TMCBLOG.com – Misi Honda untuk meluncurkan 10 sepeda motor listrik pada tahun 2025 telah dimulai, dan kemarin tanggal 10 Januari 2023 pabrikan sepeda motor dari Jepang ini pada suatu acara presentasi di Shanghai, China meluncurkan trio e-bikes baru Cub e:, Dax e: dan Zoomer e: . . Kali ini kita akan bahas mengenai Honda Cub e: dulu yaa.

 

Secara umum ketiga motor listrik ini termasuk Honda Cub e: memiliki bentuk fisik yang mirip dengan versi ICE (mesin bakar) -nya. Namun secara spek, motor listrik yang dibenamkan di hub/velg roda belakang baru mampu dibawa lari sampai top speed 25 km/jam saja dan hanya dapat digunakan untuk 1 orang saja dan untuk itu dibuat single seat.

Honda Cub e: hadir adalah 4 pilihan warna mulai dari Krem, Putih, Abu-abu dan Merah. Honda juga mempersiapkan opsi pedal gowes seperti yang biasa kita lihat pada sepeda listrik pada ketiga varian motor listrik ini. Ini membuat ketika motor listrik tersebut habis daya pada baterainya, maka pengendara bisa menggowes seperti layaknya sepeda biasa untuk tetap melakukan perjalanan.

Rem cakram Cub e: digunakan untuk sistem rem depan. Penggunaan roda dengan diameter lebih besar dari skuter biasa menjadi ciri khas seri Super Cub versi ICE, dan berkontribusi pada peningkatan stabilitas kemudi.

Honda Cub e: menggunakan lampu utama LED yang memiliki umur pakai panjang dan kecerahan 6.000 cd atau lebih, ini memiliki efek meningkatkan visibilitas saat berkendara di malam hari.

Pada Honda CUb e: juga hadir dashboard LCD HD mewarisi bentuk Super Cub tradisional. Tampilan yang jelas dicapai dengan kontras yang kuat, dan lampu latar menggunakan fungsi penyesuaian otomatis yang terhubung ke sakelar lampu depan.

Jok single berbentuk segitiga juga mengikuti desain familiar dari seri Super Cub. Busanya memiliki kepadatan tinggi dan ketahanan tinggi sehingga dapat digunakan untuk memberikan perjalanan yang nyaman.

Lantai rangka baja dengan space khusus yang didesain hingga dapat menampung baterai yang dapat dilepas dan diganti. Baterai yang digunakan oleh Honda Cub e: adalah baterai dengan standar yang sama dengan EV roda dua Honda lainnya seperti U-GO. Harganya ? Di Cina skuter Listrik Cub e: ini dibanderol dengan harga sekitar 13 Jutaan Rupiah (konversi mata uang)

  • Taufik of BuitenZorg | @tmcblog

18 COMMENTS

  1. masuk akal buat riding sehari hari di kota2, di gg, ke minimarket. bner kata bos gm, motor ev memang lebih masuk akal di basis sepeda dan skuter kecil krn jarak tempuh yg pendek. cuman yg jdi masalah di bbrp negara kyk di indo infrastruktur buat charging dn battery swap masih minim, seandainya di setiap minimarket ada buat swap dn charging station nya banyak. belum lagi limbah batrai nya di indo juga blm ada lembaga yg dpat menglola dn mendaur ulang residu nya. yaa pasti mtr2 ev bgini pemakaian 2-4 tahun perlu ganti baru atau beli baru, layak nya smartphone, dn namaya kendaraan pasti maintenance, error, dan kerusakan nya pasti lebih sering dn bnyak. gimmick sih pemerintah ikut ikutan barat buat menggebu2 pakai ev

    • @topic ganti baru sih enggak harus, paling ganti batre doang krn soak 😏 tapi harga batrenya pasti gila mahaalll, kayak mobil tesla yg diledakkan ownernya itu gara2 mahallnya harga batre

    • kl batrrai model swab hrsnya mlh enak, atau charging umum jg enak, tinggal manfaatin jaringan ahass yg diujung gunung ja ada

    • betul.
      sudah kubilang kendaraan listrik cocoknya cuma sepeda komuter, langsung loncat ke mobil 4 roda. diatas 4 roda juga tidak cocok.
      karena bobot battery untuk kejar performance mesin ICE itu berat sekali

  2. mantap.. keknya klo kecepatan segini atau kurang dari.. mungkin yg suka maling motor bakal repot bawa kaburnya.. solusi murah nih…

  3. dulu sekali ada tetangga yg punya model gini sekitar tahun 80an masih bisa jalan dengan baik warnanya biru tosca bermerk DKW

  4. ini baru cikal bakal, sama kaya dulu honda pertama buat mesin bakar. model cub super cub, seiring berjalannya waktu saya yakin model akan berubah dan berkembang, karena development itu seiring dengan permintaan pasar, nah ini kan pasare masih meraba2…iya kaliii hehee

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.