ECU Magneti Marelli

TMCBLOG.com – Ternyata pasokan chip semikonduktor nggak hanya bikinΒ  mumet pabrikan kayak AHM perihal modulator ABS dari Skutik bermesin eSP+ 160 cc saja sob, Namun WSBK juga ternyata kena euuy. Hardware ECU yang dirancang oleh Magneti Marelli (model IPS-160) dan disebut oleh kalangan Team sebagai ‘AGO’ pada awal Musim 2023 ini telah menerima pembaruan besar tahun ini dengan update Hardware baru yang dikenal sebagai ‘BAZ’.

Dan tujuan awal dari Dorna adalah untuk mendistribusikannya ke semua tim secara merata sebelum tes Sepang 2023 yang lalu. Namun, masalah pasokan chip semikonduktor membuat pemasok tidak memiliki cukup suku cadang untuk memasok semua struktur tim. Saat ini, hanya tim resmi dari lima pabrikan yang terlibat dalam kejuaraan (Ducati, Aprilia, KTM, Honda dan Yamaha) yang dapat memiliki suku cadang ‘BAZ’ baru, sedangkan tim satelit (LCR, GasGas, Pramac, Gresini , VR46 dan RNF), lanjutkan dengan Hardware MM AGO lama dan tidak diketahui kapan mereka dapat menerima yang baru, sesuatu yang mungkin bisa mereka nikmati mungkin baru setelah Summer Break.

Ketika di Sepang test, Portimao test dan Mungkin juga nanti di awal Musim berjalan, kelas MotoGP masih akan terbagi dua kelompok besar dalam penggunaan hardware ECU . . sebut saja Kelompok AGO dan Kelompok BAZ. Namun Begitu informasi dari paddock meeyebutkan bahwa pada dasarnya ECU baru MM BAZ tidak akan memberikan peningkatan performa saat dipakai bila dibandingkan dengan ECU MM AGO. Tidak ada keuntungan nya dalam hal Performa dibandingkan dengan AGO . . secar detail ECU MM BAZ hanya memiliki lebih banyak memori dan memiliki kecepatan pemrosesan lebih cepat dalam hal unggah dan unduh informasi dibandingkan ECU MM AGO.

Ducati dan Honda yang telah mencoba di Sepang sama sama Merasakan tidak ada perubahan performa yang diperoleh. Buat Honda agak lebih spesifik dimana menuruut HRC, ECU MM BAZ yang baru lebih memiliki sistem pengamanan terhadap permasalahan temperatur saja. Sementara Aprilia mengalami dua kali mogok saat RSGP menggunakan ECU baru BAZ ini di test Sepang yang lalu.Β  . . Karena ketidak siapan promotor ini, belakangan Ducati memberikan Permintaan kepada MSMA untu dapat menggunakan ECU AGO sepanjang 2023 ini untuk tim factory Based mereka sementara Untuk ECU BAZ Ducati mempersilakan bahwan Gresini dan VR46 untuk mencobanya terlebih dahulu.

26 COMMENTS

  1. Kata ducati mah,Daripda gambling dg mainan baru,yg terbukti berpotensi bermasalah.dg contoh yg dialami aprilia.cara aman yaa pake versi lawas,dan biarkan tim satelit mnjdi kelinci percobaan dlu.s

  2. peserta cuma segelintir aja kok ya susah nyediain unitnya,kayak pembuat ECU kemarin sore aja

    Minta NATO buat kawal kapal pemasok chipnya dr Taiwan biar gak dijailin koh jinping 😁

  3. Kata insinyur jepang..sambil melamun berkata “kapan darno nih balikin ecu inhouse masing2πŸ˜….. hrc dan yfr udah gregets biar gk banyak aero2 lenong

  4. makanya pentingnya jangan monopoli sesuatu, kalau ada kompetitor malah lebih bagus tuh, bukan hanya dari satu pabrik aja

  5. Nyimak aja , dah makin banyak ‘keanehan’ dari Motojipi nih.
    Kali2 aja versi updatenya namanya jadi BGO

  6. Hal konyol yang sebenarnya tidak akan terjadi jika pake inhouse.
    Masing-masing akan bebas menentukan sendiri, apakah perlu upgrade atau tetap stay.
    Sekali lagi menunjukkan ketidakprofesionalan penyelenggara, meskipun yang tidak siap suppliernya.

  7. semua pabrikan mampu buat engine yg ganas seganas2 nya, tp tidak swmua pabrikan becus buat ECU yg mampu buat kontrol engine yg ganas…judulnya bkn prototype, mgkn dikasih semi ++..

  8. Gua kate juga apa, software MM itu ketinggalan zaman algoritmanya 🀣🀣🀣

    Misal inhouse udah 6.1, ini software MM masih di 3.5 🀣

  9. Motor prototype dalam artian sebenernya

    pas ganti ban, ban prototype, banyak eror bugnya.
    sekarang ecu jeleknya gamau kalah, harus ada bug dan erornya juga dong.

    Namanya aja prototype

  10. Lama2 motogp jadi gak laku karena kebanyakan politik n drama.. Udah balikin ja ke regulasi lama sebelum adanya single ECU.. Pake ECU inhouse..

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here