TMCBLOG.com – Marc Marquez sendiri bahkan terkejut sendiri ketika dia mengamankan pole yang memecahkan rekor dan mengubahnya menjadi podium yang membuat sejarah di MotoGP Sprint Race pertama. Sabtu, 25 Maret 2023 kemarin, sejarah tercipta saat Kejuaraan Dunia MotoGP memperebutkan balapan Sprint pertamanya.

Sabtu Pagi sendiri dimulai dengan kegembiraan untuk Tim Repsol Honda saat Marc Marquez Lolos dari Q1 hanya dengan satu putaran di awal yang angka Laptimenya memperbaiki rekor lap yang dibuat oleh Jack Miller pada hari sebelumnya.

15 menit kemudian atmosfer ini diubah Marc menjadi performa yang benar-benar spektakuler di Q2 saat ia kembali mengoyak ngoyak rekor lap sekaligus merebut Pol Position yang sensasional dan bikin banyak orang melongo seakan tak percaya dengan apa yang barusan terjadi. Sementara, Rekan setim Repsol Honda Joan Mir hanya bisa mengamankan posisi ke-14 di grid untuk debut MotoGP di Honda RC213V.

Ketegangan memenuhi udara saat kelas MotoGP berbaris di Grid untuk balapan Sprint, kontes balapan 12 putaran yang luar biasa menunggu mereka. Dari posisi terdepan, Marquez memulai dengan eksplosif saat dia dan Tim Repsol Honda RC213V-nya meroket untuk memimpin lap pertama. Bertahan dengan baik untuk lap pembuka, Terlihat Ke-inferioran Honda RC213V dibandingkan Desmosedici GP23, RC16 dan RS-GP di Trek lurus dan spot akselerasi keluar tikungan.

Yang dilakukan Marc Hanya berusaha  mempertahankan posisinya tidak terlepas di grup terdepan dan menunggu kesalahan saat para pembalap di depan bertarung. Di saat-saat terakhir balapan, Oliveira dan Miller yang sedang fight dekat membuka celah dan Juara Dunia delapan kali itu mampu menyerang, sekali sabet dua pembalap Dilewati  dan ia naik ke urutan ketiga.

Marc Marquez “Yah, hari ini benar-benar hari yang mengejutkan tetapi juga ini adalah hari yang luar biasa. Ini membantu memulihkan kepercayaan diri saya dan tim. Dimulai dengan Pole (Position), sejujurnya, saya tidak tahu bagaimana saya bisa menemukan laptime ini – jauh lebih cepat daripada sebelumnya.

Merupakan keuntungan yang bagus untuk memulai dari posisi terdepan dan kami dapat bertarung di Sprint race. Ketika saya melihat Oliveira dan Miller melebar, saya tahu ini adalah kesempatan saya dan saya menyerang. Ini awalnya bukan tujuan saja karena Target dari Tim bahwa [finish] Top-5 saja sudah amazing. Jadi ketika saya melihat kesempatan ini saya berujar bahwa ‘ ini adalah waktu buat saya ‘. Kemudian di dua lap terakhir saya berusaha mempertahankannya dengan baik ”

“Format baru sangat menuntut, tapi menurut saya balapan singkat ini adalah pertunjukan yang bagus untuk para penggemar. Besok adalah yang benar-benar penting dan menurut saya akan menunjukkan di mana sebenarnya Posisi kami  “

Dengan pole position ke-64-nya di kelas premier, Marquez membukukan waktu 1 menit 37,226 detik untuk mencatatkan rekor lap baru di sirkuit Portugal itu. Ini adalah pole position pertama Marc Marquez sejak Grand Prix Jepang 2022 dan pole position pertamanya dalam kondisi kering sejak Grand Prix Jepang 2019 – sekitar 1.253 hari lalu. Marc Marquez menuju hari Ahad berbekal tujuh poin Kejuaraan Dunia dan berada di posisi ketiga di klasemen Kejuaraan Dunia. Ini akan menjadi balapan jarak penuh, 25 lap di mana Marc Marquez akan kembali start di posisi terdepan.

26 COMMENTS

  1. Gak kebayang dulu Marquez yang sangat superior kini udah cukup jika P5 ckckc..

    Pabrikan Eropa terlalu kuat dan entah sampai kapan masanya, jika tidak dihentikan regulasi

  2. Jika kondisi fisik sudah kembali fit 100%, MM93 bisa melakukan apapun meski motor kurang mendukung.
    Setidaknya bisa bantu FQ20 menahan gempuran pasukan merah…

    • Dari dlu fat fit fat fit mulu,dipikirnya pembalap kalo udh cidera gk fit lg gitu?semua pembalap juga pernah cidera parah bos,gk usah jumawa makanya semua ada masa nya wkwkwk

      • @Ryn : Konteks tulisan saya diatas agar balapan tidak dikuasai pasukan merah/eropa saja boss..
        Setidaknya pabrikan jepun bisa memberikan perlawanan bersama Taro.
        Sekedar Flashback tahun 2016 lalu, dengan motor yang bermasalah tapi kondisi MM sangat fit, bisa memberikan perlawanan..
        Itu yang saya harapkan biar balapan lebih seru pastinya…

  3. Dikacangin di straight itu rasanya nylekit sih,karena pembalap ya cuma bisa pasrah karena gak bisa manuver ini itu untuk merubah keadaan

  4. Emangnya mudah dapat P3 mas bro, musuhnya bukan kaleng2 lho, Ducati saat ini motor paling sempurna di grid Motogp

  5. Dijelasin donk !!
    Nyabet pole gegara nyari referensi atau bahasa kasarnya nguntit
    Ya memang dia masih alien, dengan segala masalah rcv dia masih cari celah dan berbuah pole dan podium 3 di sprint race

  6. Mesin desmodromic vs pneumatic emg bukan main d lurus macam roket mesin ducati..semua bisa seimbang andai inhouse jepang dikembalikan..sekarang nikung2 dah terbantu aero,yamaha hilang keunggulan tikungan,honda jg kalah lurusan..alamat desmo jurdun back to back

  7. sejak ngeliat dominasi ni orang di moto2, naik GP langsung saya jadiin “jagoan”. cuma orang “buta” aja yang nge hate kerja keras dan skill engkes

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here