TMCBLOG.com – Salah satu update yang ditunggu dari #JerezTest adalah penampakan sasis baru Honda RC213V yang rumornya dipesan HRC ke perusahaan engineering asal Jerman – KALEX. Dan di test Jerez yang berlangsung hanya satu hari ini hadir dua motor ber-livery RWB yang dibesut oleh Stefan Bradl dengan dua sasis berbeda. Sasis pertama memiliki dimensi menyempit mendekati pivot swingarm dan sasis ini secara umum sama dengan yang selama 4 seri belakangan ini dicoba oleh pembalap Honda yang semuanya memiliki kotrak berbasis HRC.

Nah namun sasis kedua yang dipasang di RC213V kedua Bradl bisa dibilang sangat berbeda dengan sasis di motor pertama. Di mana bentangan beam dari main-frame lebih lebar dengan bahan tetap sama yakni alumunium seperti yang sobat bisa lihat di foto foto GPOne dan Speedweek ini.

Jika dilihat sekilas, bentuknya bisa dibilang memiliki platform yang mirip dengan sasis sasis tebal Honda sebelumnya. Namun jika teliti ada banyak perbedaan seperti lekukan lekukan di daerah pivot dan juga as/poros model pembautan poros pivot swingarmnya sendiri. Oh ya, dilihat dari 3 posisi baut dari engine mounting dapat dipastikan mesin masih di-mounting agak sedikit putar miring ke arah belakang dari motor.

Secara umum bukan hanya soal bentuk fisik, namun tentu juga material dimana Kalex memang sangat dikenal memiliki teknologi membuat sasis dengan karakter material alumunium yang bisa dibilang ‘original’ . .  Maksudnya? Kalex dikenal tidak menggunakan metoda bending dari logam yang memang biasanya akan mendeformasi dan merubah struktur serta karakter material yang dipakai untuk sasis ini.

Alih alih bending, Kalex biasannya menggunakan metoda forging dan juga cetak dari bahan aluminium ingot mentah dengan proses komputerisasi alias CNC dalam membentuk satu unit sasis buatannya. Kita akan lihat hasilnya nanti sob.

Taufik of BuitenZorg | @tmcblog

20 COMMENTS

  1. Ternyata memang benang merahnya. Dari yang prototipe sampai yang masal kelas teri tipikal sasisnya kurang luwes buat belok 😁

  2. Basis bahannya dari Billet Alumunium mungkin ya Wak. Semoga bisa jadi solusi HRC disrupsi barisan eropa yg makin mendominasi.

  3. Apakah hanya saya disini yang klik mepet kiri atau kanan, udah nggak loncat ke iklan Kaoskaki BuNelli ?

  4. Gw sebenernya ada info aga bombastis ttg sasis ini dan gw barusan cek di media bahasa inggris sekalipun belon terbit jadi bisa dibilang info yg ngeduluin media, krn gw sohiban ama salah 1 org sono. Tapi berhubung komen ringan gw tempo ari yg ngebanding2in kualitas host tv mari dibanding host tv Jerman yg mana cuma komen insight aje ga dilolosin (gw 100% paham alesannya sih) gw jadi males spill dimari wkwkwk

  5. Lebih cakep gitu ngeliat sasis Kalex finishing nya
    Ya HRC juga cakep tapi gk tau liat Kalex kayak niat aja hasilnya tapi gk tau disaat race berapa persen fungsi nua

    • Ducati pas awal-awal pake sasis aluminium sempet outsource dari Kalex, terus pindah ke Suter pas awal ditanganin Gigi dall’igna, entah sekarang masih outsource apa udah inhouse sasisnya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here