TMCBLOG.com – Pabrikan sepeda motor premium Ducati hari ini mengumumkan peluncuran produk baru mereka, Ducati DesertX. DesertX adalah motor bergenre off-road trail adventure yang secara efektif sanggup memperluas batasan-batasan yang bisa dilakukan oleh sebuah motor Ducati. Sebut saja trek alam liar seperti gurun pasir berbukit batu cadas, jalur off-road single track di pedalaman hutan yang sempit, jalur berkerikil batu di pedesaan, dan juga tikungan jalan di pegunungan, dengan DesertX mimpi untuk menjelajahi segala medan tersebut dapat dengan mudah diwujudkan.

Dilengkapi dengan roda depan 21 inci dan belakang 18 inci, DesertX baru telah dirancang untuk mengatasi medan off-road yang paling berat sekalipun. Pengembangan yang dilakukan berfokus pada off-road dan disesuaikan dengan keahlian Ducati dalam menciptakan motor jalan raya sehingga memberikan hasil motor yang responsif, mudah dikendarai serta  nyaman di segala rute baik off-road maupun aspal. Desain DesertX mewakili interpretasi kontemporer dari garis desain sepeda motor Enduro tahun 80-an, yang dibuat oleh Ducati Centro Stile sesuai dengan kriteria esensialitas serta daya tahan.

Secara visual motor ini terdiri dari 3 elemen makro: Bentuk keseluruhan terlihat unik yang mencakup tangki dan pelindung samping, Jok dan kaca depan yang menyatu dengan lampu utama ganda yang khas semakin memperkuat keunikan motor ini. Selain itu, penekanan gaya diberikan dengan penggunaan aksen berwarna hitam dan putih. Permukaan yang bersentuhan dengan pengendara dibuat berukuran besar agar terhubung secara harmonis yang mana dapat mendukung seluruh kegiatan berkendara off-road dengan lebih baik.

Tata letak sasis Ducati DesertX baru mencakup rangka teralis dengan bahan yang baru, dikombinasikan dengan suspensi yang memiliki langkah panjang dan dapat disetel. Dari hasil optimalisasi semua komponen tersebut menghasilkan motor yang efisien, dimana semuanya dikemas sehingga memiliki berat hanya 202 kg (berat kering). Pilihan dalam hal sasis menjadikan DesertX motor yang mudah dikendarai dan mampu memberikan rasa & keamanan yang tepat pada permukaan apa pun. Pengembangan ergonomi dari motor DesertX dilakukan pada sesi uji off-road dan aspal yang panjang dan berat. Triangulasi Jok – pijakan kaki – stang memberikan posisi kombinasi terbaik saat berdiri serta memiliki tingkat kenyamanan yang tinggi. Posisi jok memiliki tinggi 875 mm. Ketinggian jok masih dapat dikurangi dengan Aksesoris resmi dari Ducati yaitu Lowered Seat dan juga Lowering Kit.

Kemampuan untuk melakukan perjalanan panjang didukung oleh kapasitas tangki bahan bakar sebanyak 21 liter, serta jika diinginkan dapat ditambahkan tangki ekstra (dijual sebagai aksesoris) sebesar 8 liter pada bagian belakang motor. Perpindahan bahan bakar dari depan ke tangki belakang akan aktif ketika tingkat bahan bakar di tangki utama berada pada level tertentu dan dapat diaktifkan dari dashboard.

Mesin Testastretta 937 cm3 berkatup Desmodromic Testastretta 11° dan berpendingin cairan adalah inti dari DesertX baru. Mesin ini memiliki karakter dalam keandalan yang sangat baik, mesin ini menghasilkan 110 hp pada 9.250 rpm dan torsi maksimum 92 Nm pada 6.500 rpm dalam konfigurasi Euro5. Mesin ini memiliki semua pengembangan yang sudah dilakukan terlebih dahulu pada Monster dan Multistrada V2, termasuk kopling 8-bilah yang sangat ringan dan ringkas. Transmisi pada mesin ini dilengkapi dengan gear set yang memiliki bantalan untuk mengurangi gesekan serta meningkatkan kepresisian dan kehalusan saat melakukan perpindahan gigi. Hal ini juga menjadi kontribusi dalam pengurangan bobot total mesin yaitu sebesar 1,7 kg dibandingkan versi sebelumnya.

Transmisi ini memiliki rasio khusus yang berbeda dengan Multistrada V2. Rasio pada transmisi ini telah dipersingkat secara keseluruhan pada semua gigi hingga gigi kelima, untuk memastikan penyaluran tenaga yang baik dalam kondisi off-road. Gigi pertama dan kedua, khususnya, jauh lebih pendek, untuk memfasilitasi fase mengemudi kecepatan rendah pada lintasan tertentu khas penggunaan off-road. Gigi keenam cukup panjang untuk memfasilitasi penanganan di jalan raya sambil mempertahankan putaran mesin pada RPM rendah.

Sistem elektronik yang canggih menjadi alat bantu dan juga sebagai penunjang utama dalam kinerja serta keselamatan bagi pengendara. DesertX baru hadir dengan 6 Riding Mode yang bekerja dalam kombinasi dengan 4 Power Mode; Full, High, Medium, Low – yang mengubah tenaga dan daya tanggap mesin Testastretta. Fitur utama yang terbaru adalah 2 pengaturan khusus untuk mode berkendara enduro dan mode berkendara rally, selain mode berkendara lainnya yang tersedia seperti mode berkendara Sport, Touring, Urban dan Wet. Dan pada hari ini Ducati Indonesia tidak hanya meluncurkan produk saja, di moment yang sama Ducati Indonesia menunjuk salah satu petualang senior, bapak Youk Tanzil sebagai Brand Ambassador dari Ducati Indonesia. Jejak Youk Tanzil menjelajah dengan motor sudah banyak diketahui dengan program nya “Ring Of Fire Advanture”.

Eja Donalsha, Chief Operating Officer Ducati Indonesia“Dengan diluncurkan nya produk DesertX, kami yakin akan menjadi acuan baru sepeda motor offroad maupun adventure di segmen premium Indonesia. Kemampuan DesertX menjelajah sudah kami buktikan dengan mencoba nya melintasi area Bromo, Jawa Timur! DesertX akan menjadi tulang punggung penjaualan Ducati Indonesia di tahun 2023 nanti, dan Desert X kami jual dengan harga 575 Jt rupiah off the road.”

Youk Tanzil, Brand Ambassador Ducati Indonesia, “Suatu kebanggaan dan kehormatan buat saya ditunjuk Oleh Ducati Asia Pacific dan Ducati Indonesia sebagai Brand Ambassador. Saya yakin kolaborasi antara saya dan Ducati akan membawa sinergi luar biasa untuk brand Premium ini, terlebih untuk produk baru dari Ducati yaitu DesertX dimana saya akan secara langsung menggunakan nya untuk aktifitas petualangan saya ke depan nya!”

18 COMMENTS

    • kelebihan katup desmo tidak melulu di rpm atas, karena katup ini tidak pakai pegas juga merupakan keuntungan d semua rentang rpm karena beban mesin jadi sangat ringan dalam menggerakkan katup

      • “beban mesin jadi sangat ringan ?”

        what ??

        kalau gitu semua moge bakal bikin katup yg prinsip kerjanya macam desmodromic Om…..

        Lah ya bahkan mesin v4 nya yg bukan orientasi buat full power malah dibuat pake katup biasa kok

        • katup desmo itu perlu material khusus dan mahal. dan tentu sudah d patenkan ducati, pabrikan lain tentu mikir2 mau niru, kecuali mau bayar royalti

      • AFAIK kelebihan desmodromic itu sebenarnya bukan di ngurangin beban mesin, tapi buat ngurangi valve float di rpm tinggi. Klo pake valve spring biasa kasarnya dia bakal telat ‘mendal’ balik pernya, klo di mesin yg ‘interference’ klep bisa2 ngehantam piston klo udah begitu

  1. asli ini mesin boros wakk. memang bentuk nya keren sih bertemakan dakar rally, tapi mv agusta Lucky Explorer lebih bagus wakk, spek peforma mesin nya juga ngalahin ducati ini

  2. Lewat jalur tanah kuning habis hujan, yakin lancar tuh?? Karakter tanah kuning lengket, nggubel. Lihat spakbor depan model motor untuk on road, gak bakal lewat “untuk medan paling berat sekalipun”.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.