TMCBLOG.com – Bicara Top Speed, Pada hari ketiga atau hari terakhir gelaran Shakedown Test MotoGP 2023 di Sepang, Michelle Pirro dengan Ducati Desmosedici menorehan Angka Tertinggi diatas Speed-gun speedtrap sirkuit dengan 338,6 km/jam, dan angka ini jelas lebih tinggi 2,2 km/jam dari Top Speed tertinggi Ducati (GP21) yang ditorehkan Bastianini di event race weekend malaysia tahun lalu yang berada di angka 336,4 km/jam . . tapi Kalo Ducati sih, Nggak kaget . . Yang perludikepoin adalah Bagaimana Yamaha M1?

Seperti Kita Ketahui Bahwa Lin Jarvis sempat memberikan klarifikasi mengenai penyebab dari Tersunatnya Performa Top Speed dari Yamaha M1 2023 yang sempat diuji Oleh Quartararo di test Valencia 2022 yang lalu (cerita lengkapnya bisa dibaca di Artikel ini ).

Dan Sepertinya memang benar bahwa Yamaha m1 telah banyak menghaabiskan masa Development mereka untuk menjawab permintaan Ace rider mereka Fabio Quartararo dan mungkin Menjadi salah satu Klausul pembicaran antara Fabio dan Yamaha  yang merupakan lasan akhirnnya Juara Dunia 2021 ini mau meneruskan dengan Yamaha Pasca 2022 yang lalu.

Jika dilihat dari Timesheet Top Speed dari Yamaha M1 Dengan Aero Fairing baru ( T3) yang dibesut Oleh Cal crutchlow pada telah dapat Menorehkan 335,4 km/jam  . . atau berselang 3,2 km/jam saja dari Top Speed Ducati di trek dan waktu yang hampir berbarengan. Selain Mendekat Ke Ducati, Ini merupakan Torehan yang bagus jika dibandingkan dengan Pabrikan pabrikan Lain :

  • Top Speed Honda RC213V Bradl : 332,3 km/jam
  • Top Speed KTM RC16 Augusto : 328,3 km/jam
  • Top Speed Aprilia RS-GP Savadori : 334,4 km/jam
  • Top Speed Yamaha M1 T1: 333,3 km/jam
  • Top Speed Yamaha M1 T2 : 331,3 km/jam

Jika dilihat dari data diatas, Top Speed Yamaha m1 adalah tertinggi kedua setelah Desmosedici dilanjutkan Oleh Aprilia RS-GP degan 334,1. Sementara itu juga untuk perbandingan, Top Speed tertinggi Fabio Quartararo di Sepang MotoGP 2022  adalah 332,3 km/jam. Ini artinya dengan Motor baru, Cal berhasil menorehkan top speed lebih tinggi sekitar 3,1 km/jam dari saat fabio Di race Tahun lalu.

Memang sih Top Speed tidak bisa menjanjikan banyak Hal.  Seperti yang pernah di uangkapkan Oleh Paul Threvatan : Pabrikan MotoGP sudah gaK saat ini lagi lihat Top Speed, mereka lebih mementingkan ‘Time Spend’ di Straight, dalam Hal ini Akselerasi . .

namun apa yang ditunjukan Oleh Crutchlow di atas New M1 tetap membuka secercah Harapan akan potensi terkembangnya senyum Quaratarro dan Morbidelli . . yaaa paling nggak tidak terlalu di-buly banget Oleh Ducati dan V4 lainnya sob . . dan seperti kita ketahui, Cal nggak hanya Top speed tinggi, tapi ini juga dibuktikan bahwa ia tetap bisa peroleh laptime tinggi dengan M1 baru ini. Kalau masih ngganjel juga yaaaa . . . Paling dekat ya kita tinggal Lihat nanti di Test Resmi Irta Mulai Jumat 9 Februari 2023 ini di Sepang.

29 COMMENTS

  1. ya walaupun bisa mendekati top nya dukati
    tapi dukati semakin kencang di tikungan dengan inovasi2 nya,.entah itu karena regulasi atau bukan( diuntungkan)

    • Yahh begitulah MotoGP. Yamaha masih mengejar top speed ducati begitu juga sebaliknya, ducati masih mengejar speed cornering yamaha

    • Selama nonton MotoGP M1 yang saya perhatikan kencang di lurus M1 2002, 03, 05, 06, 08, 14 (setelah pakai knalpot pendek tengah musim) dan 2018. Setuju gak?

        • Musim 2003 Melandri dengan M1 dengan mudah melibas Honda Gibernau Hayden di straight Philips Island, ada video full race di YouTube. M1 2018 dengan mudah melewati Marquez di lurusan Buriram

        • rekor data top speed? hingga saat ini masih milik Ducati 363.8 Km/jam (Jorge Martin)

          tercepat kedua ada Yamaha 358.8 Km/jam (Daryn Binder)

          artinya Yamaha ungguli pabrikan lain termasuk Honda

        • Yg dibahas m1 awal awal malebar ke yg sekarang,,yg gw jawab itu omongan ente yg bilang m1 awal2,,liat ditahun itu top speednya bukan yg 2022 kmaren,,ente g nulis m1 2022

        • Saya tambah lagi ya, di Misano 2014 mudah bagi Rossi-M1 melibas MM-RCV, musim 216 JL dengan M1 ngeprank MM di garis finis Mugello..

  2. shakedown test saya baca 2 hari ini sepertinya dlam cuaca mendung dan kadg hujan. artinya belum menggambarkan cuaca balapan riil yg sering panas membara dgn kelembapan tinggi. masih butuh diuji lagi saat cuaca panas membara seperti kondisi riil balapan apakah topspeednya bisa segitu? atau sama aja?

  3. ini saja Cal C. top speednya bisa tinggi, dngn badan yg lebih berat dari fabio, brarti fabio punya khans untuk bisa lebih cepat dari cal C. ???!!!

  4. straight Time spend itu sebenarnya ada 3 variabel, akselerasi, top speed, dan terakhir adalah tentunya deselerasi

    Kenapa deselerasi tidak disebut? Apa mungkin sudah sama semua? Atau sudah dibatas nya?

  5. Masih ingat GP Argentina 2015 di mana saat start Vale 46 ketinggalan jauh dari mm93 bahkan ditengah balap makin jauh hingga terpaut lebih dari 5 detik,berbekal semangat tinggi dan feeling yang lagi baik hingga bisa melewati mm93 yang mana akhirnya mm93 terjatuh karena ngotot nggak mau dilewati Vale 46… inilah awal gesekan keduanya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here