TMCBLOG.com – Selain Honda Cub e:, di Shanghai Honda juga merilis Honda Dax e: sebagai salah satu dari tiga portofolio produk elektrifikasi Honda yang menjadi bagian dari 10 produk EV sampai 2025 yang akan datang. Secara umum Honda Dax e: memiliki bentuk yang bisa dibilang mirip dengan Honda Dax ST 125 yang juga baru dirilis secara global oleh Honda di tahun 2022 yang lalu.

Secara spesifikasi dari motor listrik, sama seperti Cub e:, motor listrik yang dibenamkan di hub/velg roda belakang Honda Dax e: hanya mampu dibawa lari sampai top speed 25 km/jam saja dan hanya dapat digunakan untuk 1 orang saja dengan platform jok single seat berketinggian 70 cm sehingga mayoritas orang diperkirakan tidak akan kesulitan menapakkan kakinya saat berhenti.

Selain warna Merah, Dax e: hadir juga dalam warna Hijau Olive, Putih dan Hitam. Honda Dax e: memiliki jarak sumbu rodanya yang cukup pendek di 1.130 mm dan ini akan membuat feel handling yang sigap dan cenderung lincah.

Honda dalam informasinya mengemukakan bahwa dengan asumsi baterai berkapasitas besar maka ketika Dax e dapat dipakai dengan jarak rata rata 10 km sehari maka secara teori baterai swappable yang memiliki bobot 8,9kg ini dapat diisi ulang sepekan sekali.

Yang menarik adalah, Honda Dax e: dapat diaktifkan tidak hanya dengan Bluetooth pada smartphone, tetapi juga dengan kunci kartu yang menggunakan teknologi NFC (Near-Field Communication). Oh ya sistem ini juga ada di Cub e: .

Kepoin lebih dalam mengenai motornya yang berada di Hub velg 10 inci, ternyata buatan Bosch yang menurut info menggunakan bahan magnet konstan tipe baru yang dapat mencapai kinerja yang kuat dan stabil serta meminimalisir kehilangan energi.

Taufik of BuitenZorg | @tmcblog

14 COMMENTS

  1. buat jalan jalan santai sekitar komplek asik ini,pasti jadi bahan perhatian, walaupun yg merhatiin pasti banyak kalangan pria

  2. masih penasaran sama keterangan kinerjanya velg meminimalisir kehilangan enengi, maksudnya sekalinya jalan ngeloyor trus gitu kah? gaya geseknya kecil kali ya,kok bawa2 bahan magnet segala.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.