TMCBLOG.com – Yamaha eropa baru saja merilis sosok Yamaha R125 baru untuk Model year 2023. Ketika Yamaha meluncurkan R125 pertama pada tahun 2008 motor ini terus membawa desain dan teknologi Supersport canggih ke kelas lisensi A1 125cc. Varian ini juga terus menerus Menetapkan standar baru untuk performa yang mendebarkan, kelincahan penanganan, dan gaya agresif. Dan kali ini R125 juga mencoba terus mempertahankan karakternya ini dengan beberapa Part baru yang bisa menjadi ‘clue’ untuk pengembangan R15 atau R15M di Indonesia ke depan.

Secara fisik barik Bodywork, Sasis, Roda, Swingarm dan Body belakang ..  Bisa dibilang New R125 MY2023 memiliki desain yang mirip dengan R15 dan R15M di Indonesia. Namun ada beberapa part yang terkesan lebih berasa upgrade dibanding R15 disini.

Suspensi depan KYB 41mm upside down front forks yang support kaliper rem radial dan Tentunya Kaliper Radial adalah hal yang sudah ada semenjek generasi R125 seanjutnya. Sementara ada dua Part yang juga menarik sob . .

Yang Pertama hadir di Dashboarnya. R125 baru MY2023 menghadirkan Layar Dashboard instrumen TFT 5 inci Full Colour terbaru yang terinspirasi oleh R1.  Dua tema grafis yang berbeda ditampilkan: pengendara dapat memilih tema ‘STREET’ atau tema ‘TRACK’ untuk menyesuaikan dengan situasi berkendara yang berbeda.

Tema ‘STREET’ menampilkan speedometer digital pusat dan takometer tipe batang serta susunan di bagian bawah yang mencakup lampu peringatan flasher/sinar utama/suhu. Tema ‘TRACK’ adalah tata letak yang lebih terfokus yang menampilkan pengatur LAPTIME dengan memori 25 putaran dan tachometer tipe bar di atas – memberikan informasi penting kepada pengendara saat mereka berada di sirkuit balap.

Kedua tema layar menampilkan lampu shift yang dapat diprogram di bagian atas layar – dan tema ‘TRACK’ menggabungkan rentang meteran rpm yang dapat diprogram, memungkinkan pengendara untuk menyesuaikan visual agar sesuai dengan gaya berkendara dan preferensi individu mereka. Dan sudah Connected tentunya sama seerti R15 Indonesia

Secara umum, Keseluruhan nuansa dan tampilan kokpit R125 ditingkatkan ke tingkat yang sama sekali baru dengan instrumen TFT 5 inci yang baru serta klem triple T atas berkualitas tinggi yang desainnya terinspirasi R1. Setang clip-on R15 baru ini dilengkapi dengan sakelar ergonomis baru yang terinspirasi R1 yang memungkinkan pengendara untuk mengontrol berbagai fungsi secara intuitif termasuk tema layar TFT baru. . . wahhhh, akankah benar benar jadi Clue Buat R15/ R15M Tahun 2023 ?

Taufik of BuitenZorg | @tmcblog

39 COMMENTS

    • menurut ane sih yg paling besar pengaruhnya karena konsumen makin bergeser ke matic kaki rapat,bukan karena desain ini jelek, desain kemarin bagus ato gimana

      • Setuju.

        ada 1 lagi yg minor sih, v4 memang udah ada improve sedikitttt banget biar ergonominya lebih harian-able daripada v3 nya

        Cuma masih kurang wkwk. Bongkak bongkok tapi ini mesin 150an cc doang, dipake harian mw ngegas senapsu apa juga masi tetep kelihatan sama mata ehehe

      • gua gatau sih mana yg duluan antara R15 ama R7, tapi yg jelas di yurop sejak R15 ama R25 pake bodi mirip R6 jg media yurop beritainnya terinspirasi dari R6 jg, ga bahas bahwa desain itu ‘dibikin’ di Indonesia. yg gua tekanin adalah itu bodi kan awalnya didesain utk pasar Indonesia, tapi media Yurop kaya aib gitu nyebut bahwa mocil yg beredar di benua mereka awalnya dibikin/didesain buat pasar Indonesia, lebih suka nyebut ke kelas atasnya. begitu bahas motor yg ga beredar disana kaya cbr250rr baru dah nulis gamblang Indonesia, coba sedari awal cbr250rr jg dipasarin di yurop maka beritanya ga akan nyebut Indonesia pasti dibilang desainnya terinspirasi cbr650 jg kan?

        • Setau saya duluan R7 kang, saat artikel tmcblog mengulas R15 V4 india komen pada muji kemiripan dia sama R7.

          Oh gitu, makes sense kang.

      • R6 ngikutin R25 concept
        R25 v2 ngikutin R25 concept
        R7 ngikutin R25 v2
        R155 ngikutin R25 v2

        disain awal dah ada dari 2013 saudara-saudara

    • R155 v2 kan dari india kang, spyshot bahkan launchingnya R155 v2 di india dulu baru dibawa ke indonesia. setau gw R155 v1 baru dari indonesia terus dibawa ke india.
      R155 v1 indonesia terinspirasi R1
      R155 v2 india terinspirasi R7

    • itulah knp gw kasih tanda petik, bukan secara leterlek gua bilang dibikin dimari tapi udh gw terusin di kalimat lanjutan gw, bahwa awalnya dibikin utk pasar Indonesia. lagian mau dimana dulu spyshootnya, intinya fokus itu motor ya antara India ato Indonesia kan? lagipula gua yakin di fairing itu R155 ada emboss YIMM, bahkan fairing R125 jg kemungkinan itu fairing impor dari YIMM. mgkin gw kaya GSXR125 yg impor utuh dari Suzuki Indonesia krn faktanya R125 speknya selalu lebih tinggi dari R15, tapi minimal di common part hampir ga mgkin produksinya disebar.

    • Menurut saya kalo semua part jalanannya dicopot, lebih cantik yg lama dibanding yg baru ini.

      Tapi kalo road legal partnya dipasang, cakepan yg baru.

    • Kalau biasanya di mocil dia ngurangin ukuran bore biar cc nya lebih kecil tapi stroke panjang masih dapat, GSX ini malah pake metode kebalikannya ala mesin mobil dimana bore tetep, tapi stroke dikecilin.

      Di 150cc aja torsi rpm rendah rada berasa kurang, apalagi di 125 yak, kudu mantengin di 7000rpm+ kali

  1. Jaman ketika motor sport kecil di Indo cuma ada RX King atau paling mentok RGR discontinued dan Ninja atau NSR, lihat motor2 Eropa 125cc udah dimasukin ke kategori “moge”. Macam Mito 125 atau RS125, limbah kaki-kakinya sering diburu modifikator.
    Ngeliat foto2 di atas auranya seperti kembali ke jaman2 itu, padahal ini motor bergentayangan di jalanan sini juga. Angle fotografinya bagus.

  2. selayaknya diganti Model Handgrip Corak yang didesain oleh VR46 dari awal R15 V2 hingga New Vixion/Mio 125/Nmax/R25 semua rerata pakai grip corak ini.Bosen sudah selayaknya diganti corak terbaru

  3. coba yang terinspirasi dari r1 itu mesin nya, jangan cuma pernak pernik saja. kayak misalnya pakai konfigurasi 4 silinder, jeroan material tinatium. kan lebih mantap.

  4. Asli ini R15 v4 bener2 mewakili selera saya terhadap motor sport fairing 150cc
    Mulai dr body, sasis dan kaki kaki yang keren
    Good job desainer yamaha buat R15
    Tapi saya lebih milih nyimpen CBR old karbu thailand 🙂

    • Aduh kalo motor H buatan thailand mah gak udah dibahas.

      Ditengah hingar bingar pemberitaan kelas 150cc GSX, R155, dan CBR operstruk yg saat itu otw facelift (aka tampangnya dimirip-miripin ama versi 250), sekelas blogger top indonesia wak haji malah belinya motor seken CBR CBU livery casey stoner.

      Silakan disimpulkan sendiri 😁

      • Ya padahal kalo cbr thai injeksi itu dalam kondisi baru disuruh adu sprint sama r15v4, gsx, saya yakin ga bakal jadi paling depan juga

        cuma ya… aura yg dibawanya pada zaman itu memang luar biasa

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.