TMCBLOG.com – Setelah sempat dirilis secara global di Thailand pada bulan Agustus 2022 yang lalu, akhirnya pada tanggal 6 Desember 2022 ini, Royal Enfield Indonesia resmi merilis varian terbarunya yakni Royal Enfield Hunter 350 untuk dijual di pasar Indonesia dengan harga mulai dari 106,4 juta Rupiah. Dengan begitu, Hunter 350 ini menjadi produk Royal Enfield dengan harga yang paling terjangkau di Indonesia.

Yes, harga sebesar 106,4 juta Rupiah itu untuk varian Metro Hunter Dapper Series yang terdiri dari 3 pilihan warna. Sementara untuk varian Metro Hunter Rebel Series yang juga terdiri dari tiga pilihan kombinasi warna dibandrol dengan harga 108,2 juta Rupiah.

“Kami mendesain motor ini agar dapat digunakan untuk siapa saja, membuatnya kompak, nyaman dan praktis. Ini motor termuda kami, ini motor baru buat kami,” ujar Anuj Dua selaku Head Business APAC Markets Royal Enfield.

Secara spesifikasi teknis dari Royal Enfield Hunter 350 telah terungkap sebelum peluncuran. Lembar spesifikasi mengatakan bahwa motor ini memiliki top speed 114 km/jam dengan bobot 181 kg. Ini membuat Hunter 350 adalah Royal Enfield bermesin 350 paling ringan yang pernah dibuat dalam beberapa waktu terakhir.

Royal Enfield Hunter 350 dibangun di atas platform mesin J1, yang berarti sama dengan mesin dari RE New Classic 350 dan Meteor 350 yang mana sudah lebih dulu dijual di pasar Indonesia. Dapur pacu RE Hunter 350 menggunakan mesin yang terbilang common part dengan RE350 lainnya.

Namun ada sedikit perbedaan dalam rasio gearbox yang lebih panjang dari pada Classic dan Meteor. Mungkin tujuannya untuk mengurangi kecepatan tertinggi dan meningkatkan feel jambakan torsi dari motor bergenre scrambler/roadster ini secara keseluruhan.

RE Hunter 350 mendapatkan rangka jenis backbone dengan downtube kembar. Pengaturan suspensinya akan sama seperti Meteor 350, tinggi jok 800 mm, ground clearance 150 mm, dan tangki bahan bakar 13 liter. Rodanya bertipe cast wheel (CW) bergaya roda spoke (jari-jari), dilengkapi fitur ABS single channel, ban depan punya ukuran 110/80-17 dan ban belakang 140/70-17, rem cakram hadir di roda depan dan juga belakang, lampu utama halogen, indikator berbentuk oval, cluster dashboard bulat dan cukup sederhana, serta rear grip yang juga berdesain simple.

Taufik of BuitenZorg | @tmcblog

24 COMMENTS

  1. harganya cuma sedikit lebih mahal dari harga/biaya total anak2 herex bikin/beli motor herex wkwkwk

    coba sedari awal, gw yakin yg marak di jateng jatim bukan GL herex tapi ya motor ini.

  2. kualitas motor harga 35jutaan, gara2 pajak jadi seratusan juga… pun dr segi apapun jauh bgd sama GB350.
    power gak lebih dr motor CC 150 an Jepang…
    cuma beli brand saja n yg beli pasti org yg bingung mau ngabisin duitnya

  3. RE ini masih ada Inggris nya atau sudah full 100% jadi brand India ya? motor ini unik, sempat coba meteor 350 di jogja kustom fest, bahannya tebel banget, bawaannya santai, suara mesin nya khas long stroke, 1000% bukan untuk kecepatan, lebih ke nyaman (kalo tujuan speed mestinya ya fairing, dan maennya track day biar sesuai dan bisa maksimal)

  4. shock belakang kok malah berasa mahalan pulsar series ya ? yg RE ini biasa aja ga ada tabungnya. misal pakai shock tabung, velg depan belakang jari jari kyknya mantap. sayang aja harganya kurang sesuai walaupun tetep laku ada yg beli sih. dengan CC segitu top speed cuma segitu, bangun basic scorpio rolling sasis atau CB icikiwir basic tiger lebih manuk akal menurut saya

  5. RE tetaplah RE… gw bingung sama yg banding2in dengan motor jepang. Ini motor classic, punya pasarnya sendiri. Bukan buat penyuka kecepatan, lebih ke yg suka santai, nikmatin motor, dan suka sama history dari motor classic itu sendiri.
    walaupun emang harga disini termasuk kemahalan karena pajak (diluar kalo ga salah cm 50 jutaan). Gw sendiri (kalo punya duit) lebih milih ini daripada ZX25. Lebih ke emang suka aja gitu.

    • ya bener, rasa kemahalannya itu cuman karena image motor india nya sih, kalo ride experience nya benernya masuk, khas gitu

      Reply

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.