TMCBLOG.com – Salah satu modifikasi yang umumnya dilakukan bikers diantaranya adalah dengan mengganti ban motor ke ban dengan ukuran lebih besar atau lebar. Tujuannya macam macam dari sekedar membuat tampilan lebih gagah sampai agar berusaha lebih stabil saat Handling. Nah Jika sobat sekalian berencana juga mau coba upsize ukuran ban, perhatikan beberapa hal yang sempat dibagikan oleh FDR ini ya . .

  1. Potensi Handling motor

Upsize ban bukan soaltampilan saja, tapi juga mempengaruhi handling motor. “Profil ban jadi lebih lebar dan dimensi ban yang lebih besar juga akan mempengaruhi cengkaraman ban ke aspal. Beri waktu untuk beradaptasi dengan ukuran ban yang baru,” kata Jimmy Handoyo, FDR Technical Service Dept. Head PT Suryaraya Rubberindo Industries selaku produsen ban FDR.

  1. Kesesuaian dengan Ukuran velg

Perhatikan velg yang digunakan, bisa jadi kamu perlu ganti velg juga. Pakai velg yang kekecilan justru membuat tampilan ban seperti donat. “Jika Sobat masih ingin tetap pakai velg ukuran standar, paling aman naik 1 step saja, tapi tergantung selera konsumen. Selama masih nyaman, silakan diganti sesuai selera masing-masing,” ujar Jimmy.

Jimmy lebih lanjut mencontohkan untuk motor sport seperti Kawasaki Ninja 250cc bisa upsize ban depan ukuran 120mm dan 150mm untuk ban belakang, hanya naik satu step dari ukuran standar ban dengan tetap pakai velg standar lebar depan 2,75 inchi dan belakang lebar 3,50 inchi. “Untuk modifikasi seperti ini, profil ban sudah kelihatan lebih besar tapi tidak kan mentok di spakbor atau lengan ayun,” kata Jimmy.

Mau upsize ban lebih dari satu step sebenarnya bisa saja, tapi tentunya semakin banyak bagian lain yang perlu diganti selain velg, seperti piranti suspensi (teleskopik pada suspensi depan) dan swing arm pada bagian suspensi belakang, as roda, laher( beasing) dan lainnya.

  1. Kesesuaian dengan Penggunaan motor

Sebelum upsize, pertimbangkan lagi penggunaan motor tersebut, apakah untuk penggunaan harian atau untuk hobi saja?  Upsize ban juga mempengaruhi kenyamanan naik motor. Selain itu, ban yang lebih besar tentu punya bobot yang lebih berat yang efeknya bisa menambah konsumsi BBM.  Walaupun ada faktor lain yang juga menyebabkan motor jadi boros BBM, seperti sering berboncengan atau bawa barang berat, hal ini juga perlu jadi pertimbangan seberapa besar Sobat FDR upsize ukuran ban jika untuk motor tersebut rutin digunakan sehari-hari.

  1. Kesesuaian dengan persediaan Pilihan ban

Tentunya keinginan untuk mengganti ban dengan ukuran lebih besar akan bergantung juga dengan Kesesuaian pilihan ban yang tersedia di pasaran dan Menurut FDR yang memberikan Informasi  ini Untuk pilihan ban modifikasi lengkap tentang ban FDR bisa dilihat di Fdrtire.com atau lebih mudah lewat aplikasi My FDRTire karena kita bisa beli secara online lalu datang ke bengkel rekanan FDR untuk ganti ban yang kamu pilih. Sebelum beli kita bisa meelihat perkiraan kesesuaian Ban dengan Motor kita Lewat fitur prototyping Via Aplikasi My FDRTire yang bisa diunduh untuk ponsel Android dan Iphone.

 

 

12 COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.