TMCBLOG.com – Tahun 2023 bisa dibilang adalah era yang lebih advance dari kolaborasi MotoGP dan Formula 1 dalam hal teknis. Memang sih kolaborasi ini tidak official berada dalam lingkup penyelenggara, melainkan dari inisiatif pabrikan dan team yang ingin mencari beberapa detail agar motor mereka lebih kencang di tahun depan dan salah satunya yang paling menarik adalah bagaimana MotoGP mencoba memanfaatkan keunggulan pengetahuan team team di Formula 1 dalam hal aerodinamika.

Seperti yang kita ketahui bahwa KTM sudah terang-terangan akan merapat ke team yang meraih juara dunia Formula 1 2022, Red Bull Racing untuk memperkuat sisi aerodinamika dari KTM RC-16 mereka. Dengan informasi ini menjadi sesuatu yang sangat menarik buat kami sendiri untuk melihat hal-hal fisik apa yang dibawa oleh KTM di test pra-musim Sepang bulan Februari 2023 yang akan datang.

Pit Beirer – KTM

Kepada Motorsport, Pit Beirer sempat mengatakan “Cara kerjanya cukup sederhana: mereka (Red Bull Racing) mengembangkan paket aerodinamika dan kami memasangnya di motor. Saya tidak akan merinci tentang bagaimana kami bekerja, tetapi saya dapat mengatakan bahwa ini merupakan pengalaman yang luar biasa bagi kami.”

“Kami telah menemukan beberapa orang hebat, dan sejak saat kami bekerja dengan mereka, hasilnya sangat positif. Gagasan yang mereka miliki, gaya kerja profesional, dan pengetahuan mentahnya luar biasa. Ini bukan tentang perbaikan cepat, ini pasti proyek jangka panjang di mana mereka akan membantu kami mengembangkan aerodinamika motor.”

Namun begitu, Pit mewanti-wanti karena berurusan dengan Formula 1 bisa bikin gelap mata dan kalap dalam hal konsumsi pengetahuan dan produk mereka yang tentunya harus dibarengi dengan kemampuan finansial yang kuat untuk membayarnya. “Kami harus sangat berhati-hati, karena bagi kepala tim MotoGP, melihat proyek F1 ini kami seperti anak kecil yang berada di toko permen. Semua yang Anda lihat sangat keren dan sangat profesional sehingga Anda ingin membawanya ke tim Anda. Tetapi jika Anda membawanya, untuk mendapatkan semua detail itu, Anda memerlukan anggaran 10 kali lipat.”

“Itu tidak realistis. Itu sebabnya kami harus sangat berhati-hati dan mencoba untuk tidak meniru apa yang kami lakukan di Formula 1 di MotoGP. Ini dunia yang berbeda. Formula 1 adalah Formula 1, dan menurut saya MotoGP tidak boleh bersaing dengan Formula 1. Kami harus menikmati menjadi kategori nomor satu di roda dua. Itu sebabnya kami berjuang melawan peraturan agar tidak terlalu jauh dalam hal itu.”

“Saya pikir bagus memiliki orang-orang yang pernah mengikuti F1 di paddock, tapi motor bukanlah mobil, jadi Anda harus berpikir berbeda. Dibutuhkan orang dengan pikiran yang sangat terbuka untuk beradaptasi dengan dunia sepeda motor Kita semua maniak balap, mereka suka balap motor, kita suka Formula 1. Ya bagus ada orang-orang seperti ini di paddock, tapi kita harus hati-hati dengan uang yang kita gunakan.”

 

22 COMMENTS

    • menurut gw kok engga, kenapa? karena waktu newey ngembangin AM-RB series rumornya sempet ngeganggu fokus development di F1, apalagi musim ini RBR juara konstruktor + kena penalty potong jatah wind tunnel, udah makin dikit aja itu waktu buat testing, Newey sepertinya lebih fokus buat develop mobil F1 buat musim depan ketimbang bantu KTM.

  1. Redbull f1 sm redbull motogp satu atap kah?
    Klo hrc f1 sm hrc motogp jelas satu atap
    Sdangkan redbull f1 mesinnya oprekan hrc
    Teruuuussssss……

  2. desainnya ga bakal seaneh Aprilia, tebakan gw desain RC16 nantinya bakal lancip diujung2 tapi semok ditengah. ya gampangnya bayangin aja desain RC211V, M1 990cc, ato ZXRR yg ditambahin sayap. gw ngemeng berdasarkan desain khas mobil Red Bull di F1 yg enak dipandang itu yak.

  3. KTM banyak-banyak terimakasih deh sama Redbull… Tanpa redbull mereka gak akan sekompetitif sekarang atau bahkan mungkin gak bakal ke motogp

    • ah lebay itu sih, di F1 iya mutlak Red Bull punya segalanya, tapi dimotogp kaga. Red Bull di KTM ga beda ama Epson di Honda ato Malioboro di Ducati, cuma sponsor. mentok2 duit Red Bull cuma buat bayar gaji rider ama kru, selebihnya ya KTM sendiri. kalo mau makasih, makasih ke Bajaj lebih pas ekekekekek

    • Gak bisa gitu juga, sih, karena KTM udah sangat lama bermitra dengan Redbull di arena Motorsport, sedangkan Honda di F1 hanya sebagai penyuplai. Dan kembali lagi Aerodinamika sangat berperan penting di F1. Tapi gak menutup kemungkina Honda juga bisa aja minta bantuan Redbull Racing atau mungkin ngebajak salah satu orang di F1.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.