yang pertama untuk sepeda motor jalan raya, meskipun teknologi ini sudah umum di Formula 1 dan motor balap prototipe MotoGP. Inersia piston juga berkurang berkat geometri piston baru, yang mengurangi bobotnya hingga dua persen, atau sekitar lima gram.

Untuk mengendalikan power yang dihasilkan, new Panigale V4R memiliki dua mode riding baru yakni “FULL” dan “LOW”. Mode “FULL” akan melepaskan kekuatan penuh dari V4 R dimana bantuan elektronik hanya hadir di gigi satu. Mode “LOW” akan mengurangi tenaga hingga ke 160 tenaga kuda untuk membuat superbike ini lebih cocok dan nyaman untuk dikendarai di jalan raya.

Sistem Engine Brake Control Panigale V4 R 2023 menggunakan generasi EVO 2 yang memungkinkan penyetelan gigi demi gigi dengan pengaturan pengereman engine di tiga tingkat. Lalu ada juga Ducati Quick Shift yang disempurnakan dan dioptimalkan untuk menghasilkan perpindahan gigi yang mulus baik dengan bukaan throttle sebagian atau penuh.

Untuk suspensi, Panigale V4 R 2023 masih mengandalkan brand Ohlins dimana untuk suspensi depan NPX25/30 travelnya naik 5mm. Selain itu, perubahan pada posisi pivot lengan ayun meningkatkan ketinggian bagian buriran motor sejauh 2 cm. Perubahan ini akan menaikkan titik CoG dengan tujuan meningkatkan kelincahan. Selain itu, kekakuan shock belakang telah dikurangi dari 105N/mm menjadi 80N/mm untuk membantu stabilitas.

Liverynya juga baru, dengan kehadiran nomor start putih dengan tulisan “1” tebal di kedua fairing samping dan di front cowl depan. Velg berwarna hitam dan tangki bahan bakar brushed alumunium yang memiliki kapasitas 17 liter. Secara aerodinamis, winglet mengunakan model baru, sama seperti yang terlihat pada V4 standar yang diumumkan beberapa bulan lalu.

Dibandingkan winglet terdahulu, winglet baru ini sedikit lebih ramping dan memiliki bilah sayap ganda dengan kehadiran slot antara bidang atas dan bawah. Ventilasi ekstraksi di bagian bawah fairing juga diperbarui agar sesuai dengan standar WorldSBK. Wahhh . . . Tahun depan Bautista bisa tambah gahar dong karena basis motornya saat ini makin sangar?  – Taufik of BuitenZorg | @tmcblog

 

23 COMMENTS

  1. kalo kyk gini, tahun depan Bautista makin ga tersentuh lagi, fix gw salahin pabrikan Jepang yg ga niat catch up dgn upgrade motor mereka,

    • Balik lagi mau dibawa kemana arah kejuaraan WSBK sendiri ketika motor2 yg dihomologasi gak cuma 50% MotoGP bike tp udah 75% MotoGP bike ky Panigale 1 ini
      Gak perlu juga sangsi ke merk jepun ky yg lu omongin, bikin pesawat aj mrk udah dr jaman jebot kok

  2. anjay buat mesin habis habisan buat menjuarai wsbk dan motogp. mau rebut kejayaan mesin jepang…apakah Y,K,H bakal diam saja. kita simak terus.

  3. Rea pasti nyesel bertahan di Kawasaki, mana rumornya ZX10RR baru paling pagi baru nongol di oktober 2023. sementara V4R yg baru lahir 2019 update mulu tiap taon. pabrikan Jepang selain Honda emg ga niat all out di wsbk, bikin motor spek gitu2 doang, divisi balapnya cuma dilimpahin ke workshop yurop, update jg secara independen bukan dari pabrikan langsung, maka part yg di update bukan part vital yg hanya boleh diupgrade oleh level pabrikan (baca=part yg wajib standar kaya jeroan blok ama kop).

  4. Gak setuju winglet nya, kenapa gak close kayak motojipi, semoga direcall dot mamarika, please jangan sampe dilolosin homo lo ga si WSBK nya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.