TMCBLOG.com – Kedepan disinyalir KTM akan mengupdate Mesin LC8c (Liquid-Cooled, 8-valve, compact)  dengan desain mesin yang masih bisa dimounting ke Motor saat ini yang menggunakan Mesin LC8c. KTM telah mendaftarkan detail dari desain mesin baru LC8c yang berbagi tata letak umum dengan Mesin Twin LC8c sebelumnya, namun dengan casting yang benar-benar baru untuk blok, silinder, dan kepala silinder. Rancangan ulang mesin LC8c ini dipercaya akan mendapatkan peningkatan kapasitas menuju angka Psikologis 990

Dalam perbandingan gambar samping sampingan dengan Mesin LC8c generasi sebelumnya, Cycle world Menuliskan jelas bahwa titik mounting mesinnya sangat mirip Namun setiap komponen utama di Mesin Twin LC8c adalah baru. Bak mesin, wadah oli, kepala silinder, dan transmisi semuanya dikerjakan ulang

Dilihat dari samping, terlihat bahwa silindernya lebih tinggi dari sebelumnya, menunjukkan KTM telah meningkatkan langkah mesin untuk mendapatkan kapasitas yang lebih besar. Untuk mengatasi pertumbuhan ini, ada kepala silinder yang didesain ulang secara besar-besaran dengan lebih ringkas, membantu membuat tinggi keseluruhan mesin tidak lebih tinggi dari sebelumnya.

Pengecoran Logam bagian silinder memiliki penguat eksternal lebih banyak dari sebelumnya. Hal ini kembali mengarahkan pada Sinyalemen dinding silinder yang lebih tipis karena peningkatan Kubikasi dari Mesin yang bersangkuan dengan Dimensi Piston. Bahkan kaca intip oli sampai dipindahkan dari posisi awalnya di bak mesin bawah ke tempat baru di penutup kopling.

Bak oli di desain baru. Langkah lain untuk membantu mengurangi ukuran keseluruhan sepeda yang dipasangi mesin LC8c generasi berikutnya adalah bagian belakang transmisi yang didesain ulang. Bagian atas transmisi telah dipotong, mungkin untuk memberikan kebebasan yang lebih besar kepada perancang sasis dalam hal posisi dudukan atas shock belakang. Mesinnya akan diproduksi oleh CFMoto di Cina dan Motor produksi pertama yang mendapatkan Mesin LC8c Genrasi baru diharapkan adalah Duke 990, kemungkinan akan diluncurkan akhir tahun ini sebagai model 2024

Taufik ofBuitenZorg | @tmcblog

 

 

17 COMMENTS

  1. calon mesin wss600 next gen ama moto2 pasca Triumph. gile ga tuh kalo beneran kejadian maka kelas intermediet di 2 ajang dunia itu mesinnya cuma 10cc lebih kecil dari kelas utama? wkwkwk akibat usulan KTM bikin moto2 lebih kecil bergaya gp250 yg pake mesin twin 500cc ditolak, dan Dorna ngebet gembrotin moto2 ampe pake mesin 750cc dan next kayanya nearly 1000cc kalo jadi ama KTM, ama di supersport demi mencegah OMR R6 ampe 2 superbike lite (V2 ama F3 800) dan motor naked yg ga ada sport2nya sama sekali bisa dijeblosin ke supersport.

    • Bukannya Triumph Street Triple yang 765 dibikin baru lagi jadi ada fairingnya ya? Tapi aneh juga kalo namanya gak berubah, hehehe. Harusnya Triumph Daytona 765 :v soalnya yang dipake di WSS sebelumnya kan Daytona 675 3 silinder dan itu emang udah full fairing dari sononya.

      • Triumph memang jual model sport fairingnya, Daytona Moto3 765 tapi sangat terbatas.
        Malahan mereka baru ngeluarin Speed Triple Moto2 (dengan trademark resmi) yang mana motor sport naked.

      • belon ketemu settingan yg pas aja terutama faktor sasis, jg krn faktor taon lalu masih ada pengguna R6 yg skillnya udh terlalu jauh buat dikejar pengguna F3 ama V2. diatas kertas power standart V2 ama F3 aja udh sepantaran ama 600cc full tuning, itu spek brosur dealer aka belon ngotak atik elektronik ama knalpot yak. jadi sebenernya V2 ama F3 di wss secara power udh diatas semua 600cc, sasis aja yg belon ketemu settingan pasnya. makanya matinya 600cc tinggal nunggu waktu aja, bisa diperlambat dgn cara batesin regulasi nexgen, bisa jg dipercepat dgn regulasi yg lebih bebas. dibolehin porting ama maenin rasio kompresi aja udh auto kepisah grup old 600 ama nexgen.

        • Si Akang. Kalo bener nexgen bakal di terusin, kynya terlalu over bgt deh buat ducati dan f3 800.
          Dimana pabrikan lain lg seru nyiapin buat kelas twin 600-800cc macem di AMA superbike.
          Sebenenrnya arah penggantian era 600 inline 4 udh terlihat jelas semenjak aprilia ngeluarin rs660 puresport utk battle dgn racebike modifikasian dari vstrom ataupun ninja650 dan mt07.
          Makanya yamaha pun ikut terjun ngeluarin R7. Dan honda plus suzuki pun udh nyiapin mesin inline twin yg tinggal nunggu genderang perang di tabuh lgsg keluar deh tuh versi sportnya.
          Ktm pun udh nyiapin lebih dulu dari duke 790 walaupun terus di melarin mesinnya mau sampe 900 grgr liat ducati semena2.
          Masa iya grgr darno belain ducati segitunya sampe2 banyak pabrikan lain di korbanin.
          Kenapa ga darno nyuruh ducati bikin versi litenya si panigal v2..
          Kacau dunia persilatan

    • ada pabrikan dari Itali malah sengaja homo lo ga si? in twin 955cc buat lawan 600. padahal di line up produk mereka ada tuh sport bike bikinan mereka yg secara performa head to head ama 600 no cheat, bahkan ampe produknya dinamain ‘supersport’. tapi malah sengaja homo lo ga si in yg sejak awal didaulat superbike versi jinak aka V2 wkwkwk

      malu? lebih malu kalah, mending menang apapun caranya.

      • Semua grgr ducati.
        Bnyk pabrikan udh nyiapin twin cyl yg kapasitasnya ga offside(under900). Ehh anak emas darno muncul dgn gagahnya pake kubikasi offside.
        Baru di era skrg sportbikenya ducati ga pamer kapasitas mesin.
        Biasanya kan di tulis gede2 sekaligus jd nama produk.
        Emang udh niat buat ngakalin regulasi.
        Yg lain rame2 bikin twin cyl di bawah 900cc dgn range power 80-110hp. Lah si anak emas muncul offside jauh.
        Masa iya sebanyak itu pabrikan di suruh develop dr ulang lg grgr si merah

  2. kayaknya nih kelas muaranya bakal ngadopsi spek wsbk versi sebelum 2000an, dimana 4 silinder 750cc melawan 2 silinder 1000cc

    • Masalahnya, 750cc 4cyl cuma suzuki yg masih anget. Itu pun udh mulai disuntik mati di bbrp negara.
      Dan pabrikan jepang lainnya ketimbang research ulang utk 750cc 4cyl, kynya lebih milih ngembangin yg ada.
      Misal yamaha dgn cp3 900cc nya, honda bisa aja turun pake 2 pilihan mesin(650cc inline4 full tuning, atau mesin baru inline 2 750cc). Kawak dgn 636 4cyl nya, dan suzi bisa pake 750cc 4cyl yg udh ga lolos euro 5 atau bisa jg pake inline 2 800ccnya.
      Seru sih jd rame dgn berbagai karakter mesin. Tinggal regulasinya aja yg fair jgn timpang sebelah.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.