TMCBLOG.com – Safety Officer FIM Franco Uncini yang akan merayakan ulang tahunnya yang ke-68 pada 9 Maret 2023,  mengumumkan pengunduran dirinya untuk pensiun di GP Valencia 2022 ini. Uncini mengambil alih tugas ini dari official FIM asal Belgia, Claude Danis pada tahun 2013 dan sejak saat itu ia telah memberikan kontribusi besar untuk keselamatan di lintasan balap di seluruh dunia sebagai anggota Race Direction.

Franco Uncini sedang Ngecek Gravel mandalika ketika Homologasi

Selama sepuluh tahun, Franco Uncini bertanggung jawab atas homologasi trek GP sesuai dengan peraturan Grade A dari asosiasi sepeda motor dunia FIM. Selama periode ini ia telah memeriksa banyak sekali lintasan balap baru seperti Termas de Rio Hondo, Sirkuit Internasional Chang, Sirkuit Amerika, Red Bull Ring, MotorLand Aragón, Sirkuit Losail dan Sirkuit Jalanan Mandalika dan membuatnya cocok untuk GP atau memodernisasinya.

Banyak trek lainnya juga telah secara bertahap dihaluskan dan disesuaikan dengan standar keselamatan terbaru berkat tangan dinginnnya. Baru-baru ini, Franco telah berkontribusi dalam homologasi trek GP baru Sirkuit Sokol (Kazakhstan) dan Sirkuit Buddh (India).

jauh sebelum kontribusinya di FIM, Franco Uncini dikenal sebagai pembalap dimana dari tahun 1976 hingga 1985 ia mengikuti tidak kurang dari 80 balapan kejuaraan dunia sepeda motor. Dia memulai di kelas 250 dan 350cc, bahkan menjadi pebalap Harley Davidson di kategori ini pada tahun 1977 dan Menjadi Juara Dunia 500cc tahun 1982  bersama Suzuki.

Menurut catatan yang dihimpun, Uncini yang juga merupakan salah satu dari deretan MotoGP Legend, juga pernah mengalami beberapa kecelakaan serius saat menjadi Pembalap aktif, misalnya pada balapan Kejuaraan Dunia 350cc 1977 di Salzburgring, di mana pembalap Swiss Hans Stadelmann meninggal dan Dieter Braun, Johnny Cecotto dan Patrick Fernandez juga terluka parah.

Uncini Juga pernah absen dalam keadaan koma selama berhari-hari setelah kecelakaan di GP Assen 500cc pada tahun 1984 ketika ia bangkit setelah jatuh dan ditabrak oleh pebalap Pabrikan Rothmans Honda Wayne Gardner yang mengikutinya.

Mengingat Usianya yang hampir 68 tahun dokorelasikan dengan banyaknya balapan luar negeri yang melelahkan, Uncini kini telah memutuskan untuk pensiun. Awalnya banyak yang memperkirakan bahwa juara dunia tiga kali Loris Capirossi (49) lah yang akan  mengambil peran sebagai “FIM Safety Officer”.

Namun akhirnnya FIM menunjuk Bartolomé Alfonso Ezpeleta, Manajer Umum RacingLoop dan sebelumnya Direktur Sirkuit Losail International Circuit dan MotorLand Aragon, sebagai personal yang akan mengambil alih tugas Franco Uncini di masa mendatang. Kepo sama nama Keluarga ‘ Ezpeleta’ nya ? Yes menurut Info Jurnalis Mat Oxley, ia adalah Keponakan dari Carmelo Ezpeleta, CEO Dorna sport yang artinya juga Sepupu dari Carlos & Ana Ezpeleta juga – Taufik of BuitenZorg | @tmcblog

12 COMMENTS

  1. seperti halnya wong jowo yang kebanyakan namanya diakhiri dengan huruf O, secara kebetulan semua jurdun motogp asal Italia namanya diakhiri dengan huruf I.
    Besok kalo 63 sukses jadi jurdun, dia jadi satu-satunya yang berakhiran huruf A.

  2. Ezpeleta nya ga dibawa wak ??? wkwkwk, lagi kontroversi itu di Twitter, dibilang nepotisme, tapi kalo kata Simon Crafar doi emg orang yg tepat utk menjabat FIM safety officer, krn emg udah punya pengalaman,

  3. Kakek Spencer kapan nih Kakek Spencer

    karena ini soal safety comission yg membutuhkan mata dan pikiran yg awas,jangan sampe kayak Joe Abidin orang yg sebenarnya udah gak pantas tapi dipaksa mengemban tanggung jawab besar,akhirnya dunia diujung PD3

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.