TMCBLOG.com – Berbagai Masukan atas dasar Safety akan kelas WSSP300 telah mengarahkan ke Kelas Pengganti baru Yakni Kelas Twin 600-700-an cc dimana saat ini banyak pabrikan Dunia bermain di kelas ini seperti hadirnya Yamaha R7, Aprilia RS 660, Suzuki SV650 , Kawasaki Ninja 650 dan CBR500R atau malah mungkin Potensi CBR berbasis Mesin Hornet.

Yes Kubikasi mereka memang berbeda beda, dan seperti Juga regulasi di WSSP300 dan WSS saat ini, aturan penghitungan Equalizer akan kembali dipakai di kelas baru ini sehingga kapasitas mesin yang berbeda bukanlah halangan untuk Kejuaraan Dunia Kembar di masa depan.

Awalnya Kelas pengganti WSSP300 ini sudah akan disiapkan Untuk meluncur di 2024, tetapi belum disetujui oleh Dorna, asosiasi sepeda motor dunia FIM dan aliansi pabrikan MSMA – sehingga disinyalir akan ditunda hingga paling dekat 2025.

mengenai Hal ini Direktur Eksekutif SBK Gregorio Lavilla mengatakan ” Saya cukup senang dengan Supersport, dengan Supersport 300 juga. Kita lihat saja bagaimana Piala Dunia wanita berlangsung. Pertama kita harus membuat struktur internal yang sesuai untuk ini, kita membutuhkan lebih banyak orang. Itu sebabnya saya tidak ingin membuat diri kami sendiri kesulitan mendapatkan kelas baru lagi saat ini.”

“Kami harus mengumumkan sedini mungkin tahun ini bahwa kelas baru [akan hadir di] 2025 yang akan datang, sehingga setiap orang memiliki cukup waktu untuk bersiap. [Hal] Itu tidak bisa diset dalam tiga bulan.” – @tmcblog

 

20 COMMENTS

  1. udah ada bayangan kedepannya bakal gimana, didominasi sama satu jenis motor habis itu dikebiri (di-limit rpm-nya)

  2. Jadi kaya wssp 600 (700 :p) sebenernya jikalau diadakan di era 2020an kalau dalam sejarah tidak ada mesinmesin 4 silinder

    La terus mau dinamain apa ? Wssp 700 ?

  3. masuk akal sih hornet 750 dibikin jd CBR750R sesuai dgn skrg yg jaman common part. atau bisa jd langsung hornetnya yg turun tinggal dikasih fairing kayak triumph ST765RS

    • Maaf pak tanpa mengurangi rasa hormat pembalap indo memang kurang kompeten di world championship, untuk level asia boleh lah ada nama andi gilang yg prestasinya lumayan bagus, tahun lalu juara supersport 600 asia, dan tahun ini masih rookie di superbike asia.

  4. CCnya harus jelas gak seperti wss300 atau yang SuperSport….. Namanya lomba ya yang adil Darmo, prinsip demokrasi itu berkeadilan.

    • Sebenarnya kalo di Eropa dan Irlandia Utara udah ada lebih dulu ketimbang di MotoAmerica, cuma namanya beda aja kalo di Irlandia Utara Supertwin, kalo di Eropa keknya World Twins Cup, kalo di MotoAmerica Twin Cup Series. Regulasinya sih setahuku sampe saat ini adalah di rentang 650-750 cc dengan 2 silinder. Tapi keknya yaang di Irlandia Utara pernah di Kolaborasikan dengan Motor 2 tak 250 cc 1 silinder, soalnya pernah ada yang pake TZ250, Meski kebanyakan yang di Irlandia Utara pake Kawasaki 650 yang dimodif Fairingnya (boleh di modif sebebas mungkin, kek di AP250). Kalo di MotoAmerica sudah kurleb hampir 2 tahun ini lah, dan cuma 2 pabrikan yaitu Aprilia n Yamaha tapi malah seru yang di MotoAmerica, sih.

    • Sejauh ini emang cuma Aprilia dengan spek mesin paling powerfull dibanding pabrikan lainnya, bahkan Aprilia kan pernah terang2an ngomong kalo RS660 itu kayak Mesin RSV4 1100 yang dibagi 2, jadinya kurleb dapet power sekitar 100 hp.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here