TMCBLOG.com – Sejak digelar pertama kali tahun 2015, kelas AP250 ARRC masih menggunakan ban jenis Dunlop Sportmax Alpha dengan patern jenis semi-slick dan AP250 menjadi satu-satuya kelas yang belum menggunakan ban slick sampai dengan musim 2022. Namun di musim 2023 ini berbeda, karena Dunlop selaku supplier ban tunggal kelas Kejuaraan Balap Asia yang cukup bergensi ini mulai menghadirkan ban slick untuk dipakai di race kering untuk kelas seperempat liter ini.

Yes, namanya adalah Dunlop Sportmax Slick. Dan dengan ini tercatat semua kelas ARRC baik dari ASB1000, SS600, AP250 dan UB150 sudah menggunakan ban slick semua. FYI, kelas SS600 sudah menggunakannya sejak tahun 2016, diikuti dengan UB150 di tahun 2017.

Pasca test pra-musim terakhir di Buriram beberapa pembalap AP250 memberikan testimoninya untuk ban slick ini. Pembalap Indonesia -Rheza Danica Ahrens- misalnya mengatakan; “Tentunya memberikan tambahan grip, dapat lebih cepat ditikungan, lebih baik dan mungkin laptime akan semakin membaik,” . Sementara itu pembalap Manual Tech dari Jepang -Aiki Iyoshi- mengatakan “Hari pertama test ban slick belum terasa baik, namun di FP4 sudah mudah dan semakin mudah dengan ban slick,” .

Pembalap YRI -Faerozi- juga mengatakan : “Dengan ban slick, ini adalah pertama buat saya di kelas 250cc. Saya merasakan dengan ban slick grip-nya semakin baik. Untuk handling juga baik buat saya. Tentu membuat makin percaya diri sehingga catatan waktunya membaik untuk semua pembalap,”.

Taufik of BuitenZorg | @tmcblog

3 COMMENTS

  1. Menurut gw khususon UB150 harusnya Dunlop bikin ban slick khusus UB, bukan ngasih ban moto3 secara mentah2, yg dikasih kompon medium pula. Itu ban selaen kegedean jg masih terlalu awet buat ukuran UB150, buat level nasional jg ga kepake krn selaen mehong jg ukurannya kegedean buat sirkuit kecil. Bakal perfect kalo Dunlop bikin ban khusus underbone, dari ukuran yg lets say belakang cukup 100 ato 110 aje, depan udh pas. Tapi komponnya lebih lembut biar time UB lebih tajem lg. Jumlah lap UB150 dikit, tenagapun cuma separo moto3, ukuran ama keawetannya trlalu overkill buat UB150. Kalo Dunlop mau riset ban khusus UB150 bakal lebih maksimal lg, jg di masing2 negara ASEAN jg Dunlop udh punya pabrik lokalnya, kalo pake trik Pirelli yg bikin di pabrik lokal (bukan dari pabrik Jepang kaya selama ini) maka Dunlop slick khusus UB ini jg bakal kepake di masing2 kejurnas, di lokal Indonesia persaingan cuma ngerucut ke IRC ama Pirelli.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here