TMCBLOG.com – Ke Depan, Benelli Bakal Punya Line Up Superbike Baru bermesin V4. Di Awal kedekatan QJ Motor dengan MV Agusta, tmcblog kira Perusahaan Cina yang merupakan Induk dari Brand Italia lainnya yakni Benelli ini akan mengunakan Basis Mesin 4 silinder segaris MV Agusta 1000 untuk di-adopsikan ke Superbike QJ Motor dan Benelli. Namun ternyata tidak, setelah diketahui bahwa Baru baru ini QJ Motor mendaftarkan Desain paten mesin empat silinder dengan Konfigurasi V atau Mesin V4.

Mesin tersebut telah muncul dalam beberapa aplikasi paten yang diterbitkan di China selama beberapa pekan terakhir. Platform mesinnya adalaah V-4 90 derajat di sekitar tanda 1 liter, dengan camshaft overhead ganda ( DOHC) yang digerakkan rantai dan empat katup per silinder.

Meskipun terlihat mirip dengan desain mesin dan motor VFR800 model akhir Honda, namun sepertinya Mesin ini Bukanlah mesin “kloning” dari Mesin hebat Honda tersebut. Beberapa Detail di Gambar cukup menunjukkan bahwa mesin tersebut mengadopsi ide yang belum pernah digunakan di masa lalu.

Beberapa gambar menyertakan logo QJMotor di ujung penutup kamera, yang menunjukkan bahwa itu akan muncul di setidaknya satu model dalam jajaran QJMotor Qianjiang. Jika Mesin ini sudah masuk dalam Tahap realisasi ini akan membuat Qianjiang menuju tujuan memiliki hampir semua jenis mesin pembakaran yang dapat dibayangkan dalam jajaran sepeda motornya.

Saat ini QJ sudah membuat single, parallel-twin, V-twin, inline-triple, dan inline-fours, mulai dari 50cc hingga 900cc. Dan Untuk V4 ini sepertinya QJ akan mengemas dalam Bentuk Superbike

Taufik of BuitenZorg | @tmcblog

18 COMMENTS

  1. Tahun kemaren Qianjiang ikut Moto3 bisa pake motor KTM Wak? Artinya mereka ada kerjasama juga? Apa sponsor doang?

      • CF Moto, Husqvarna, dan GasGas di Moto3 itu cuma Rebrand atau Rebadge atau apalah namanya dari KTM. Jadi baik CF Moto, Husqvarna, dan GasGas cuma numpang nama dan ndompleng di Tim yang sudah ada, makanya nama timnya masih ada, hehehe. Mungkin yang beneran ganti nama ya Husqvarna karena kayaknya udah bukan Max Racing team. Sedangkan GasGas ya tim Aspar, dan CF Moto itu dari tim Pruestel GP.

  2. Reverse Engineering bukan hal yang kêliru, malah dengan reverse engineering kita gak perlu pusing memikirkan masalah-masalah yang mungkin timbul, tinggal perbaiki/improve aja

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here