TMCBLOG.com – Kali pertama Pierer Mobility mencoba mengajukan proposal pembentukan team baru dengan mengisi slot yang ditinggalkan Suzuki untuk menempatkan Pedro Acosta bisa dikatakan gagal. Pierer dikatakan terus mencoba setelah itu untuk membujuk Dorna agar tim KTM Ajo bisa hadir walaupun hanya menggunakan 1 pembalap. Dorna secara tegas mengatakan, slot Suzuki hanya bisa digantikan oleh tim pabrikan. Karenanya otomatis KTM mental….!!!! Solusi mereka untuk musim 2024 adalah Pedro Acosta akan masuk menggantikan entah Pol Espargaro atau Augusto Fernandez yang nanti kemungkinan baru di GP kandang mereka yakni Spielberg baru akan mulai terang keputusan line-up musim 2024.

Mengenai mentalnya proposal-proposal yang KTM ajukan ini dikonfirmasi oleh Herve Poncharal yang merupakan principal team Tech3 Gas Gas yang bernaung di bawah panji Pierer Mobility dan juga memiliki jabatan publik sebagai Presiden IRTA (Asisosiasi Team dan Pembalap GP) kepada Motorsport-Total.com .

โ€œSkenario yang ideal adalah 24 motor. Enam tim pabrikan, masing-masing dengan tim satelit, pabrikan yang akan dipertimbangkan adalah BMW dan Kawasaki. Ini adalah satu-satunya pabrikan yang memiliki pengetahuan dan kekuatan untuk masuk ke MotoGP. Triumph mengatakan belum siap dan masih puas dengan Moto2. Mungkin Suzuki mau kembali juga, siapa yang tahu.”

“Dua tempat itu dicadangkan untuk salah satu dari itu. Jika kami memberikannya kepada tim satelit lain, itu berarti menutup kesempatan bagi pabrikan lain untuk ikut serta. Ketika anda mulai melanggar aturan, anda menciptakan banyak ketidakpastian.”

Apakah tetap nggak bisa walaupun kepentingan hadirnya tim Ajo KTM ini hanya sementara dan bukan merupakan sebuah rencana keikut-sertaan jangka panjang, yang selanjutnya tim ini bisa kembali ‘dihilangkan’ apabila tujuan KTM sudah tercapai?

โ€œAnda tidak bisa memberikan tempat selama setahun. Ini akan menimbulkan banyak masalah. Mari kita ambil Acosta dan KTM sebagai contoh. Ini akan memberikan nilai yang berbeda bagi pabrikan, juga mengurangi tim satelit lainnya. Membangun tim MotoGP tidak mudah. Mereka yang bersedia akan mengatakan bahwa mereka tidak akan melakukannya selama setahun. Investasinya akan terlalu besar. Setidaknya butuh lima tahun.” . . . Asli tegas benar nih Dorna soal slot yang ditinggalin Suzuki.

Taufik of BuitenZorg | @tmcblog

19 COMMENTS

  1. Duar suzuki beneran balik, rins yang diisukan ke yamaha ternyata ke suzuki bareng mir, acosta diajarin salto sama markes di atas rcv. Halu aja dulu wkkwkw

  2. Ya Dorna silahkan ngaca dulu aja deh,kalo ga ada pabrikan yg tertarik sama sekali buat gabung mungkin ada yg salah dgn regulasi/peraturan teknis buat pendatang baru dan jg mungkin riset berkesinambungan dgn produk yg mereka jual bebas banyak yg gak masuk (karena kebanyakan mekanis njelimet dan purba wkwkwk)

    • Tapi 5 pabrikan peserta ini termasuk kategori bagus, soalnya di masa lalu pernah cuma 3 pabrikan saja pesertanya

  3. 1. KTM harus woles, kemungkinan 2 pabrikan jav bakal hengkang. Pasti ada slot ๐Ÿ˜‚
    2. Kemungkinan akan beda keputusan jika yang mengajukan dukati, siapa tahu jadi 10 slot dalam 1 grid balapan ๐Ÿคฃ

  4. ๐™Ž๐™ ๐™š๐™ฃ๐™–๐™ง๐™ž๐™ค ๐™ฎ๐™–๐™ฃ๐™œ ๐™ž๐™™๐™š๐™–๐™ก ๐™–๐™™๐™–๐™ก๐™–๐™ 24 ๐™จ๐™š๐™ฅ๐™š๐™™๐™–. ๐™€๐™ฃ๐™–๐™ข ๐™ฅ๐™–๐™—๐™ง๐™ž๐™ ๐™–๐™ฃ, ๐™ข๐™–๐™จ๐™ž๐™ฃ๐™œ-๐™ข๐™–๐™จ๐™ž๐™ฃ๐™œ ๐™™๐™š๐™ฃ๐™œ๐™–๐™ฃ ๐™ฉ๐™ž๐™ข ๐™จ๐™–๐™ฉ๐™š๐™ก๐™ž๐™ฉ.

    Itu ada yg 3 im satelit berarti ga ideal donk?!

    • iya emang ga ideal, tapi kalo maksa tiap pabrikan cuma boleh ada 1 satelit nanti di grid jadi tinggal 18. kan ga ada yg mau pake yamaha

  5. KTM yang ajukan sih, ya mental, coba Padukati yang minta, bikin tim satelit 10 tim pun disetujui
    KTM adalah lawan nomor 1 saat ini buat Padukati

  6. Saya mencium standar janda, yang diterapkan atau tidak diterapkannya tergantung sikon. Kalau menguntungkan bisa lanjut, kalau merugikan y… jd bisa diliat kateem ini menguntungkan atau tidak bagi suatu kelompok #(subyektif sekali saya ya?)

  7. Dorna gak mau kecolongan juga kalo seperti moto3 yang ada manufaktur Husqvarna, GasGas, KTM, CFmoto, padahal yaaa Podo wae basic nya KTM RC250R

    Aselinya cuma ada Honda vs KTM yang berlomba

    KTM udah mulai cara alami yang sama dengan GASGAS Factory Tech3 (nama team tech3) tinggal manufaktur aja tuh delete KTM ketik ulang GasGas ๐Ÿ˜

    Next Projectnya HUSQVARNA AJO MotoGP ??… Heheh โœŒ๐Ÿป

    • Ya lucu aja sih kenapa harus ga boleh..toh Ducati jg ngisi sampe 8 slot…mau ngisi dua slot harus pabrikan,..lha emang pabrikan mana yg bakal berminat gantiin Suzuki?…Kawasaki?..BMW?..mvagusta?…

    • selain itu berat juga dorna kalo harus ngasih cost ke satelit wkwkwk
      tapi disatu sisi gua juga setuju, kalo yang harus gantiin Suzuki ya harus pabrikan

  8. Tim pabrikan baru toh mungkin baru bersedia bila ada budget cap atau ketentuan teknis mesin yg baru yg entah kapan tergantung Dorna sendiri..

    Kontras ya dng F1 dimana sampai ada Audi, Porche, Ford yg akan masuk, dan Honda yg justru betah, sementara di GP tdk ada peminat…

    • IMHO, F1 ini tim nya kaya2, jadi pabrikan bisa cuma suplay power unit, urusan lainnya kayak desain,sasis dll bisa diurus tim, sementara kalo motogp masih pake sistem paket motor, jadinya pabrikan harus riset sendiri keseluruhan, berat di pabrikannya

  9. Jiahahahahaha….semakin tidak jelas Darno ini.
    Mau nambah satelit tidak boleh dgn alasan slot nya buat pabrikan.
    Kalau mmg mau fair, untuk jatah calon pabrikan baru (kalau memang akan asa), seharusnya jatah satelit Ducita yg dikurangi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here