TMCBLOG.com – Balapan MotoGP Philip Island selalu menjanjikan Balapan Grand Prix yang membuat banyak berita utama dan  sejarah. Sejarahnya adalah tujuh pebalap teratas menyelesaikan balapan dalam jarak satu detik – 0,884 detik lebih tepatnya. Ini dalam sejarah statistik MotoGP juga Menjadi Balapan dengan Finisher sepuluh besar terdekat kedua yang pernah ada. Alex Rins (Tim Suzuki Ecstar) merengkuh kemenangan emosional. Marc Marquez dipaksa untuk puas di urutan kedua namun berhasil mengamankan podium ke-100 di kelas premier dan Menjadi Pembalap ke-4 dalam sejarah yang menorehkan hal ini setelah Rossi, Lorenzo dan Pedrosa. Francesco Bagnaia Finish di posisi ketiga setelah balapan yang kencang dan Menunjukan Talentanya

Selain drama kebahagiaan, Juga ada drama kepiluan seperti bagaimana Fabio Quartararo yang kembali harus mencicipi kenyataan Tanpa Point dan memperparah catatan Zero Point buat tim Pabrikan Yamaha Untuk yang kedua kalinya di Musim 2022 ini.  Selain Quartararo kepiluan juga hadir di Sisi Jack Miller dimana Ia dipaksa DNF setelah Alex Marquez membuat Roda belakang RC213Vnya Nge-lock dan tak kuasa untuk menabrak Miller di Tikungan dimana Dua hari sebelumnya baru saja dinamakan atas namanya . . sungguh sebuah Ironi. Namun Jack adalah Salah satu pembalap dengan kebesaran hati. Ia Menyatakan bahwa ia tak memiliki alasan untuk marah ke Alex Marquez yang akhirnnya dihukum Long lap Penalty di GP Sepang akhir pekan ini.

“Untuk apa memiliki perasaan itu? Pada akhirnya, kita semua di luar sana berusaha melakukan yang terbaik. Saya mengerti dia mungkin sedikit terbawa suasana saat mencoba melewati Marini, tapi Anda tahu kita semua pernah melakukan kesalahan. Saya pikir dia sama hancurnya dengan saya karena tidak dapat menyelesaikan balapan tetapi jangan salah paham, ini adalah grand prix kandang pertama saya setelah tiga tahun dan jelas bukan cara yang saya inginkan untuk menyelesaikannya.”

Pendulum beralih Ke arah Pecco dalam Upaya Perebutan gelar Juara dunia MotoGP 2022. Pecco Memimpin Championship sejauh 14 Point dari kejaran Quartararo. Jika Pecco ingin Mengunci gelar Juara dunia 2022 di sepang Paing tidak ia bisa menjauhkan Fabio Quartararo sebanyak 11 Point . . Yes kenapa 11 bukan 12? Karena Sejauh ini jumlah kemenangan Pecco (6 kali )  lebih banyak dari Quartararo (3 kali ) dan angka ini tidak bisa dikejar Oleh Quartararo dalam dua balapan tersisa. Apakah prediksi marc Marquez Yang pegang Pecco jadi juara dunia 2022 akan terbukti ?

Namun Karena Secara umum dua Balapan akan Memberikan maksimum 50 point maka masih ada 4 Pembalap yang Peluang Menjadi juara dunia 2022 -nya masih ‘ Hidup ‘ ; Peco, Quartararo, Aleix Espargaro dan Bastianini. memapas Jarak 14 point dalam dua Balapan ke depan adalah hal yang tidak Mudah Buat Quartararo. Mungkin Sepang Kansnya masih 50-50 antara Inline4 dan V4 . . namun melihat Bagaimana Ducati menguasai Podium Valencia 2021, Maka Valencia 2022 bisa jadi Masalah Paling Berat buat Quartararo. “Sekarang kami perlu membalik halaman dan kami hanya memiliki satu pekerjaan dan ( itu adalah ) berusaha untuk menang,” kata Quartararo di Debrief pasca race. “Ini akan menjadi pekerjaan terberat dalam karir saya, tapi saya siap untuk memperjuangkannya.”

Ketika didesak, Quartararo menolah Bahwa ia tertekan seperti yang terjadi di 2020 dimana Championship akhirnnya melayang ke Joan Mir “2020 adalah [karena] secara mental dan teknis, dan sekarang saya tidak merasa bermasalah secara mental. jadi secara mental saya tidak merasa ini seperti tahun 2020. Saya hanya mencoba melakukan yang terbaik dan saya terlalu berlebihan dan risiko melakukan kesalahan sangat dekat. Jadi itulah yang terjadi hari ini.”

Sementara itu Bagnaia Menilai Bahwa Potensinya di Sepang cukup baik, Namun tak akan ada strategi Khsus nanti di sana “Saya pikir Sepang adalah trek yang cocok dengan motor kami, ada banyak tikungan lambat dan pengereman, jadi kita akan memiliki sesuatu. Pengereman kami kuat, hari ini misalnya saya melewati dua pengendara di tikungan 4 dan itu meninggalkan rasa yang enak di mulut saya. Saya pikir kami akan dapat memanfaatkan semua kekuatan kami, tetapi sepang juga trek yang sangat kritis dengan ban. Ini akan menjadi Grand Prix yang penting, tentu saja. Tapi saya akan mencoba untuk mempertahankan pendekatan yang sama yang saya gunakan sejak musim panas. “

Sementara itu Aleix espargaro Berjarak 27 Point dari Bagnaia . . dengan fakta ini Mau nggak mau Di Sepang Ia harus finish di Depan Bagnaia Jika mau terus menghidupkan Asa Championship 2022nya. namun begitu pasca Phili Island Aleix Terlihat Cukup ‘Frustasi’ sampai sampai agak sedikit  menyimpulkan bahwa paket dirinya dan Motor 2022 belum cukup untuk membawa kemenangan.

Ducati yang sudah mengunci gelar Manufaktur semenjak lama semakin memperlebar jarak dari kejaran Aprilia. Smenetara itu Yamaha di Posisi tiga diikuti KTM, Suzuki dan Honda.

Ducati lenovo diambang Juara team. Butuh 90 point Jika Ducati Lenovo mau Mengunci gelar Juara team di Philip Island, Karena jarak Tim Pabrikan MotoGP ini dengan Aprilia adalah 84 maka Match Point dilanjutkan di Sepang dimana Ducati hanya butuh menjaga jarak Point Minimal 45 Point dengan Aprilia racing pasca Balapan di malaysia nanti.

Sementara itu Marco Bezzechi sudah tak terbendung. ia berjarak 70 Point dan jelas ini tidak terkejar Oleh Di Gia.

Pasca Philip Island, bastianini berhasil memperlebar jarak dari Zarco, namun Jarak 32 belum cukup Bagi pembalap yang tahun depan akan pindah ke tim Pabrikan Ducati ini untuk menyegel gelar Pembalap Satelit/ Independent terbaik di Sini. Namun Tugas di Sepang akan lebih Leluasa karea dengan Modal jarak 32 point, Berstia minimal harus menjaga Jarak 25 point pasca race di sepang nanti untuk jadi Pembalap satelit terbaik MotoGP 2022.

Prima Pramac diambang Juara team Independent. Butuh 90 point Jika Pramac mau Mengunci gelar Juara team Independent di Philip Island, Karena jarak Tim Pabrikan MotoGP ini dengan Gresini adalah 81 maka Match Point dilanjutkan di Sepang dimana Pramac hanya butuh menjaga jarak Point Minimal 45 Point dengan Gresini pasca Balapan di Malaysia nanti. @tmcblog

63 COMMENTS

    • Pertamax skrg sekelas pertalite.
      Kasian miler padahal kemarin sudah semangat mau ikut perebutan jurdu tp harus pupus krn kena kang seruduk baru, terlihat kecewa bgt habis jatuh.
      Pak rt kalau melihat performa bakal sulit, cuma bisa berharap keajaiban saja.
      Taro bakal susah dengan bertambah pinternya picolo menahan emosi yang saat ada tekanan untuk mengamankan poin dan terbukti saat last lap kena ot dia gak ngoyo seperti yg sudah2 dan berujung crash.

      • miller diseruduk alex markez karena alex yg tahun depan keducati dapet perintah baginda untuk menyingkirkan miller yang tahun depan naik ktm, karena bisa jadi miller jadi batu sandungan bagiono utk perebutan gelar jurdun, begitu kira2 konspirasi tingkat kecamatannya

        • Pucuk klasemen 233 poin ÷ 18 seri = 12,9 poin/seri

          Finis P4 = 13 poin..

          Belum ada alien baru…
          Konsistensi adalah kunci..

  1. jika quartararo bisa mengukur sampai ke Valencia mka ada harapan dia jurdun scra Ducati kurang bagus dsna, tpi melihat Desmo musim ini dan karakter sirkuit Sepang, mka sangat bisa bagnaia juara dsna

  2. ngeri ya Ducati musim ini, dari 4 tim ny bhkan tim terbawahny msih lebih unggul dari tim sebesar Repsol honda. apkah kejayaan pabrikan Jepang sudah berakhir??

    • repsol honda kan awalnya emng struggle, dan bisa comback itu juga ada marquez. coba aja marquez ga crash di mandalika, mungkin bakalan lain ceritanya.. dan masih banyak faktor yang lain.

  3. Sekali lagi membuktikan bahwa FIM dan Dorna inkonsisten, Alex dihukum long-lap penalty tapi insiden serupa kemarin dengan Nakagami clear tanpa hukuman, race incident…

    • dilihat dlu penyebabnya..wkwkw kl asal ada yg nyrudug dipinalti ya amsyong lah.. marq nyeret nakagami krn ban motornya keganjel winglet taro yg nubruk marq dr blkg, nah apa taro jg hrs pinalty ? ya gak kan? benci boleh…buta jangan..wkwkw

      • Wajar sih …
        Bagaimanapun juga, MM-93 akan tetap dibenci oleh kelompok/ komunitas tertentu.

        Ini sudah terlanjur menjadi fakta sejarah di ajang balap motoGP, yg akan tetap dikenang.

        Coba saja lihat dan buat tabel dan rankingnya, momen-momen apa saja yg paling dikenang di ajang balap motoGP ini ??

    • Stan ,,,ente lagi ente lagi,,ente itu bodoh atau apa,,udh dijelasin race incident masih ngungkit lagi masalah ini,,dibilang benci marquez ngelak

  4. Gaya nikung Alex Rins oldskool bgt
    mirip era awal 90an, mbah kevin pake lucky strike suzuki
    ini emg karakter motor atau emg gaya nikung alex??

    • inline merajai v4 itu kalo semua ato minimal mayoritas inline didepan V4. nyatanya cuma sebiji, itu jg bikin sport jantung bagi penggemar Suzuki. dibanding faktor inline, ini lebih ke faktor Alex itu sendiri. nah pertanyaannya mengapa Alex bisa sebuas itu ditengah kepungan Ducati, klo Marquez semua udh tau lah siapa Marquez.

    • Kemarin kalo ga salah denger/mengartikan dari komentator simon crafar, suzuki update part/setting baru khusus PI, dan ternyata works

  5. ngeliat tren Quartararo yg bukannya menguat tapi malah menurun di tur Asia, gua ga bakal bilang kesempatan dia udh abis sih. tapi dgn selisih poin langsung jauh begitu ditambah cuma sisa 2 seri dan di sirkuit yg harusnya Quartararo bisa balik kompetitif malah ga finish, maka gua kira penggemar Quartararo harus mulai nerima kenyataan seandainya gagal pertahanin jurdun. liat race kemaren maka ga bisa jg dibilang Piccolo nantinya jurdun krn bantuan rider laen, nyatanya Piccolo sendiri yg berhasil ngasih pressure ke Quartararo disaat genting. jadi ya, bukannya ga mungkin tapi kans Quartararo udh auto tipis. masih bisa jurdun tapi syulit. di Valencia okelah dia mgkin bisa 1 ato 2 posisi didepan Piccolo, tapi itu ga akan berarti apa2 kalo Quartararo masih acakadut di Sepang.

    • saya sudah menerima kenyataan bro, wkwkwk
      toh dr kemaren2 gw udah nyatakan kalo Pecco emg layak mendapatkan gelar, krn emg karakter development nya bener2 luar biasa, comeback paruh musimnya salah satu yg terbaik menurut gw, semua itu bisa dicapai bukan semata-mata krn factory order (toh selama ini yg baru paling jelas keliatan ada di seri Buriram) tapi murni skill dan mentalnya Pecco juga berperan penting, bayangkan kalo Pecco nya bapuk, mau dibantu 23 rider pun kalo dianya bapuk ya bapuk aja, seperti paruh awal musim ini,

    • menurut gw ada dua sirkuit yg menjadi beban besar Fabio di championship, atau bisa dibilang sirkuit yg seharusnya jadi ladang poin Fabio tapi hangus krn ga bisa maksimal di panen, yaitu Assen dan Silverstone, setelah itu entah kenapa tren doi menurun alon2,

  6. Parah sih Fabio bisa blunder beruntun begitu, harusnya udah juara dunia eh malah zonk. Buat Aleix semoga aja mampu posisi 2 diklasemen akhir.

  7. “Ducati cup”, memang cocok julukan itu jika melihat data klasemen tsb.
    Sebenarnya kemaren itu di moto2 ga kalah hot, yg lagi terseok-seok bisa menyelesaikan balapan dan dapet poin, dan yg seharusnya bisa memperbesar gap poin malah gagal finish, i’ini parah sih hahaha..

    • ya karena keberhasilan ducati yg begitu dominan di semua kategori makanya dijuluki ducati cup, itu bisa merupakan pujian ducati bisa merupakan sindiran buat kejuaraan
      1. Klasemen world champion
      2. Klasemen tim
      3. Konstruktor
      4. Rookie of the year
      5. Klasemen tim dan pembalap independent
      Ducati semua.

    • Seperti yg MM-93 bilang, motor Ducati saat ini adalah motor yg berada di dunia lain.
      Semua pembalap Ducati punya kans yg hampir sama untuk bisa juara seri atau podium.

      Namun pembalapnya tidak ada yg konsisten, peluang DNF atau ndlosornya juga tinggi.

  8. mental ga masalah, masalah di motor, sama kyk pembalap tumpul ga tumpul tajam ga tajam, mentalnya udah kembali sayang motornya bukan set up yg cocok buat dia.

  9. Sebenarnya yang dikhawatirkan oleh FQ sejak awal musim, terbukti dengan sendirinya.., kenapa diawal musim dia sangat ngotot, harus bisa masuk zona podium atau paling tidak min. Masuk zona point,
    Karena disisa akhir musim setelah summer brake, biasanya perform M1 motornya dikhawatirkan menurun & memicu mental dia juga pd akhirnya.., dan ini benar terjadi… Next kalau sudah zero point 2 seri seperti ini, sulit untuk membalik keadaan lagi… Dari raihan keunggulan 91 poin, kemudian tertinggal 14 poin, lalu zero point 2 seri berturut2 karena perform motor, kesalahan kru serta dirinya, pasti pengaruh ke mental FQ bgt sih, dan mungkin sepertinya titel kejuaraan Ducati Cup tahun ini tidak bisa dimenangkan oleh pebalap sekelas FQ bersama Motornya.

  10. “catatan Zero Point buat tim Pabrikan Yamaha Untuk yang kedua kalinya di Musim 2022 ini”…

    Jika FQ dnf, maka kemungkinan zero point bagi yamaha sengat besar..
    Tahun depan dengan hanya mengandalkan FQ dan FM, peluang zero point akan semakin besar ..

  11. ban versi lawas emang oke diajak ngesot ngesot cantik, lumayan bikin nostalgia lah, good job dorna 👍

    dan masalah lama yamaha langsung kambuh

  12. Marquez ini memang kayak kartu Joker,biasanya siapa yg dia pegang,itu yg menang

    mungkin tujuan dia pegang pecco agar,saat dia nanti bisa fighting for the championship dia akan melawan 3 juara dunia MotoGP dimana itu akan terlihat lebih seru dan berkesan mendalam karena para juara dunia yg lama udah pada pensiun,tapi dgn masing2 1 gelar tidak ada yg merasa paling dominan selain Marc yg multi gelar mungkin bisa digunakan untuk menekan moral atau mental saat keadaan semakin panas

    • itu yg sdh sy koar²kan dr kmrin² bro.. marq lbih dkung peco salah alasanya mgkin spt itu.. biar fq20 mentalnya gak smkin kuat krn back to back jurdun shg taun dpn bs lbih mudah diatasi.

    • Ini nih, bener bgt, gua bulan September-oktober ini beberapa kali keliling dari Bekasi, jateng, jatim, Bandung krn 4 anak buah nikah dan mereka dapet istri mencar semua. di 4 daerah yg gua kunjungin ujan semua bahkan ampe internet hotel ada yg keganggu wkwkwk Asean lg ekstrim cuacanya. kalo Piccolo ga jauh2 dari podium dan Quartararo malah pake mode kucing, ya Piccolo harus siapin kaos jurdunnya.

  13. terlepas juara & dramanya,
    seperti kata bradl, honda akan full kacamata kuda & headset kuda
    hanya marq yg akan dilihat & didengarkan
    gila memang pertama kali turun pasca operasi ke 4, pakai motor bukan development dia.. jadi terbaik diantara semua honda
    sekarang malah P2 hihihi

  14. semua kategori championship klas GP kandidatnya ducati semua, butuh 10 tahun buat ducati bisa dominan kaya gini setelah aturan di 2010an awal yang banyak ngakomodir ducati dan kedatangan GGD buat rombak ducati
    fun fact semua tim yang pake ducati dapet “jatah” juara di kategori ROY tim VR46, rider independent Bestia calon kuat tim gresini, tim independent pramac, tim pabrikan dapet konstruktor, best team umum, sama rider WC calon kuat.
    bahkan sekelas HRC pun belum pernah sapu bersih kaya gini.
    fun fuct lain selama marc ngepoor/off 3 musim masing2 pabrikan semacem dapet “jatah” buat jurdun setelah sebelumnya di dominasi HRC repsol honda wkwkwkkk
    menarik kalo taun2 kedepan marc bakal dominan lagi seenggaknya 2-3 taun karna taun depan marc usia 30 kalo sampe 2025 brati dia udah 33 tahun, bisa jadi masih kompetitif sampe 35 cuma gak ada yang tau, tapi kalo mau kejar rekor 3 taun ke depan marc wajib kaya musim sebelum pandemi

  15. MANTAB! Ducati juara dunia 2022.. hey kamu yg mental lemah, harusnya sebelum poin di overtake main lepas saja karena 99% sudah pasti akan lepas gelar, ini malah beban mental.. YFR blunder(?) perpanjang kontrak 2 musim, percuma yg paling bisa kuasain motor tapi mental lemah, atlit kok lemah 👎🏻

    • bukan masalah lemah,bayangin aja di kepung 8 monster trus yg dikepung hanya se ekor bebek yg hanya main solo lagi,mental siapa yg kuat 😁

    • mesinnya jg gak ada harapan sih,karena belum dapat sentuhan marmorini
      digass sampe mentok sama FQ pun kena seblok pasukan duc lain juga,gimana gak makin capek hati?

  16. 2022 ini seperti deja vu 2007, dimana Yamaha vs Ducati (ditambah Aprilia yg cukup kompetitif) aktor utamanya, dan Ducati waktu itu menang karena lebih kompetitif secara mesin

  17. ducati mantul calon terkuat jurdun,,,buat yang gak trima di pecundangi ducati,mendingan berhenti nonton gp dan nonton master cheef aja

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.