TMCBLOG.com – Seperti kita ketahui Magneti Marelli semenjak test pra-musim MotoGP 2023 telah memperkenalkan ECU terbaru (ECU BAZ-340) sebagai salah satu unified hardware MotoGP. ECU ini memiliki beberapa perbaikan dibandingkan unit ECU yang lama, namun kehadirannya sempat bikin heboh karena tingkat ketersediaannya masih kurang sehingga bisa dibilang sementara jelang Portimao test hanya team pabrikan & factory supported yang memperoleh jatah menggunakan ECU baru ini. Agar semua orang tahu faktanya, berikut terjemahan siaran pers yang dikeluarkan Magneti Marelli kemarin terkait ECU MotoGP 2023.

Dorna dan Marelli mempresentasikan unit kontrol elektronik baru untuk MotoGP

Dengan sejarah panjang dalam menyediakan teknologi dan solusi mutakhir untuk MotoGP, berkontribusi pada kesuksesan kejuaraan dalam hal efisiensi, keamanan, dan kesenangan, Marelli Motorsport dengan bangga mempersembahkan unit kontrol elektronik ECU BAZ-340 yang baru.

Unit ini adalah hasil perombakan total untuk menghindari keusangan alami elektronik pendahulunya dan untuk memungkinkan evolusi karakteristik utamanya.

Perangkat ini menetapkan standar baru di antara ECU berperforma tinggi, meningkatkan daya komputasi hingga empat kali (4x) dan penanganan data hingga sepuluh kali (10x) dibandingkan ECU standar sebelumnya, menjadikannya solusi sempurna untuk mendukung penuh pengenalan bahan bakar berkelanjutan di jalur menuju netralitas karbon yang ditetapkan oleh MotoGP.

Marelli, bekerja sama dengan Dorna dan semua pemangku kepentingan, berkomitmen untuk berkontribusi dalam menciptakan olahraga yang lebih berkelanjutan dan mengurangi jejak karbon di setiap acara.

ECU BAZ-340 telah dirancang untuk memungkinkan tingkat kontrol balapan yang sangat tinggi oleh manajemen balapan MotoGP, berkat kemampuan pengumpulan, perhitungan, analisis, dan transmisi data real-time.

Menampilkan data logger bawaan yang kuat dan berbagai jalur input/output dan protokol, ini membuka jalan untuk hasil yang tak tertandingi dalam akuisisi dan analisis data, efisiensi dan keamanan.

Contoh nyata dari peningkatan ini adalah pengenalan lampu peringatan bahaya: ketika seorang pengendara jatuh, sinyal “jatuh” segera dikirim ke Race Direction, yang dapat bereaksi dan mengambil tindakan lain untuk memastikan keamanan. .

Mengenai efisiensi, ECU baru menawarkan catu daya ganda yang dapat disesuaikan, 12 dan 24 V, memberikan daya yang tepat untuk setiap perangkat. Ini berarti berkurangnya disipasi daya dan peningkatan efisiensi sistem secara keseluruhan jauh melampaui ECU itu sendiri.

ECU Magneti Marelli

Soal update terakhir, bagaimana?

Motor motor baru (spesifikasi 2023) di grid MotoGP 2023 akan menggunakan ECU baru, dan pabrikan telah meminta agar ECU lama tetap digunakan oleh model motor motor tahun sebelumnya. Ini untuk mengendalikan biaya, untuk pabrikan dan untuk tim independen yang menggunakannya akan diminta untuk membayar tagihan sebagai bagian dari perjanjian sewa mereka. Hal ini telah disepakati karena olahraga terus mendorong efisiensi dan keberlanjutan maksimum – dan, seperti biasa, bekerja untuk memastikan tim Independen dapat terus berkembang di grid.

Selain daya komputasi dan penanganan data yang meningkat serta crash detector, secara umum menurut Dorna dan Magneti Marelli tidak akan ada keunggulan teknis dan kinerja pada ECU baru pada tahun 2023. Ada sejumlah pembaruan yang siap untuk dimulainya era baru bahan bakar berkelanjutan, serta peningkatan langkah-langkah keamanan yang diujicobakan, tetapi tidak ada peningkatan kinerja langsung selama tahun 2023. Dengan data yang dikumpulkan pada tahun pertama dari team pabrikan yang menjalankan ECU baru, pekerjaan dasar akan diletakkan dan unit diharapkan untuk memberikan kinerja yang lebih baik musim depan – ketika semua orang akan memilikinya sebagai era baru bahan bakar berkelanjutan masuk.

Taufik of BuitenZorg | @tmcblog

45 COMMENTS

  1. sy sebagai rang awam kok merasa aneh ya…last minute begini ada update..apa ngga perlu adaptasi dulu atau factory reset ya?

    • meningkatkan daya komputasi hingga empat kali (4x) dan penanganan data hingga sepuluh kali (10x)

      Hmmmm…. Mayan eh buat yg dapet duluan✌✌✌

    • Asimo dan motobot senyum2 lurr
      Dengan program huruf kanji yg bikin njengat2 wkwk
      Kata kasino : ini yang gw demen ndro

  2. Lah… ECU inhouse Jepang kayanya lebih canggih deh… ECU Vixion 2007 sudah bisa mendeteksi motor jatuh. kalo pernah jatoh, pas service bengkelnya tau kalo itu motor pernah jatuh… hehe… piiss…

  3. “meningkatkan daya komputasi hingga empat kali (4x) dan penanganan data hingga sepuluh kali (10x)”

    tapi “tidak ada peningkatan kinerja langsung selama tahun 2023”

    terus kenapa dipaksa didistribusi walaupun belum cukup buat seluruh team?

    • Percuma boy hardware mentereng tapi kalau software seadanya. Coba bayangkan ryzen treadreaper + ram ddr5 tapi OS windows 98. Atau chipset Qualcomm Snapdragon 8 gen 2 tapi OS android ver 1 atau Symbian atau blackberry 10 .

  4. Lah masih harus bayar toh,kirain dgn supplier tunggal pengadaan unitnya udah gak dipungut biaya,udah beli gak bisa milih pula itu namanya pemalakan

  5. Sekelas mareli kok bikin ecu nya nggak mencukupi semua peserta, kan jumlah pesertanya malah berkurang 2 dibanding taon lalu. Hadehh…..

  6. Ashimo ama Motobot
    Cuma senyam senyum sambil manggut manggut kapan nih bisa Magneti marelli di adu ama kite..hiahiahia

  7. Ecu tunggal?
    Tapi versi terbaru belum cukup jumlahnya tetap dipaksakan untuk dibagi.
    Apa lagi kalo nanti motor tahun lalu tetap pakai versi lama.
    Udah ngga ecu tunggal lagi dong.

  8. “meningkatkan daya komputasi hingga empat kali (4x) dan penanganan data hingga sepuluh kali (10x)”

    sebetulnya (sepertinya) jadi bisa lebih bikin algoritma dari berbagai skenario.

    Jadi kepikiran, sejauh apa pabrikan bisa utak atik softwarenya? atau isinya. ya apalah itunya itu lah.

  9. Mbok ya skali kali ecu nya bikinan jepun…
    Teknisi yurop mngernyitkan dahi liat nih huruf kanji smua…shit

  10. Sebenarnya ECU MM dahulu lebih ketutup sama Softwareny pabrikan jepang 😎

    Inhouse software + ban jembatan 🤣🤣🤣

  11. Masih keatwa aja sama istilah ECU Pirelli…ini kalo ngga salah sekitar tahun 2010 ya.. ada yg typo ..terus rame deh..

  12. ECU ducati pirelli cm nguntungin pabrikan italy…suzuki dh kabur..klo honda sm yamaha ngampas…motogp bkln dtinggal jepun..ngapain sih dorna tunduk sm ducati..skrg kn dh jurdun..coba pk inhouse lg..masih bergigi ga si gigi igna

  13. Akhirnya naek kelas pake Spreadtrum Unisoc Tiger ehehehe..

    Jangan pada ngarepin Snapdragon gen 2 apalagi Apple bionic ya

  14. Jd terbayang :
    1. Wajib sewa modem ONT
    2. Modem tdk boleh diganti firmware
    3. Firmware bawaan fiturnya tdk seluas seperti dd-wrt, tomato, dll…

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here