TMCBLOG.com – Gelaran WSBK Musim 2022 baru saja berakhir ditandai oleh selesainya Seri ke-12 di Sirkuit Phillip Island – Australia Kemarin. Dari tiga Balapan yang diselenggarakan di PI, dua dimenangkan Oleh Juara dunia 2022 Alvaro Bautista sementara satu lagi Dimenangkan Oleh Jonathan Rea. Dan pemenang penghargaan dirayakan dan dihormati selama Pertunjukan Pemberian Hadiah yang berlangsung di Penguin Parrade yang ikonis di Summerlands, Phillip Island.

Pada akhirnnya Jonathan Rea Gagal memanfaatkan Gelaran Seri terakhir ini untuk mengangkat Posisinya ke Runner Up. Adalah Toprak razgatlioglu yang berhasil berada di posisi dua dan menjadi runner Up Gelaran WSBK 2022 dengan perbedaan 72 point lebih rendah dari Bautista. Sementara itu Rea di posisi tiga dengan Rinaldi dan Locatelli memenuhi posisi top-5 Championship.

Secara umum Kawasaki jadi pabrikan paling banyak meraih point di Australia dengan 52 point diikuti Oleh Ducati 48 Point dan Yamaha 42 Point. Namun Posisi Top 3 Klasmeen Manufaktur akhir 2022 tidak berubah dimana Ducati memimpin diikuti Yamaha dan Kawasaki.

Berdasarkan kombinasi hasil yang diperoleh kedua pembalap dalam satu team, pasca tiga race Terakhir di PI, Ducati Aruba.it memimpin klasemen team dengan torehan 894 poin. PATA Yamaha di posisi kedua dengan jarak 91 poin lebih rendah disusul oleh KRT di posisi tiga dengan total 774 poin atau berjarak sejauh 120 poin dari Ducati. Team HRC berada di posisi empat dengan 366 poin. Di Phillip Island Ducati via team factory mereka Ducati Aruba.it pun menyegel gelar Juara team 2022.

 

Sebenarnya Di Mandalika Ducati Telah menorehkan catatan apik dengan mengatarkan pembalap yang menggunakan Panigale V4R Axel Bassani menjadi yang terbaik dalam kategori Independent Rider (pembalap satelit). Nah di Phillip Island bassani memperlebar jarak point dari Garret Gerloff menjadi 102 point.

Walau hanya dengan 1 pembalap, Motocorsa Racing makin kuat posisinya sebagai team independent terbaik  sepanjang 2022 ini dengan 244 poin. Jarak team satelit posisi dua yakni Bonovo BMW yang menggunakan dua pembalap Loris Baz dan Eugene Lavery yang berjarak 83 poin ke Motocorsa Racing.

Setelah sempat diambil alih Toprak razgatlioglu pasca balapan di Mandalika, Dengan tanbahan 1 kali menorehkan Best Laptime Balapan Di race 2 WSBK Phillip Island, Alvaro Bautista  mengambil alih posisi pimpinan Final Pirelli Best Lap Award dengan torehan 9 kali best laptime di Race 1 dan Race 2 pada total 12 seri WSBK 2022. Posisinya Final di klasemen Pirelli Best Lap Award disusul oleh Toprak dengan perbedaan 1 Point dan Rea yang mengumpulkan 5 poin. Secara umum Selain Triple Crown, ada banyak Catatan bagus ducati lainnya juga di WSBK 2022. Bisa dibilang Ducati Terbaik di 2022 – Taufik of BuitenZorg | @tmcblog

 

9 COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.