TMCBLOG.com – Pada pukul 11 ​​​​pagi waktu eropa kemarin tanggal 22 Mei 2023, Yamaha mengumumkan bahwa Toprak Razgatlioglu akan mengakhiri kontrak dengan Pabrikan Yamaha pada akhir musim 2023. Empat jam kemudian BMW mengumumkan penandatanganan juara dunia 2021. Tidak diungkapkan berapa lama Durasi kontraknya, tetapi rumor paddock berasumsi pada setidaknya dua tahun. Karena kontrak Yamaha-nya, Toprak Razgatlioglu tidak diizinkan mengomentari kesepakatan 2024nya dengan BMW, Namun ada beberapa info yang bisa di-spill

Namun jika kepo, beberapa detail bisa diperoleh dari manajernya, Kenan Sofuoglu, yang dipercaya menemani dan mungkin juga berjasa dalam upaya transfer sensasional yang rumornya bernilai 2,5 juta Euro pertahun tersebut.

Toprak Razgatlioglu sendiri mengalami pekan pekan yang sibuk sebelum menentukan masa depannya. Pada bulan April 2023 dia sempat menguji mesin MotoGP Yamaha M1 selama dua hari di Jerez dan menemukan bahwa sepeda motor seperti ini tidak memberinya kesenangan yang sama seperti saat naik superbike.

Pada awal Mei, Yamaha menawarinya kontrak yang, menurut rumor paddock bernilai 1,5 Juta euro dan merupakan kontrak tertinggi yang pernah dibuat oleh pabrikan Jepang tersebut untuk pembalap Kejuaraan Dunia Superbike. Tapi manajer Kenan Sofuoglu atas nama Toprak dikabarkan menolak sampai akhirnnya menerima BMW dengan mahar Lebih mahal 1 Juta euro dari yang awalnya disodorkan Yamaha.

“Toprak sedang mencari tantangan baru,” kata Sofuoglu kepada Speedweek . “Setelah tes MotoGP dan semua cerita di sekitarnya, Toprak menginginkan sesuatu yang menarik. BMW memberinya banyak alasan untuk ini. Kawasaki juga tertarik dengan Toprak. Tetapi ketika saya berbicara dengannya tentang hal itu, saya segera menyadari bahwa dia lebih suka menunjukkan potensinya di BMW.

” Saya tahu bahwa banyak orang memiliki pandangan yang berbeda tentang situasi ini daripada kami, tetapi kami siap untuk mengejutkan siapa pun. Kami percaya pada proyek ini dan saya sepenuhnya mendukung kepindahan Toprak ke BMW – kami akan menjadi juara dunia lagi.”

“Ketika kami pergi ke Yamaha pada tahun 2020, banyak orang menasihati saya untuk tidak melakukannya dan mengatakan itu akan menghancurkan karier Toprak. Toprak sangat memikirkan BMW.”

Awalnya banyak Yang berfikir hubungan dekat dan lama Toprak dengan Red Bull akan menjadi hambatan bagi kesepakatan BMW yang trlah menggandeng perusahaan Inggris ROKiT sebagai sponsor utamanya sejak tahun ini. Rokit merupakan Induk Brand dari  sembilan jenis minuman Mulai dari bir, minuman beralkohol, air mineral sampai minuman berenergi.

Itu pula sebabnya Michael van der Mark dan Scott Redding berhenti mempromosikan Monster Energy, Namun KenanYakin Bahwa Toprak akan tetap Bisa menajdi Atlet Red Bull  “Sponsor di motor itu ( Di BMW Motorrad)  bukan minuman berenergi,” terang pria 38 tahun itu. ” Banyak produk berbeda yang dikenal di bawah ROKiT, ROKiT adalah perusahaan induk. Kontrak dengan BMW tidak mengatakan apapun tentang minuman energi. Saya tahu Michael kehilangan kesepakatan sponsor, tapi saya tidak tahu alasan pastinya. Kami sedang bekerja untuk melanjutkan dengan Red Bull.”

22 COMMENTS

    • Sasis konsesi wsbk harus dibikin oleh pabrikan itu sendiri dan wajib bisa diakses tim privat aka harus dibikin sbg grade up parts resmi pabrikan. Kalo udh bikin di third party apalagi ampe cuma 2 org yg bisa make, itu udh masuk kategori sasis prototipe. Kalo order ke Kalex ya wajib diilangin logo ato ciri Kalex sebaliknya harus pasang embel2 BMW biar jadi vendor sekalian. Mirip lah ame Chemco yg bikinin rangka motor bebek jaman dulu tapi atributnya pabrikan masing2.

  1. Hasil buruk rupa Redding,dan VDM tidak menutup niat Toprak ke BMW, salut sih … walaupun pastinya fulus jadi nilai penentuan utamanya 😁hehehe

    Tapi BMW yang kita tahu,stuck di WSBK gak ada langkah strategis ke MotoGP, artinya Toprak udah gak minat blass ke MotoGP

    Mungkin gk yaa, ada omongan orang YFR yang bikin Toprak ke geprak hatinya saat Test M1 waktu itu

    Ya Dejavu saat Kawasaki ikut Suzuka8H Toprak gk di ajak main cuma hadir tok

    • Atau liat dari sudut pandang lain, bisa juga dari Toprak nya sendiri yang sadar diri dan ngerasa gak pede sama performanya ketika gabung di kelas prototipe (apapun manufakturnya).

      Kan di PR resmi Toprak sendiri yang bilang kalo dia; “meskipun ada kesempatan di MotoGP, saya tidak merasakan hubungan yang sama dengan motor MotoGP seperti yang saya rasakan dengan superbike.”

      Cover both side 👀

      • kalau lihat cara toprak bawa superbike kelihatan nya memang kurang cocok di motogp. Terlalu kasar, sementara kalo menurut cerita bautista cara bawa motogp harus rapi.
        Memang toprak bisa aja memang di motogp, tapi untuk konsisten menang sampai jurdun sepertinya perlu banyak waktu dan penyesuaian.

  2. Cuan gede njirr..gaji pembalap motobiji papan tgh kbawah aja kalah..yg pntg kata managernya cuan2 urusan menang belakangan,kalo kalah bisa kirim cv lagi ke pabrik sebelah hahaha

  3. walaupun samasama belom jadi juara able, mending pilih duit gede lah wkwkw

    belom lagi ngeliat yamaha yang.. gada semangat update r1 nya

  4. Selamat jadi pilotnya M1000R, semoga berprestasi lebih baik di sono😁
    Scout talent nya Yam Racing biar bekerja kalo gini…

  5. Pembalap utama yamaha untuk musim 2024 kira kira siapa ya, mengingat franco morbi kontrak udah selesai , tandem nya quartaro

  6. Semua pebalap jebolan WSBK gagal bersinar di MotoGP. Okelah bisa menang 3-4 balapan, tapi ya gitu aja. Semua mantan juara dunianya gagal total di MotoGP. Sofuoglu aja susah payah masuk top 5 di Moto2. Cuma almarhum Hayden doang yang sakti juara dunia walaupun dari background balapan motor masal.

    Tapi….kenapa lu ke BMW prak, masih mending mudik ke Kawasaki!!!!

    • emang kenapa kalo ke bmw ? saya sih liatnya bmw pabrikan ngeropah dan masih dapat jatah rpm tinggi. Kalau memang dia butuh performa, rpm lebih banyak ya lebih bisa diharapkan toh daripada kasus yg selama ini

    • Fulus lah..mungkin option ke -2, Beemer bisa memberikan yang lebih baik daripada yang diberikan oleh Kwak dan Jepangan Lainnya.

  7. kalau statusnya jurdun pindah brand itu gimana gitu rasanya, kaya gapunya brand image aja. bagusnya ya udah dari awal redbull. stay sampai akhir.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here