TMCBLOG.com – Menjelang akhir tahun 2022, mereka yang akan menghabiskan waktu dalam liburan panjang telah bersiap-siap ke lokasi tujuan. Bagi bikers yang memilih menggunakan alat transportasi selain sepeda motor, tentunya bisa lama meninggalkan kendaraan kesayangannya itu. Menghadapi kondisi seperti ini, penting untuk diperhatikan cara menjaga motor agar terawat dengan baik saat tidak digunakan dalam waktu cukup lama.

Saat liburan panjang dan pengguna sepeda motor memilih untuk tidak menggunakan motor miliknya sebagai alat tranportasi, tentunya akan ditinggalkan dalam waktu lama. Namun itu tidak berarti lalai dalam menjaga kondisi motor supaya tetap terawat dengan baik. Untuk itu, Yamaha DDS 3 (Yogyakarta – Jawa Tengah) memberikan beberapa tips sehingga bisa membantu konsumen berlibur dengan tenang dan pulang kembali mendapati motor kesayangan bisa digunakan dalam kondisi baik.

Ada beberapa poin yang perlu dilakukan oleh konsumen terkait komponen motor dan menempatkan motor di tempat yang aman, serta melakukan pengecekan sebelum dipakai kembali usai berlibur panjang. Berikut tips sebelum meninggalkan sepeda motor Anda untuk berlibur panjang :

  1. Cabut kabel negatif baterai, agar tidak ada arus yang terbuang.

  2. Cuci bersih sepeda motor, dengan begitu kondisi motor tetap bersih.

  3. Ganti oli mesin, karena jika tidak diganti maka kotoran pada oli akan turun dan mengendap di dasar mesin.

  4. Lumasi komponen yang sering bergerak, seperti lengan ayun, rantai, mounting, dan lainnya supaya mencegah terjadinya karat.

  5. Sebaiknya diletakkan di dalam ruangan, tempat yang tidak terkena panas dan hujan.

  6. Disarankan memakai sarung motor sehingga motor tidak kotor.

Setelah motor ditinggalkan dalam waktu yang lama, jangan lupa untuk melakukan perawatan sepeda motor Anda di bengkel resmi. Demikian tips yang diberikan oleh Yamaha guna membantu konsumen menghindari hal-hal tidak diinginkan yang mengganggu kondisi motor sehingga terjadi masalah. Nikmati liburan yang menyenangkan tanpa perlu khawatir meninggalkan motor kesayangan

5 COMMENTS

  1. nambahin aja,
    pertama kali start setelah lama tidak dipakai, jangan langsung di geber. tunggu sampai oli melumasi area head cylinder.

    no 3. Ganti oli mesin, karena jika tidak diganti maka kotoran pada oli akan turun dan mengendap di dasar mesin.

    rada aneh kalimatnya 😂
    semua pengen kotoran itu turun supaya mudah di drain.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.