TMCBLOG.com – Sirkuit Autodromo Internacional do Algarve yang menjadi tuan rumah pengujian selama dua hari menandai tonggak penting untuk FIM Supersport World Championship yakni aksi on-track pertama Honda CBR600RR sejak mereka memutuskan untuk kembali beraksi di kejuaraan dunia balap sportbike produksi massal kelas intermediate ini.

MIE – MS Racing Honda Team, sebuah team yang dibentuk atas kolaborasi antara MIE Racing dari WorldSBK dan MS Racing menurunkan Tarran Mackenzie dan Adam Norrodin di atas mesin New CBR600RR untuk tahun 2023 dan di Portimao, tim tersebut melakukan debut mereka beserta motor baru mereka.

Mengenai Honda CBR600RR yang hadir terlihat memang secara umum penampakannya sama dengan versi jalan rayanya karena regulasi WSS600 banyak menggunakan parts standar tanpa modifikasi, walaupun fairing yang menempel adalah fairing balap ‘buta’ lengkap dengan aero winglet kecil di sisis kanan dan kiri dari body. Sobat juga bisa lihat swingarm yang merupakan standar pabrik dengan tipe upperbrace karena regulasi tidak memperbolehkan penggantian swingarm tipe balap. Lalu memakai knalpot full system merk Arrow yang hadir di posisi undertail dari motor. Sayang tidak ada data laptime resmi di timesheet dari kedua tunggangan Tarran dan Adam di hari pertama tersebut.

Taufik of BuitenZorg | @tmcblog

22 COMMENTS

    • efek redline ramah pemula dan sasis lentur, mesin jinak dan part lebih awet. di motor kecil biasa Yamaha yg rpmnya rendah, di supersport malah kebalikannya.

      • kalau motor kecil yamaha, bukannya mesin matic vva 155 cc yamaha rpm lebih tinggi daripada mesin esp+ 156,9 cc dilihat dari dyno ?

    • Menurut saya,mungkin lebih ngejar ke penjualan sehingga disetting seperti itu Om Nugie.Bagi pabrikan toh pada akhirnya yg lebih diperhatikan itu angka jualannya ketimbang spek atau prestasi dilintasan.Selama penjualan kencang & performa mencukupi buat target pasarnya ya kenapa tidak..Toh kalau nggak terlalu moncer prestasinya ditrack ya sudah,kalau berprestasi ya dianggap bonus & tambahan bahan marketing.CMIIW

      • R6 yang ngejar performa (track oriented) sedari dulu, usia pakai parts-nya lebih pendek ketimbang 600RR yang lebih city ride user, IIRC.

        Inget, kata “lebih” di sini artinya lebih condong kepada salah satu antara dua subjek perbandingan, jangan diartikan sebagai ‘yang paling’.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here