TMCBLOG.com – Setelah Hadir di beberapa negara lain sebelumnya seperti di India pada agustus 2022 yang lalu, Honda akhirnnya terpantau sudah mendaftarkan Desain Honda CB300F Di Indonesia seperti yang bisa kita lihat bersama di laman Berita Resmi desain Industri No. 37/DI/2022 yang dirilis Direktorat Hak Cipta dan Design Industri Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual Kementerian Hukum dan HAM. Di Laman itu bisa kita lihat bersama bahwa Desain CB300F ini didaftarkan oleh Honda Motor Co., LTD, yang beralamat di Tokyo, Jepang Untuk Indonesia.

Ini menarik karena Secara bentuk CB300F lebih mirip dengan CB150R Streetfire dengan tampilan ala motor street fighter . Sementara jika ditilik, Pasar CB150R Streetfire memang cukup bagus untuk jajaran Line Up sport AHM sendiri.

Jika menilik spesifikasi dapur pacunya, Honda CB300F dibekali mesin 293 cc satu silinder SOHC berpendingin udara dan oli yang mampu menyemburkan power maksimum 24,1 Hp pada 7.500 rpm dan torsi 25,6 Nm pada 5.500 rpm. Mesin ini dikawinkan dengan transmisi 6-percepatan lengkap dengan slip and assist clutch.

Selain itu Speklain dari Motor ini adalah Rem cakram 276 mm di depan dan 220 mm di belakang ABS dual-channel. Suspensi garpu sok up-side down berwarna emas di bagian depan, dan monoshock adjustable pre-load 5 tingkat yang dapat disesuaikan di bagian belakang. Belum Lagi Pencahayaan LED dan dilengkapi dengan cluster instrumen digital lengkap dengan 5 tingkat kecerahan layar yang bisa disesuaikan.

Balik Lagi Ke Paten yang didaftarkan ke PDKI, Bukan berarti bahwa mungkin motorย  ini akan dijual di indonesia terutama dengan Fakta Bahwa Kubikasi mesinnya sudah berada di atas 250 cc yang artinya akan masuk ke Klausul Pajak Barang Mewah ( PPNBm ) yang tentunya akan membebani Harga Jual di ujungnya. Namun Siapa tahu, Honda Juga Punya rencana untuk menghadirkan Motor ini Untuk Pasar Indonesia dengan Mesin Lain. Mungkin 250 cc spek CB twister jadi CB250F ?

Taufik of BuitenZorg | @tmcblog

31 COMMENTS

  1. desainny khususny area Tanki sampai headlamp terlalu mirip dgn Vixion SPBU yg mna desain itu justru menenggelamkan tahta vixion

  2. “ini bukan berarti untuk di pasarkan apalagi di produksi disini” banyak hal yang membuat ragu, pertama adalah pajaknya untuk motor 250cc keatas sudah tinggi yang membuat pusing kasih harga jual. Kedua ada mesin 250 rr yang lebih power full untuk di kreasikan ke versi naked ataupun StreetFire 250 rr. Yang ketiga design ini masih kalah ganteng sama yang ada disini (cb 150 sf, xsr 155, ) jadi susah untuk di paksakan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.