TMCBLOG.com – Kantung udara ( air Bag ) dipasang di helm sepeda motor…? Airoh bisa jadi menjadi Pionir dalam mengembangkan Helm pertama di dunia dengan ide baru mengandung Air Bag yang meningkatkan keselamatan saat ditampilkan di pameran Eropa EICMA Milan 2022 Bulan lalu.

Dalam Pengembangan helm Ber-Air Bag ini, Airoh berkolaborasi dengan perusahaan lain yakni Autoliv. Airoh adalah merek terkemuka yang dikenakan oleh pengendara yang berkompetisi di Kejuaraan Dunia Grand Prix dan Superbike, serta Kejuaraan Dunia Motocross MX2. Autoliv adalah produsen kantung udara dan perangkat keselamatan lainnya terbesar di dunia, dan juga mengembangkan kantung udara di dalam kendaraan dan yang dapat dikenakan untuk sepeda motor.

Proses Pengembangan Produk helm Ber-airbag ini telah berlangsung lebih dari dua tahun dimana Pada tahap awal pengembangan keduanya masih bereksperimen dengan uji virtual CAE pada komputer yang dilanjutkan dengan uji dampak fisik dimana Desain, area jangkauan, tekanan airbag, dan volume dari isi airbag telah mengalami serangkaian riset untuk pengoptimalan dan Safety dari penggunaan.

Sekilas, prototipe yang ditampilkan di eicma terlihat seperti helm biasa, namun memiliki generator gas dan airbag built-in di bagian atas kepala, yang sama dengan airbag mobil atau di Werpak balap. Jika terjatuh, sensor dan perangkat lunak mendeteksi situasi dan menyebarkan udara ke selubung kecil di sekitar bagian atas kepala.

Helm terintegrasi airbag hasil kolaborasi Airoh dan Autoliv secara umum terlihat memiliki segala kelengkapan seperti layaknya Helm Sepeda motor biasaVentilasi juga dipasang di bagian mulut dan bagian belakang kepala.  Shell terluar dari helm terbuat dari karbon. Sensor dan silinder pemompa penghasil gas dipasang di bagian tengah yang ditinggikan, tetapi modulnya dirancang agar ringkas. Menurut Autoliv, airbag secara signifikan mengurangi energi akselerasi linier, mengurangi risiko patah tulang tengkorak sekitar 50% dibandingkan dengan helm biasa.

Model yang dipamerkan sedang dalam tahap pengembangan, jadi detailnya belum diumumkan, namun dikatakan bobot dan kenyamanan tidak akan dikorbankan. Ngomong-ngomong, meski tanpa airbag, helm yang dipajang diklaim sudah memenuhi standar keselamatan yang dibutuhkan untuk sebuah helm sepeda motor. Kedepannya, mereka berencana untuk melakukan pengujian dan penyempurnaan lebih lanjut sebagai persiapan untuk komersialisasi.

 

 

6 COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.